Juni 02, 2023

Elemen-Elemen Bisnis Canvas

 Emiliya Indriani (AB25-Emiliya)



Business model canvas atau disebut juga bisnis model canvas adalah strategi manajemen dalam perusahaan untuk memetakan target konsumen, keuangan, dan infrastruktur secara sederhana dalam 1 dalam halaman saja. Hal ini merupakan suatu keunikan tersendiri dibanding bentuk rencana bisnis pada umumnya yang biasanya ditulis dalam berlembar-lembar dokumen. dan ada 9 elemen bisnis canvas  Seperti yang disinggung di atas, business model canvas adalah rancangan bisnis yang terdiri dari beberapa elemen. Nah, berikut ini penjabaran lebih lanjut mengenai hal tersebut.


Customer Segment

Customer segment business model canvas adalah salah satu elemen guna menentukan siapa pembeli, target pasar, segmen mana yang cocok dengan produk Anda. Nantinya, kolom ini akan diisi dengan kategorisasi calon pelanggan berdasarkan umur, profesi, jenis kelamin, minat, dan sebagainya.


Selain itu, hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam merancang customer segment business model canvas adalah sebagai berikut.


Customer gain, yakni apa manfaat yang ingin konsumen dapatkan dari produk Anda.

Customer pain, yakni resiko dan apa yang ditakutkan oleh konsumen ketika menggunakan layanan Anda.

Customer job, berupa hal-hal yang ingin dicapai konsumen, masalah dan kebutuhan mereka, serta bagaimana produk Anda dapat mengatasi hal itu.

Channels atau Saluran

Channels business model canvas adalah media atau saluran yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk sekaligus berkomunikasi dengan calon konsumen. Beberapa diantaranya adalah website, marketplace, media sosial, dan sebagainya.


Revenue Streams

Revenue streams business model canvas adalah program-program yang dapat menjadi sumber pendapatan bisnis Anda. Misalnya, selain dari penjualan produk, pemberian membership atau metode upgrade menjadi premium user merupakan beberapa cara untuk meningkatkan revenue.


Key Resource

Key resource business model canvas adalah aset dan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Elemen ini dibagi menjadi empat kategori sebagai berikut.


Kekayaan intelektual, meliputi paten, merek, hak cipta, dan rahasia dagang.

Fisik, misalnya komputer, mesin, kendaraan, dan gedung.

Keuangan, meliputi kas, saldo tunai, kredit, piutang, dan sebagainya.

SDM, yakni para pekerja.

Key Partnership

Key partners business model canvas adalah hubungan kerjasama dalam rangka memacu kelancaran arus bisnis maupun pengorganisasian layanan sesuai ekspektasi perusahaan. Biasanya, di bagian ini Anda harus menentukan mitra, pemasok, atau distributor dengan menjabarkan daftar kegiatannya.


Cost Structure

Cost structure business model canvas adalah pemetaan biaya sesuai perencanaan bisnis yang sudah dibuat. Tetapkan perkiraan mulai dari nominal terbesar hingga terkecil di tiap elemennya. Kemudian, berikan keterangan cara pengelolaan agar berjalan efektif. Jangan lupa, Anda juga perlu membuat pembukuan dan laporan keuangannya.


Key Activities

Key activities business model canvas adalah kegiatan-kegiatan yang akan bisnis Anda lakukan dalam mencapai target dan value perusahaan. Saran perancangannya, perhatikan juga beberapa hal berikut.


Cara pendistribusian produk.

Aktivitas apa saja yang dibutuhkan agar konsumen puas.

Seberapa banyak tenaga ahli dalam bisnis Anda.

Customer Relationship

Setelah mengetahui sasaran konsumen dan channel marketing yang akan digunakan, perhatikan pula bagaimana membangun interaksi antara bisnis Anda dengan pelanggan. Misalnya, dengan memberikan promo, cashback, atau membership. Cara ini cukup efektif untuk membuat konsumen tetap bertahan.


Selain itu, kunci sukses dari bisnis model canvas adalah pahami cara memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan. Terutama dalam hal menjawab pertanyaan, menerima kritik dan saran, serta menanggapi komplain.


Value Proposition

Value proposition business model canvas adalah nilai-nilai yang ingin ditawarkan suatu layanan kepada konsumen. Saat menyusun elemen ini, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.


Keunggulan yang diberikan produk atau layanan tersebut kepada pelanggan.

Alasan konsumen harus memilih produk Anda dibanding kompetitor.

Manfaat yang akan didapat konsumen ketika menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar