Juni 14, 2023

tugas review video 11, Bongkar pitch deck awal bukalapak

 

review video pertemuan 11

Oleh :Tia Dasmawati

AA36_Tia

komentar:

Video ini sangat bermanfaat dan membantu pemul yang ingin mendapatkan pendanaan dari investor. Dalam video tersebut, ada tiga pitch deck dari Bukalapak, Airbnb, dan Tesla.

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa membuat pitch deck yang efektif membutuhkan waktu dan pemikiran yang matang. Perusahaan seperti Bukalapak, Airbnb, dan Tesla berhasil mendapatkan pendanaan pada tahap awal dengan menggunakan pendekatan yang solid dan menarik bagi investor.

Secara keseluruhan, pitch deck Bukalapak pada tahun 2011 memberikan gambaran yang kuat tentang potensi bisnis, tim yang kompeten, dan dukungan data yang valid. Dengan presentasi yang jelas dan fokus pada solusi yang ditawarkan.


BONGKAR PITCH DECK AWAL BUKALAPAK, AIRBNB & TESLA! TIPS DAPET DUIT INVESTOR



Pitch deck adalah sebuah file presentasi singkat berisi penjelasan seputar kondisi bisnis secara umum, mulai dari solusi yang ditawarkan, proyeksi pendapatan, hingga strategi yang akan dilakukan di masa mendatang. Tujuan pembuatan pitch deck yaitu memudahkan Anda dalam memberikan penjelasan terhadap calon investor maupun konsumen. File presentasi berfungsi sebagai patokan untuk hal-hal apa saja akan Anda sampaikan.Karena kegunaan pitch deck begitu banyak, sebaiknya persiapkanlah materi pitch deck sebaik mungkin.
Tools populer yang paling sering digunakan dalam pembuatan pitch deck yaitu Microsoft PowerPoint, Prezi dan Keynote.
Pilihlah jenis aplikasi atau tools yang paling familiar bagi Anda.
Presentasi tidak perlu dibuat terlalu heboh, lebih baik dibuat sesederhana mungkin agar semua pesan dapat tersampaikan.

Pitch deck Bukalapak, homepage Clint sederhana, hanya ada satu logo dan itu adalah logo mereka sebelum pindah ke yang sekarang, lalu langsung ke tim, alasannya untuk meyakinkan investor bahwa tim ini terdiri dari orang-orang yang berkualitas dan pertama. memiliki Roof of Excellence, Fajrin Nugroho Arif lulusan ITB dan Fajrin sendiri adalah lulusan terpuji dengan IPK 4.0 dan Ahmad Zaki adalah orang yang berpengalaman kerja di perusahaan IT dan Fajrin bekerja di BCG atau Boston Consulting Group. Sekian penjelasan singkat tentang bisnis Bukalapak tersebut. Di halaman 5, sisi terpenting adalah taruhan dan sisi yang paling disukai investor, yaitu kurva Jay atau pertumbuhan eksponensial.

Airbnb di halaman pertama sama dengan Bukalapak, sederhana saja, hanya logo dan slogan terakhir. Jelaskan segera di mana masalahnya, dengan menggunakan 3 poin, yaitu. H. harga di mana pelanggan ingin mencari alternatif yang lebih murah, dan kedua, hotel adalah pelanggan. Ruang terbuka itu digunakan untuk mengontrak rumahnya dan juga untuk turis atau orang lain. Carilah rumah orang yang menyewa, dan tujuannya agar jika tinggal di rumah orang misalnya, bisa merasakan desainnya dan tetap terasa autentik. Solusi piring dapat menawarkan kepada pelanggan cara untuk menghemat uang atau menemukan akomodasi yang lebih murah.


