Juni 14, 2023

Review video kuis 6

 kuis pertemuan ke 6


oleh: Tia Dasmawati

@AA36_Tia





Penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam wirausaha


kewirausahaan memiliki peran penting dalam mengembangkan semangat kreatifitas,inovasi, dan kemampuan untuk mengambil risiko guna menciptakan dan mengelola sesuatu yang baru. faktor yang perlu diperhatikan. Pertama, motivasi berwirausaha sangat penting. Motivasi ini dapat muncul dari faktor lingkungan, sosiologis, ketersediaan sumber daya, dan faktor personal. Lingkungan yang kondusif, dukungan sosial, serta ketersediaan sumber daya yang memadai dapat memotivasi individu untuk menjadi wirausaha. Tujuan kewirausaan itu sendiri terbagi menjadi 4, yaitu:


1. Meningkatkan para jumlah wirausaha yang berkualitas


2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para


wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat


3. Membudayakan semangat sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal dan unggul. 4. Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.

1. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan berwirausaha

  • Faktor manusia, misalnya mampu melayani konsumen dengan baik dan memanfaatkan informasi yang ada.

  • Faktor manajemen, misalnya mampu mengelola waktu secara efektif.

  • Faktor perencanaan, misalnya mampu mengetahui target pasar.

  • Faktor modal dan keuangan, misalnya memiliki modal yang cukup dan tenaga ahli yang dapat diandalkan.

2. Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha

  • Tidak berkompeten dalam manajemen dan mengelola usaha.

  • Sumber daya manusia yang tidak memadai

  • Kurang memiliki kemampuan finansial

  • Kurang memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada

  • Kurangnya perencanaan atau gagal dalam perencanaan.

Pentingnya kreativitas dan inovasi dalam wirausaha

Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian kemajuan kerja keras dan ketekunan kreativitas dapat dikembangkan melalui peningkatan jumlah dan ragam Masukan ke otak terutama hal baru dengan memanfaatkan daya ingat daya halal dan daya serap otak akan dapat ditumbuhkan berbagai gagasan baru atau kreativitas tipe lebih itu menciptakan mengombinasikan dan memodifikasikan.
terdapat modal kreativitas antara lain:
1. Modal insani, seperti kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan
2. Modal social: kepercayaan, kejujuran, dan etika
3. Modal budaya : Nilai nilai, adat istiadat, kebiasaan
4. Modal struktur kelembagaan: modal yang berasal dari pemerintah Inovasi, adalah sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik. Yangdilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan.
Ada tahap proses inovasi antara lain:
1. Gagasan baru
2. Prinsip solusi teknis
3. Perubahan dari solusi teknis pada produk jasa 4. Pengguanaan hasil oleh konsumen

Eksploitasi imajinasi dan intuisi untuk mengembangkan kewirausahaan

Imajinasi dan intuisi mempunyai perbedaan yaitu imajinasi merupakan gambaran atau objek angan yang dapat membayangkan atau khayalan yang memperoleh hasil citra mental dan ide yang kita pikirkan sedangkan intuisi merupakan kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.
Peranan Intuisi dan Imajinasi dalam Berwirausaha, Seorang wirausahawan pasti mempunyai daya kreativitas tinggi. Untuk mengembangkan kreativitas kita dapat memulainya dengan kebiasan pikiran yang dilatih dengan memperhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi
mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang baru yang menakjubkan dan membangkitkan ide-ide yang tak terduga. Asosiasi bebas, imajinasi dan intuisi adalah ciri dari berpikir kreatif. Semua aktivitas mental ini perlu kita perhatikan untuk melatih diri berpikir kreatif. Kita bisa lihat para ilmuwan seperti Einstein yang mengandalkan intuisi dalam menemukan teori relativitasnya. Setiap hal yang tidak terduga, dapat kita hubungkan, sehingga otak akan membangun pola untuk menghasilkan gagasan baru. Dengan semua aktivitas mental ini, kita bisa melatih diri untuk berpikir kreatif sehingga kita bisa memaksimalkan potensi otak untuk mengembangkan kreativitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar