Juni 17, 2023

Rahasia Kesuksesan Kripik Maicih, Reza Nurhilman

                 




                Kisah sukses Reza Nurhilman tak lepas dari Keripik Maicih. Keripik dengan berbagai tingkat ketajaman yang sangat populer di pasaran. Pria kelahiran 29 September 1987 ini merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil, orang tua Reza bercerai dan Reza diasuh oleh orang tua angkat. Setelah lulus SMA, ia memutuskan untuk memulai bisnis daripada melanjutkan studinya di universitas. Berbagai macam usaha ia coba hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha warung makan setelah kebetulan bertemu dengan seorang nenek penjual keripik pedas di Cimah. Dengan modal Rp 15 juta, ia memulai Maicih pada 2010.

                Awalnya, keripik Maicih hanya diproduksi  50 bungkus per hari. Untuk memasarkan produknya, Reza menggunakan media sosial Twitter dan Facebook. Kisah sukses Reza Nurhilman bermula dimana strateginya berhasil dan kentang goreng maicih dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda menjadi populer di kalangan anak muda, bahkan saat itu merupakan makanan pedas yang belum begitu umum di pasaran. Lebih lanjut, cara pemasaran produk Reza saat itu bisa dibilang visioner dan tidak seperti pemasaran tradisional para pesaingnya.


                Untuk memastikan semua produknya terjual, Reza menggunakan sistem pop-up untuk penjualan ketika dia tiba-tiba muncul di suatu tempat untuk menjual produknya dengan mobilnya. Memilih nama Maicih untuk produknya, Reza berhasil mengembangkan merek personal hot chips. Kejeliannya dalam memilih model pemasaran dan menggunakan media sosial juga merupakan pencapaian yang revolusioner dan patut ditiru oleh setiap pengusaha. Reza pun melakukan segalanya untuk mengembangkan bisnisnya semaksimal mungkin. Ia juga menganut prinsip menjalankan bisnis secara menyeluruh tanpa harus memikirkan keuntungan atau kerugian yang terkonsentrasi

                Prinsip ini digunakan untuk berpikir kreatif, sehingga dapat mengembangkan model pemasaran yang tidak hanya menarik. Selain itu, mengelola usaha Maicih membuatnya menjadi sosok muda yang sukses bahkan bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha lainnya. Kehati-hatian dan kreativitasnya dalam berbisnis membantu merek Maicih mendapatkan pengakuan merek yang kuat di antara persaingan bisnis keripik bumbu yang dimulai di tengah industri jamur. Kisah sukses Reza Nurhilman tentu sangat penting bagi pelaku UMKM lainnya, terutama yang memutuskan untuk berbisnis di industri yang memiliki banyak pesaing. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar