Juni 16, 2023

PENGUSAHA BISNIS SUKSES SCARLETT FELICYA ANGELISTA

Nama : Nurul Qolbi

Nim : 44222010074

Kode : @AA13-Nurul

Prodi : Public Relation

Mata kuliah : Kewirausahaan

PENGUSAHA BISNIS SUKSES

SCARLETT

FELICYA ANGELISTA

Abstrak

scarlett, success in the scarlett brand is not easily formed, there are many processes and quite a long journey to achieve the current success. Felicya Angelista started her career in the entertainment industry as an actress and presenter. In the midst of a tight schedule for acting on television, she had an idea to make beauty products.

Scarlett has also become a one stop solution for customers who are looking for comprehensive body care products. For facial care, Scarlett Whitening has face wash, moisturizer, serum, toner and mask products. As for body care, Scarlett offers products in the form of body lotion, shower scrub, and body scrub. Meanwhile, to care for hair health, Scarlett provides shampoo and conditioner products.

scarlett brand ambassadors namely, song joong ki, twice, and many others. Scarlett is very famous in various other countries.

PENDAHULUAN

Nama Scarlett Whitening sudah sangat dikenal masyarakat, terutama para beauty enthusiast. Di media sosial, kamu akan mudah sekali untuk menemukan iklan dari produk perawatan kulit ini. Sosok dibalik suksesnya Scarlett Whitening adalah seorang aktris papan atas Felicya Angelista. Tidak hanya berhasil menghadirkan berbagai produk perawatan kulit yang berkualitas, merek Scarlett juga memiliki sederet kisah menarik, lho. Kesuksesan Scarlett tersendiri tidak muncul begitu saja melainkan banyak proses dan perjalanan yang cukup panjang hingga mencapai titik saat ini.

Felicya Angelista mengawali kariernya di industri hiburan sebagai aktris sekaligus presenter. Di tengah padatnya jadwal untuk wara-wiri di layar kaca, ia memiliki ide untuk membuat produk kecantikan. Banyak orang yang bertanya apa rahasia dari kecantikan dan kesehatan kulit felicya, Feli pun berpikir untuk menghadirkan produk perawatan kulit atas namanya sendiri. Sebelum meluncurkan nama merek Scarlett, istri dari aktor Immanuel Caesar Hito tersebut merilis produk berupa masker wajah bernama Feli Skin.

PEMBAHASAN

Produk perawatan kulit dari Feli Skin dikemas dalam bentuk paket selama periode waktu tertentu dengan harga terjangkau. produk Feli Skin yang dipasarkan disambut baik oleh banyak orang. Kesuksesan Feli Skin pun dimanfaatkan perempuan kelahiran tahun 1994 tersebut untuk memulai karier sebagai pebisnis. Untuk menjawab rasa penasaran banyak orang akan rahasia kulit indahnya, Feli kemudian meluncurkan berbagai produk skincare bernama Scarlett Whitening di tahun 2017.

Dengan menghadirkan sederet perawatan kulit untuk wajah (skincare), tubuh (body care), hingga rambut (hair care). Tentu saja, setiap produk yang dipasarkan telah melalui proses sertifikasi dan lulus uji BPOM. Komposisi produk perawatan milik Feli juga aman digunakan berbagai kalangan, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Bahkan pada tahun 2021 lalu yang dikutip dari Kumparan, total hasil penjualan Scarlett Whitening pada bulan Mei berhasil mencapai 36 ribu nilai transaksi atau setara dengan nominal Rp. 2,6 miliar.

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Scarlett ialah bekerja sama dengan influencer di media sosial. Scarlett mengerahkan promosi online secara kuat di media sosial melalui bantuan para influencer. Tak hanya satu, tetapi juga bekerja sama dengan influencer jenis nano, mikro, makro, hingga mega yang memiliki berbagai jumlah followers. Pemasaran dengan influencer yang dilakukan secara masif ini pun berhasil membuat Scarlett dikenal oleh berbagai kalangan.