Di halaman pertama Tesla hanya terdapat logo yang menunjukkan interior atau seperti apa produknya dan penjelasan tentang fungsi dan performa yang dapat digunakan hingga hampir 500 km dengan sekali pengisian daya, dll. Anda dapat melihat peningkatan pemesanan Lihat Untuk model S ada 500 pemesanan mobil pada kuartal pertama tahun 2009 dan dalam setahun mereka dapat tumbuh sebesar 400% menjual lebih dari 2000 unit dalam satu kuartal pada kuartal pertama tahun 2010.


cara mendapatkan investor:

Melakukan riset target investor

Cara mencari investor yang pertama dengan melakukan riset target calon investor. Cobalah untuk mencari target calon investor yang berpotensi. Anda bisa mencari informasi dengan bertanya kepada kerabat, teman, atau mencari di sosial media.


Anda bisa membuat daftar list calon investor untuk memudahkannya. Pastikan nama-nama yang ditulis memiliki potensi tinggi dalam memberi dana dan masukan.


Mengikuti pameran dan kompetisi

Selain membuat daftar list calon investor, sebaiknya Anda menghadiri pameran dan aktif mengikuti kompetisi. Sebab dalam sebuah pameran dan kompetisi pada bidang usaha biasanya banyak investor yang ikut menyaksikan.


Kesempatan ini adalah cara mencari investor terbaik. Anda tepat berada di tempat para investor berkumpul. Apalagi jika usaha Anda yang sedang dipamerkan atau diikutkan kompetisi dilirik oleh investor. Tidak perlu melamar investor, Anda sebagai pemilik usaha akan dilamar langsung oleh investor.


Mengajukan proposal

Cara mencari investor berikutnya dengan mengajukan proposal. Proposal adalah penawaran tertulis yang diajukan pelaku bisnis kepada investor. Dengan adanya proposal akan menghubungkan Anda kepada para investor sehingga bisa memperoleh sumber dana.


Sebelum mengajukan proposal kepada investor, pastikan proposal Anda berisi informasi usaha secara lengkap dan detail. Tak lupa memberikan penawaran dan informasi menarik untuk mendapatkan perhatian investor.


Mempresentasikan proposal usaha secara menarik

Apabila pihak investor memberikan kesempatan Anda untuk menjelaskan proposal pengajuan dana usaha, maka manfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin. Buatlah presentasi proposal usaha dengan menarik.


Walaupun calon investor telah membaca proposal tersebut, jika presentasi Anda menarik akan memberikan pengaruh yang besar. Sebelum presentasi di hadapan investor, sebaiknya Anda mempersiapkan segalanya secara matang dengan latihan berulang kali.


Membangun kepercayaan

Cara mencari investor usaha berikutnya dengan bersikap terbuka dan jujur. Jangan sampai Anda mempresentasikan hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi dalam usaha. Karena nantinya Anda tidak akan memperoleh kepercayaan.


Banyaknya kasus penipuan terjadi mengakibatkan beberapa investor lebih berhati-hati. Sehingga Anda dituntut agar mampu meyakinkan investor. Meskipun usaha Anda belum optimal, tetap tunjukkan bahwa Anda adalah pemilik usaha yang memiliki semangat tinggi untuk memajukan usaha.


Menjelaskan kondisi usaha secara terb

Saat menjelaskan pengajuan dana, usahakan Anda memberikan informasi usaha yang sangat lengkap. Mulai dari risiko usaha, strategi usaha yang akan dijalankan, kondisi keuangan perusahaan, detail produk yang ditawarkan, hingga kendala-kendala yang dihadapi selama usaha.


Dengan demikian investor memiliki gambaran yang jelas terkait kondisi usaha Anda. Siapa tahu pihak investor juga tertarik untuk membantu mengatasi kendala-kendala yang terjadi.


daftar pustaka:


Nugroho, Andy.2020.Apa Itu Pitch Deck, Pengertian & Cara Membuatnya.Qwords. dalam https://qwords.com/blog/pitch-deck-adalah/


Redaksi OCBC NISP.2021.6 Cara Mencari Investor yang Tepat Agar Bisnis Berkembang.OCBC NISP.https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/04/26/cara-mencari-investor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar