Mei 11, 2023

KEWIRAUSAHAAN ITU MENARIK


 Oleh : ASTIRAISA NABILA
 
VIDEO 1 → PENYEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BERWIRAUSAHA

Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengembangan dan pembinaan semangat kreativitas dan keberanian mengambil resiko untuk mewujudkan hasil karya. Tentu saja, yang menjadi prioritas di sini adalah bagaimana kualitas wirausaha yang dihasilkan, bukan kuantitas yang dikejar, tetapi bagaimana kualitas ini dapat bertahan dalam persaingan global dan lebih jauh lagi dapat mensejahterakan masyarakat.

Potensi untuk berwirausaha sangat tinggi. Ada banyak anggota komunitas dan individu di sini yang ingin mengembangkan keterampilan bisnis mereka, menghasilkan keuntungan, dan mengembangkan bisnis mereka. Faktor-faktor kewirausahaan termasuk lingkungan, di mana lingkungan sosial juga penting, dan sumber daya serta faktor-faktor lain harus dikelola untuk memaksimalkan motivasi kewirausahaan.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan, yaitu peluang, namun pertanyaannya adalah apakah peluang itu ada di depan mata Anda, terkadang tidak terlihat. Bagaimana dengan sisi permodalan, bagaimana dengan manajemen keuangan, dan lain-lain. Jelas bahwa sebuah organisasi harus memiliki semangat kewirausahaan yang terorganisir.

Pengusaha harus siap dengan kerugiannya dalam perkiraan yang sebenarnya. Hal ini karena di balik kerugian tersebut terdapat risiko keuntungan yang besar dan beban tanggung jawab yang luas. Jam kerja yang tidak teratur sudah jelas, begitu pula kemampuannya memimpin, bagaimana kemampuannya mengelola, dan seterusnya, karena kemampuannya sangat diandalkan.

VIDEO 2 → PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mengekspresikan ide dan gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi, perhatian, kemauan untuk bekerja keras dan ketekunan. Kreativitas dapat dikembangkan dengan meningkatkan jumlah dan jenis input ke otak, dan yang sangat baru adalah penggunaan memori imajinasi dan daya serap otak untuk mengembangkan berbagai ide dan kreativitas baru.
 
Yang penting dari slide ini adalah bahwa proses berpikir kreatif atau divergensi dan proses berpikir kritis atau konvergensi mengharuskan kita untuk berpikir kreatif dan kritis. Sehingga tidak mudah untuk menyerah dalam berpikir untuk menghasilkan ide dan kreasi baru. Tanpa inovasi, tidak akan ada perkembangan. Di sini, pengetahuan menciptakan produk-produk penting di sektor makanan, di sektor elektronik, di sektor gadget, dan nilai tambah baru jelas tercipta karena adanya penemuan-penemuan baru.
 
Inovasi dikaitkan dengan hal baru - tidak ada yang baru, ada sesuatu yang mutakhir dan lebih baik. Dalam industri gadget, misalnya, jika Anda melihat ponsel, semakin canggih ponsel tersebut, semakin meningkat pula elektroniknya: bagaimana ponsel tersebut sebulan yang lalu, bagaimana ponsel tersebut dua bulan yang lalu, bagaimana ponsel tersebut setahun yang lalu. Inovasi melibatkan penelitian dan pengembangan dalam arti pengembangan, dan setiap sektor memiliki keberhasilan dan kegagalan. Perubahan dalam struktur industri cenderung bersifat kompetitif di pasar.

VIDEO 3 → EKSPLOITASI IMAJINASI DAN INTUISI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Imajinasi didefinisikan sebagai gambaran atau objek khayalan yang dapat dibayangkan atau difantasikan. Intuisi adalah istilah yang mengacu pada kemampuan untuk memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional atau kecerdasan. Intuisi juga dapat berupa bentuk estimasi yang samar-samar dan sering kali bersifat setengah sadar yang tidak melibatkan proses berpikir yang cermat sebelumnya, tetapi kemudian mengarah pada suatu keyakinan, yang mungkin secara tiba-tiba dan pasti menghasilkan satu keyakinan yang benar.

Strategi mengejar imajinasi atau visi disebut strategi intent. Disusun dengan konsisten dan bertahap. Untuk mencapai imajinasi, diperlukan strategi arsitektur dengan menggabungkan pengetahuan masa depan, perilaku, nilai, struktur sosial, dan keuangan. Strategi untuk meningkatkan intuisi melalui aktivitas fisik, nutrisi, membaca, dan diskusi. Empati adalah memahami orang dan lingkungan. Itu empati dan getaran emosional - setiap orang memiliki keduanya. Perasaan batin juga bisa mempengaruhi pikiran. Gelombang otak emosi sama, membaca getaran emosi orang lain yang berasal dari perasaannya. Relevan ke depan. Contohnya, dalam kelompok pertemanan atau bisnis, orang sering mengikuti arus karena takut.

Mengembangkan daya imajinasi dan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen melalui barang atau jasa. Meningkatkan intuisi dan pikiran lateral untuk membuat keputusan secara terinformasi dan kreatif. Komunikasi, perilaku jujur, dan konsistensi membantu dalam karir. Penting untuk memiliki ambisi dan ketahanan terhadap tantangan. Pendidikan dapat diperoleh melalui berbagai cara. Pemimpin yang baik dapat membuat keputusan dengan lebih baik. Keyakinan diri diperlukan dalam berwirausaha. Penampilan yang baik dan kejujuran akan disukai orang. Berjejaring adalah kunci menuju kesuksesan bisnis.

Komitmen penting bagi pengusaha sukses; semua harus bertanggung jawab pada kehidupan dan masa depan. Belajar dari kegagalan penting. Pasang surut dan keberhasilan wajar. Teknologi informasi berkembang pesat di era digital. Hal ini mempengaruhi cara orang bekerja dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bisnis, teknologi informasi memungkinkan efisiensi yang lebih besar dalam operasi dan pengambilan keputusan yang lebih cepat. Namun, juga bisa menimbulkan masalah seperti keamanan informasi dan hilangnya pekerjaan karena otomatisasi.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar