Juni 13, 2023

Memahami model bisnis kanvas

 Rachma Nurfikha Dewi (@AB26-Rachma)


Model Bisnis Kanvas adalah manajemen strategis yang dirancang untuk menggambarkan ide dan konsep bisnis secara efektif. Model ini terdiri dari sembilan elemen yang saling terkait dan membantu untuk memahami bagaimana sebuah bisnis dapat mencapai keberhasilan. Dalam Model Bisnis Kanvas, segmen pelanggan adalah salah satu komponen kunci yang sangat penting. Secara umum, Model Bisnis Kanvas membantu perusahaan untuk mengembangkan rencana bisnis yang jelas dan terstruktur secara visual.

Komponen kunci Model Bisnis Kanvas terdiri dari sembilan elemen, termasuk pelanggan segmen, proposisi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, sumber pendapatan, sumber daya kunci, kunci aktivitas, mitra kunci, dan struktur biaya. Setiap elemen ini berperan penting dalam membentuk model bisnis yang efektif dan sukses. Segmen pelanggan adalah elemen pertama dan terpenting dalam Model Bisnis Kanvas. Segmen pelanggan membantu perusahaan untuk memahami dan mengidentifikasi siapa saja yang menjadi target pasar mereka.

Dalam Model Bisnis Kanvas, pelanggan segmen membantu perusahaan untuk memahami siapa saja yang menjadi target pasar mereka dan bagaimana mereka dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut. Dengan memahami pelanggan segmen dengan baik, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan yang lebih tepat sasaran dan efektif, serta meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, memahami pelanggan segmen dalam Model Bisnis Kanvas merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah bisnis yang sukses.

Business Model Canvas : Contoh, Pengertian, Elemen, Tips. (n.d.) Retrieved June 13, 2023, from www.gramedia.com/best-seller/business-model-canvas/

9 Komponen Terpenting dalam Business Model Canvas. (n.d.) Retrieved June 13, 2023, from www.dewaweb.com/blog/komponen-business-model-canvas/

Business Model Canvas (BMC): Pengertian, Fungsi, dan Contoh. (n.d.) Retrieved June 13, 2023, from www.luarsekolah.com

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar