Juni 13, 2023

Jawaban Quiz Shafa Almaliya (T35)

 QUIZ 8

Shafa Almaliya (35)

Sangat menarik! Salah satu model bisnis yang paling membuat saya tertarik adalah bisnis model canva, yakni kerangka manajemen sebuah bisnis yang dibuat untuk merancang bagaimana strategi bisnis yang akan dijalankan serta untuk memvisualisasikan rencana bisnis dan dapat direalisasikan dengan cepat, mudah, dan terstruktur.

source: https://dailysocial.id/post/cara-membuat-business-plan-model-canvas

QUIZ 11

Video 1: Scale Up Bisnis

source: dokumen pribadi

1. Pahami Sistem Bisnis Saat Ini

Sistem bisnis membantu Anda mencapai tujuan dan target yang diinginkan. Dengannya, Anda bisa mengatur proses dan aktivitas bisnis secara lebih terkelola, misalnya untuk operasional, anggaran, pendapatan, dan marketing. Agar sistem bisnis Anda senantiasa berjalan mulus dan berkelanjutan, lakukan asesmen untuk segala aspeknya. Beberapa indikator yang bisa digunakan untuk menilai sistem bisnis meliputi:

  • Tingkat konversi dan penjualan
  • Margin keuntungan
  • Pengeluaran, misalnya untuk web hosting
  • Proses yang bisa diotomatiskan

Selain itu, sistem bisnis memerlukan perencanaan yang matang. Dengan memprediksi pertumbuhan bisnis, mulai dari angka penjualan dan pelanggan baru hingga pendapatan bulanan, Anda bisa menetapkan target yang lebih realistis. Anda juga harus menerapkan sistem bisnis yang efektif dan efisien, yang dalam hal ini mampu memenuhi ekspektasi dan mengatasi masalah pelanggan.

Scale Up: Pengertian dan Strategi Jitu Tingkatkan Bisnis Anda

Startup mulai bermunculan beberapa tahun belakangan. Namun, sekitar 74% bisnis ini gagal di tahun-tahun awalnya berdiri. Usut punya usut, ternyata scale up adalah salah satu penyebabnya karena dilakukan tanpa rencana bisnis yang matang. Proses scaling up yang terlalu dini memang bisa berakibat fatal pada bisnis. Oleh karena itu, ketika mulai memikirkan rencana untuk scale up, pastikan Anda sudah punya faktor pendukung yang kuat serta tujuan yang pasti.

Ciri-Ciri Bisnis yang Siap Scale Up

Cara Scale Up Bisnis dengan 7 Strategi Ampuh

  1. Pahami Sistem Bisnis Saat Ini
  2. Tetapkan Tujuan yang Jelas
  3. Kembangkan Tim Anda
  4. Selalu Prioritaskan Pelanggan
  5. Tingkatkan Operasional
  6. Perluas Relasi Partner
  7. Optimalkan Tingkat Konversi

Tujuan dilakukannya scale up yaitu untuk meningkatkan pendapatan dari berbagai segmen, baik dalam konteks jumlah pelanggan maupun produk atau jasa yang ditawarkan. Contohnya seperti bisnis rumahan yang awalnya hanya dikerjakan oleh satu orang lalu scale up menjadi UMKM yang mempekerjakan beberapa karyawan, atau toko offline yang terjun ke internet dengan cara membuat website toko online. Namun, seperti dalam proses bisnis pada umumnya, scale up tetap memiliki risiko yang bisa berakibat cukup serius pada jalannya perusahaan. Tidak semua bisnis bisa langsung ditingkatkan, misalnya hanya karena sudah berhasil balik modal.

Video 2: Pengembangan Produk
produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian dibeli dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen berdasarkan bentuknya produk dibedakan menjadi dua macam yaitu berupa barang dan berupa jasa nah tingkatanproduk adalah istilah untuk membagi atau mengklasifikasikan suatu produk berdasarkan manfaat atau kegunaannya Hal ini bertujuan untuk
memudahkan marketing dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat Hai tingkatan produk nantinya membuahkan
sebuah hirarki yang akan sangat menentukan positioning suatu produk.

Contoh dari tingkatan produk yang paling mudah adalah analogi dari pembelian suatu HP atau handphone ketika
kalian membeli suatu hp maka fitur utama yang akan kalian cari adalah cerminan dari tingkatan suatu produk ada orang yang mau membeli HP sederhana karena cuma butuh untuk telepon ataupun mengirim SMS tapi ada juga orang yang harus beli HP dengan spesifikasi tertentu karena dia merasa keren jika memiliki HP tersebut contoh ini adalah gambaran sederhana dari suatu tingkatan produk tingkatan produk sendiri dibagi menjadi lima tingkat yang pertama adalah cor produk yang kedua ada basi produk yang ketiga ada ekspektif produk 

Produk-produk adalah produk utama atau manfaat utama
maksudnya adalah manfaat yang paling dasar dari suatu produk-produk yang memposisikan tingkatan produknya dalam
corporate biasanya memiliki segmen harga yang kompetitif misal sebuah rumah maka ekor produknya hanya menawarkan wulian yang standar saja yang penting layak huni dengan cara positioning seperti ini biasanya rumah yang ditawarkan harganya lebih terjangkau nah kemudian yang kedua ada basic produk basic produk pada dasarnya adalah cor produk yang bisa dipilih jadi sama-sama memiliki manfaat.

Video 3: Pengembangan Produk
pengembangan produk atau product development pengembangan produk menurut tjiptono adalah strategi untuk produk baru yang meliputi produk orisinil produk yang disempurnakan produk yang dimodifikasi dan merek baru yang dikembangkan melalui usaha riset dan pengembangan atau dalam kata lain pengembangan produk atau product
development adalah sebuah upaya yangdilaksanakan oleh pihak perusahaan dalam rangka menambah manfaat ciri desain dan layanan pada barang dan jasa lalu Apa tujuan dari pengembangan produk ini
tujuan pengembangan produk menurut kotler dan kelor adalah yang pertamaHai untuk memenuhi kebutuhan baru dan memperkuat reputasi perusahaan yaitu dengan menawarkan produk yang lebih baru daripada produk sebelumnya Kemudian yang kedua untuk mempertahankan daya saing terhadap produk yang sudah ada yaitu dengan jalan menawarkan produk yang dapat memberikan jenis kepuasan yang baru bentuknya Bisa bertambah terhadap Lini produk yang sudah ada maupun revisi terhadap produk yang telah ada. Sedangkan menurut Alma, tujuan pengembangan produk yang pertama adalah untuk memenuhi keinginan konsumen yang kedua untuk menambah omset penjualan
jaga tiga mendayagunakan sumber-sumber produksi yang keempat Untuk memenangkan persaingan yang kelima untuk
meningkatkan keuntungan dengan pemakaian bahan yang sama yang keenam untuk mendayagunakan sisa-sisa bahan yang ketujuh untuk mencegah kebosanan konsumen dan yang terakhir untuk menyederhanakan produk pembungkus.

QUIZ 12

Shafa Almaliya (35)

Sangat inspiratif saran dan matterinya. Perdagangan internasional merupakan salah satu capaian dari adanya langkah strategi pengembanganan kewirausahaan. Adapun tiga langkah strategi pengembangan kewirausahaan yaitu: meningkatkan kemampuan kewirausahaan, membudidayakan kewirausahaan, memberdayakan sumber alam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar