Mei 09, 2023

MEREVIEW VIDEO "Kuliah Sambil Bisnis, Why Not?"

AB09-Azriel 


Video tersebut membahas tentang empat pengusaha muda yang memulai bisnis mereka di usia muda dan menerapkan tekad bisnis yang kuat dan sehingga bisnis tersebut sukses


Abdul & Anisa merupakan seorang pembisnis. Abdul yang berumur 19 tahun berbisnis sambil kuliah dan anisa berumur 22 tahun berbisnis sambil bekerja.

1. Di dalam vidio tersebut Abdul mempunyai Bisnis : 

CUEVA, yaitu jenis speaker tanpa listrik untuk hp iPhone. Abdullah Fikri Ismanto: pengusaha CUEVA/ Speaker kayu portable. Dengan Penanaman 1 buah pohon. Produk musik yang dapat menggantikan cara orang bergantung dengan musik, inovatif, ada teknologi nya, dan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Anisa mempunyai bisnis : 

Growbox, yaitu box yang terbuat dari kardus untuk membungkus tumbuhan jamur agar tidak terlihat kotor dan menjijikan. Untuk warna jamur yang diproduksi yaitu : Putih, kuning, merah muda dan biru.

Awal mula bisnis Growbox karna banyaknya bahan-bahan pangan di Indonesia sekarang yang import, dan banyak masyarakat yang tidak peduli datang makanan nya dari mana, lalu saat jalan-jalan ke Jogja melohat disitu ada resto, lalu menyajikan jamur dengan dekorasi yang lucu dan menarik, akhirnya terinspirasi. Tujuan ini untuk mengubah lifestyle masyarakat dengan mencintai bahan pangan Indonesia, memudahkan untuk berkebun bagi anak-anak hingga orang tua.

Patungan awal sekitar Rp.500.000 per orang

Jamur Kuning mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar gula. Jamur biru mempunyai manfaat untuk Glukosamin, yaitu yang sering nyeri sendi, antibodi imun, booster, antioksidan. Jamur putih untuk menghilangkan anemia.


3. Lia : Jurusan Dkv (Universitas Trisakti) memulai bisnis Gelang dan aksesoris sejenis pada semester 6, untuk meringankan beban ekonomi keluarga, karena ibunya yang sudah singel parent.

Bisnis sempat berantakan karna tawuran, pada tahun itu ada pensi, ada bazar yang diadakan setiap setahun 4 kali. 40 mobil hancur karna ada yang mau masuk dengan gratis, akhirnya pada lempar-leparan barang. Lalu bangkit kembali pada waktu festival Kemang, 2006-2009 fokus ke aksesoris, dan pada tahun 2009 mulai bergerak ke baju.

4. Dea : Sistem Informatika (universitas multimedia Nusantara) memulai bisnis semester 3, yaitu bisnis Batik lawasan, awal mula karena disuruh orang tua menjual kain batiknya, dan menjualnya melalui media sosial, lalu tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang batik, mulai dari jenis-jenis batik, dan menguasainya. Sehingga akhirnya tertarik untuk membuat kain batik sendiri dan mengolahnya menjadi baju batik, dll.

Kesimpulan: untuk memulai bisnis sejak usia dini. Kita harus mempunyai impian bisnis yang ingin kita bangun dan ada ide kreatif terkait tentang bisnis yang di impikan  dan harus dilaksanakan, membuat time line, dan di planning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar