Juni 17, 2023

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Untuk Kalangan Mahasiswa dan Kaum Muda

 Amelia Putri

 @AB22-Amelia


Cara Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Mahasiswa


Hubungan Kewirausahaan dengan Mahasiswa

Jiwa kewirausahaan seharusnya sudah dimiliki oleh semua orang terutama para mahasiswa yang sedang menempuh akhir dari pembelajaran mereka dan menuju ke tahap selanjutnya. Pada umumnya jiwa kewirausahaan sudah menjadi mata kuliah dan pembelajaran di kampus sehingga para mahasiswa tahu cara untuk menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang bisa berdampak baik dan menguntungkan. Namun, para mahasiswa masih banyak berpikir, setelah lulus kemudian mecari kerja dan kerja untuk seseorang sehingga harus menuruti apa yang diperintahkan dan bergantung pada atasan. Pikiran tersebut sudah umum bahkan kebanyakan memang berpikir itu demikian, tak ada dengan pikiran seperti itu, tapi akan jadi masalah jika semua masyarakat di indonesia khususnya anak muda, pelajar dan mahasiswa jika dijadikan tujuan utama setelah kelulusannya.

Mengapa kewirausahaan penting bagi mahasiswa?

Hal ini merupakan upaya untuk merubah pola pikir dan budaya mencari kerja untuk menciptakan kerja sehingga lambat laun kekuatan ekonomi tidak hanya bertumpu pada kuadran sebelah kiri tetapi di sebelah kanan. Untuk merubah pola pikir semacam itu tentu saja hanya bisa dilakukan dengan menanamkan sikap mental wirausaha

Cara Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Mahasiswa, antara lain:

1. Kuatkan tekad dan Niat

Dengan menuatkatkan tekad dan niat mahasiswa akan dapat siap menghadapi segala rintangan dan cobaan yang pasti akan didapatkan selama merintis usaha.

2. Buat Target dan Rencana Masa Depan

Hal ini akan membuat mahasiswa lebih siap membangun usaha. 

3. Pelajari Kisah Bisnis Orang lain

Membaca kisah sukses orang lain akan membantu untuk menghadapi fase-fase bisnis yang mungkin telah dialami orang lain. Mahasiswa juga dapat menemukan tips-tips sukses yang belum tentu didapatkan dari membaca buku biasa.

4. Mengikuti kelas Usaha

Dalam kelas kewirausahaan mahasiswa dapat bertanya langsung kepada para praktisi bisnis dan meminta tips-tips untuk mendirikan bisnis secara langsung pada ahlinya.

5. Tumbuhkan Keberanian

Jangan mudah terintimidasi dengan bisnis lain atau kompetitor yang lebih berhasill. jadikan hal tersebut tantangan.

6. Latih Kepekaan Terhadap Peluang Bisnis

Apabila ada seseorang yang mengkritik para mahasiswa jadikan kritik dan saran tersebut sebagai bahan pengembangan bisnis bukan hanya diterima mentah-mentah untuk menghentikan bisnis yang sedang berjalan dan mendirikan bisnis lainnya.

Kesimpulannya:

Bahwa sebagai mahasiswa tujuan kita bukan hanya pendidikan tetapi kita bisa menghasilkan sesuatu yang menguntungkan dengan memulai bisnis. Setiap mahasiswa dapat menumbukan jiwa kewirausahaan karena dengan berwirausaha kita banyak mendapatkan manfaat yaitu Meningkatkan Kreativitas, Mengembangkan inovasi, Menjadi lebih mandiri, Melatih Kedislipinan dan Tanggung Jawab. 


SUMBER:

https://youtu.be/_ZpFCgEPSNI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar