Mei 16, 2023

Biografi dan Kisah Motivasi Harris Kristanto Sang Pemilik Makanan Pedas Ternama di Indonesia


Oleh : Sarah Valiziane Hidayat (@AA40-Sarah)

 

Prinsip

Harris Kristanto adalah seorang pengusaha sukses di bidang kuliner Indonesia. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah. Harris pernah menempuh pendidikan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jurusan Ekonomi. Ia menjalani masa pendidikan di bangku kuliah sejak tahun 2007 hingga 2010. 

 

Harris Kristanto menjalankan bisnis Mi Gacoan dari nol. Ia berprinsip untuk menghadirkan makanan yang cocok bagi para pecinta pedas di kalangan masyarakat Indonesia dengan harga yang terjangkau. Baginya, cita rasa mi nomor satu, mi gacoan ini telah dimasak dengan campuran bumbu rahasia yang menjadikan rasanya semakin nikmat.

 

Tantangan

Ide usaha ini ia jalankan pertama kali di daerah Kota Malang, Jawa Timur pada tahun 2016. Setiap usaha kuliner dan usaha lain pasti memiliki tantangan tersendiri dalam menjalaninya. Tak terkecuali usaha kuliner Mi Gacoan milik Harris Kristanto. Usahanya bermula dari membuka satu toko kuliner. Selanjutnya, merambat dengan melakukan kerjasama atau marketplace dan jasa pesan antar makanan. Mi gacoan berkolaborasi dengan aplikasi online seperti Grab, Gojek, dan Shopeefood. Hampir setengah hasil penjualan mi gacoan berasal dari kerjasama dengan beberapa aplikasi tadi. 

 

Jatuh bangun

Meski Mi Gacoan memiliki kepopuleran yang sangat baik, nyatanya pada 2016 sampai 2021 kuliner yang satu ini belum memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Mi Gacoan dinilai memiliki nama yang tidak etis, sebab kata 'Gaco' yang berasal dari Bahasa Jawa memiliki arti jagoan/andalan. Namun, sebagian masyarakat menganggap Mi Gacoan memiliki arti Taruhan. Tidak hanya itu, nama-nama produk Mi Gacoan salah satunya adalah Mi Setan yang menawarkan cita rasa gurih-pedas. Sementara Mi Iblis lebih condong ke rasa manis-pedas, menjadi faktor utama dari tertundanya pemberian sertifikat halal tersebut.

 

Menu minuman pun memiliki unsur serupa, yakni Es Genderuwo (berisi buah, jelly, dan cincau), Es Pocong (es rasa tropical segar), Es Sundel Bolong (es susu mocca), dan Es Tuyul (es isi buah, jelly, dan cincau).

 

Sangat sulit bagi Mie Gacoan mendapatkan sertifikasi halal akibat nama-nama produknya. Aturan ini jelas tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI tentang Keputusan Penulisan Nama Produk dan Bentuk Produk. Dalam satu poin disebutkan: “Nama produk yang tidak dapat disertifikasi, di antaranya produk yang mengandung nama setan seperti rawon setan, es pocong, mi ayam kuntilanak.”

 

Titik kesuksesan

Hingga pada akhir tahun 2022, Mi Gacoan telah memiliki kurang lebih 3.000 karyawan yang tersebar di seluruh outlet Indonesia. Keuntungan mi gacoan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Pada 16 November 2022 akhir, Mi Gacoan mendapat sertifikat halal dan semakin menarik daya beli masyarakat.

 

DAFTAR PUSTAKA

Damayanti, A. (2023, February 3). Akhirnya Mie Gacoan Kantongi Sertifikat Halal. Detikfinance.

 

Apriliani, R. (1970, January 1). Profil Harris Kristanto, Bos Mie Gacoan Viral yang Seluruh Cabangnya Selalu Ramai Antrean! Life. 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar