Mei 23, 2023

Faktor Psikologis Keberhasilan Wirausahaan


 

(Oleh : Alliya Rahma Ayu Pramudya ) (@ab32-Alliya)

FAKTOR PSIKOLOGIS KEBERHASILAN Wirausahaan adalah orang yang memiliki jiwa, sikap, perilaku, dan kemampuan wirausaha dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya menemukan, menciptakan, dan menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi guna memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Orang yang berperilaku kreatif dan inovatif dalam menanggapi lingkungannya, atau kita dapat menyebutnya kewirausahaan adalah perilaku.


Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengukur, menjelaskan, dan terkadang mengubah perilaku manusia dan makhluk lain.  Para psikolog yang memfokuskan diri mempelajari dan memahami pemahaman perilaku individu.  Mereka yang telah memberikan kontribusi dan terus menambah pengetahuan perilaku organisasi adalah teoritikus pengetahuan teoritikus kepribadian, teoritikus konseling, dan yang terpenting teoritikus psikologi industri dan organisasi



Faktor psikologis pendukung keberhasilan


1.  keinginan mandiri 

Seorang wirausaha umumnya terbentuk karena keinginan mandirinya mendominasi sikap hidupnya dalam bekerja. Ia tidak ingin bergantung kepada orang lain (perintah dan pemikiran orang lain). 


2. Dorongan untuk berprestasi

Dorongan semacam ini digolongkan sebagai suatu prasyarat prasyarat yang penting. Wirausaha yang berhasil rata-rata memiliki dorongan berprestasi yang tinggi.


3. Dorongan untuk mempengaruhi kepada orang lain

Ketika seorang wirausaha mulai mencoba mewujudkan cita - citanya, maka ia tentu membutuhkan orang lain, Oleh karena itu, dorongan untuk mempengaruhi orang lain menjadi penting bagi keberhasilan


4. Menghargai kerja tangan

Dalam banyak penelitian tampak bahwa para wirausaha yang berhasil umumnya lebih menghargai kerja tangan secara langsung dibandingkan dengan mereka yang bukan wirausaha. 


5. Belajar dari pengalaman

Seorang wirausahawan memiliki kecenderungan untuk terbuka terhadap umpan balik yang diterimanya, Umpan balik selalu penting untuk pemulihan dan memperbaiki diri.


6. Menghargai hasil

Seorang wirausahawan menunjukkan kecenderungan mengutamakan hasil dan bukan cara.


7. Menabung untuk esok

Ada kecenderungan bahwa wirausahawan yang berhasil adalah mereka yang gemar menabung untuk hari-hari sebelumnya.


8. Berpandangan bahwa nasibnya lebih ditentukan oleh    dirinya sendiri

Dalam ilmu psikologi dikenal dua macam cara seseorang memandang akibat - akibat yang terjadi pada dirinya.


9. Sadar arti penting sebuah waktu

Orang yang selalu menyesali kegagalan dan mengenang keberhasilan masa lalu tidak dapat hidup realistis, Seorang wirausaha memiliki orientasi waktu yang seimbang.  masa depan dilihatnya sebagai ladang peluang-peluang.


10. Berhitung dalam mengambil resiko

Semua pengusaha yang memulai usahanya selalu menghadapi berbagai resiko.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar