Mei 29, 2023

KEWIRAUSAHAAN ERA DIGITAL - PUTRI

 Putri Haniffah

(2AB27-putri)

                                               KEWIRAUSAHAAN ERA DIGITAL



ERA DIGITAL 

Pemahaman umum tentang era digital merupakan prasyarat suatu masa atau kehidupan di mana segala aktivitas penunjang kehidupan dapat difasilitasi oleh teknologi canggih.

Selain itu, era digital juga akan menggantikan beberapa teknologi masa lalu menjadi lebih modern dan juga lebih praktis. Untuk bisa mahir, Anda perlu membuat business plan yang sangat matang. 


PERKEMBANGAN

Di era digital terjadi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Beberapa perkembangan di era digital adalah sebagai berikut:


bidang komunikasi

Dalam hal digitalisasi, komunikasi adalah bidang yang paling cepat berkembang. Dulu kami harus menggunakan ponsel untuk terhubung dengan orang lain di tempat yang berbeda dan juga mengandalkan komunikasi SIM ke SIM.

Perkembangan komunikasi di era digital semakin maju dengan hadirnya smartphone dengan berbagai fitur canggih.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone adalah kemampuan internetnya yang jauh lebih optimal dan dapat digunakan untuk berkomunikasi dan terhubung dengan banyak orang. Bahkan, dengan teknologi tersebut, Anda bahkan bisa berkomunikasi melalui panggilan video, yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan di era ponsel.


Aplikasi untuk perusahaan

Perkembangan lain yang dimulai dengan sangat cepat adalah penggunaan aplikasi perusahaan. Teknologi digital dapat membantu bisnis menjangkau pelanggan mereka dengan lebih mudah.

Kondisi ini tentu saja sangat berbeda dengan sebelumnya, ketika pedagang sangat sulit untuk mempresentasikan produknya kepada pelanggan.

Namun, bagi pemasar yang tidak siap menghadapi evolusi era digital, konsekuensinya adalah mereka menjadi usang dan kehilangan bisnisnya karena pesaing digitalnya. Pembiayaan Teknologi

Perkembangan sektor keuangan juga dapat diamati dalam beberapa tahun terakhir, karena penyedia dompet digital menjadi lebih umum. Perkembangan di bidang ini terus dikaitkan dengan dunia bisnis berbasis aplikasi.

Karena fintech (teknologi keuangan) juga sangat bergantung pada aplikasi untuk menawarkan layanan yang baik kepada penggunanya.

Tanpa keluar rumah, Anda dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone Anda.


Belanja daring

Kehadiran perdagangan elektronik di era digital dapat meningkatkan perekonomian suatu masyarakat. E-commerce sendiri merupakan penyedia layanan yang menawarkan produk dan barang secara online di sebuah website atau aplikasi.

Dengan belanja online, Anda tidak lagi harus keluar rumah untuk berbelanja karena Anda dapat menggunakan smartphone untuk membeli barang yang Anda butuhkan saja. Tentu saja, ini juga membantu penjual meningkatkan pembelian mereka. 


MANFAAT

Adapun manfaat di era bisnis secara digital ini antara lain :


1. Inovasi

Adanya berbagai model bisnis baru tidak terlepas dari inovasi orang-orang yang berkecimpung di dunia digital ini. Inovasi sekarang terjadi tidak hanya di ritel, tetapi juga menemukan jalan mereka ke bidang pelayanan publik, kesehatan, pendidikan dan hukum untuk UKM.

Misalnya aplikasi Tokopedia untuk belanja, Ruangguru untuk belajar untuk E-Samsat.


2. inklusivitas

Konkritnya adalah memposisikan diri dari sudut pandang orang/kelompok lain dan melihat dunia atau isu dan/atau masalah yang berbeda.

Komunikasikan sikap positif, empati, atau inklusif terhadap orang lain tanpa memandang latar belakang, jenis kelamin, dan perbedaan lainnya.

Dengan cara ini, produk/layanan yang berbeda dapat menjangkau banyak orang di banyak tempat (area) dengan cepat dan mudah di platform digital. Dan hasilnya adalah inklusi yang berdampak positif bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kota.


3. efisiensi

Dua hal di atas secara otomatis menciptakan efisiensi dari proses produksi hingga strategi pemasaran.

Namun, hal di atas juga membutuhkan kecerdasan dan pemikiran kritis dari para pengusaha agar bisnisnya dapat berfungsi lebih maksimal dengan menggunakan teknologi digital. 


KESIMPULAN

Di era digital saat ini, setiap bisnis membutuhkan panduan untuk tumbuh dan bertransformasi. Itulah mengapa penyedia teknologi yang andal dapat mendukung Anda menuju kesuksesan dan memastikan bahwa Anda dan konsumen Anda memiliki keuntungan yang baik di era digital saat ini.


Anda dapat memulai dengan software akuntansi dan bisnis Accurate Online. Dengan aplikasi ini Anda dapat secara otomatis, cepat dan akurat menemukan lebih dari 200 laporan keuangan yang berbeda. Sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, berbagai fitur dan modul Accurate Online memastikan bahwa perusahaan Anda berjalan lebih efisien dan efektif. 



DAFTAR PUSTAKA

Era Digital: Pengertian, Kelebihan dan Dampak dari Adanya Era Digital dari Accurate.id 

 ( https://accurate.id/teknologi/era-digital/ )

Era Digital, Pengertian, Dampak, dan 3 manfaatnya ( https://www.apridesain.id/blog/era-digital/ )

https://youtu.be/XGST94gmZso


Tidak ada komentar:

Posting Komentar