Kerja sama yang dilakukan dengan influencer media sosial biasanya disebut sebagai endorsement. Jadi, mereka akan mempromosikan produk-produk Scarlett dengan foto atau video kreatif. Ketika produk Scarlett berhasil menjangkau target pasar secara luas, peluang penjualannya pun semakin tinggi sehingga pendapatan bisnisnya meningkat


Selain menggaet influencer dan artis Tanah Air, Felicya Angelista juga bekerja sama dengan idol luar negeri. Misalnya dengan menunjuk beberapa artis Korea Selatan menjadi brand ambassador. Sebut saja aktor kenamaan negei gingseng bernama Song Joong Ki hingga girl group di bawah naungan JYP Entertainment, TWICE. Cerita dibalik penentuan sosok brand ambassador Scarlett ini pun unik dan sangat menarik perhatian masyarakat.


Upaya suaminya berbuah manis, Feli berhasil melakukan video call dengan aktor pemain drama Vincenzo tersebut. Percakapan dalam panggilan video pun menjadi awal mula Scarlett menunjuk Song Joong Ki sebagai BA. Tak hanya sekali, Scarlett juga melakukan kerja sama dengan idol K-Pop lainnya, yakni girl group TWICE yang beranggotakan sembilan orang.

Proses kerja sama dengan para artis Korea Selatan ini pun dimanfaatkan Scarlett Whitening untuk memasarkan produk bundling sehingga penjualannya meningkat. Adapun paket bundle yang ditawarkan kepada pelanggan saat Song Joong Ki menjadi BA, yakni berupa serangkaian body care dengan tambahan hadiah berupa photocard dan sticker ekslusif.

Sementara itu, Scarlett menghadirkan produk skincare bundle edisi TWICE yang dilengkapi dengan photocard dan kemasan limited edition. Strategi bisnis yang dilakukan Scarlett tersebut berhasil mendatangkan banyak pelanggan baru. Citra merek di hadapan publik pun kian positif.

Pada awalnya, Scarlett hanya menjual produk perawatan untuk kulit wajah.

Namun seiring perjalanan bisnisnya, Scarlett juga menghadirkan produk untuk merawat kulit tubuh hingga rambut.

Scarlett pun menjadi one stop solution untuk para pelanggan yang mencari produk perawatan tubuh secara menyeluruh. Untuk perawatan wajah, Scarlett Whitening memiliki produk face wash, moisturizer, serum, toner, dan masker. Sedangkan untuk perawatan tubuh, Scarlett menawarkan produk berupa body lotion, shower scrub, hingga body scrub. Sementara untuk merawat kesehatan rambut, Scarlett menyediakan produk shampo dan conditioner. Setiap produknya memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga calon pelanggannya bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya varian brightening untuk mencerahkan dan acne khusus kulit berjerawat.

Selain promosi yang dilakukan dengan bantuan influencer, artis papan atas, hingga brand ambassador, Scarlett Whitening juga memiliki akun bisnis resmi di berbagai media sosial.

Misalnya di Instagram dan TikTok dengan profil bisnis yang lengkap sehingga terlihat lebih profesional dan tepercaya. Konten pemasaran yang dibagikan pun sangat menarik dan mampu meningkatkan keyakinan audiens untuk melakukan pembelian.

Beberapa contoh konten penawaran yang dilakukan Scarlett, yakni dalam bentuk foto dan video produk estetik. Dengan warna-warna dan properti cantik. Penggunaan model influencer, artis, hingga brand ambassador pun turut memanjakan mata para audiens sehingga menambah daya tarik tersendiri.

Tidak hanya konten promosi yang ditunjukkan dengan foto-foto produk, Scarlett juga mengunggah jenis konten lain. Contohnya postingan giveaway berhadiah menarik, games, hingga konten edukasi berupa tanya jawab seputar kecantikan dengan ahlinya.

Jadi selain bertujuan untuk meningkatkan penjualan, konten-konten yang diunggah juga bisa menciptakan keterlibatan dan kedekatan antara brand dengan audiens.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar