September 21, 2023

Motivasi dan Reward Dalam Kewirausahaan

 Oleh: Putri Khana (@AD20-Khana)


MOTIVASI DAN REWARD DALAM KEWIRAUSAHAAN

Dalam mengartikan kewirausahaan terlebih dahulu harus memahami arti dari wirausaha dan wirausahawan. Wirausaha dari segi etimologi berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, berbuat sesuatu. Wirausahawan menurut Joseph Schumpeter (1934) adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru.

Motivasi berwirausaha adalah dorongan teknis yang sangat kuat dalam diri individu untuk mempersiapkan diri dalam bekerja, memiliki kesadaran bahwa wirausaha bersangkut paut dengan dirinya, sehingga ia lebih banyak memberikan perhatian dan lebih senang melakukan kegiatan kewirausahaan secara mandiri, percaya pada diri sendiri, berorientasi ke masa depan, disertai dengan hasrat untuk berprestasi pada bidangnya berdasarkan kemampuan, kekuatan, dan keterampilan yang dimilikinya dan perencanaan yang tepat (Riyanti dalam Mubarak 2013:15).

Di masa pandemic covid-19 kemarin banyaknya orang yang terkena PHK dalam pekerjaannya sehingga kebiasaan hidup seseorang mulai berubah. Muncul berbagai persepsi dan pandangan mengenai bagaimana cara mereka untuk bangkit kembali dan memperoleh peluang usaha. Mereka yang terkena PHK bingung akan pekerjaan mereka, ditambah mereka yang harus memenuhi kebutuhan sehari-harinya untuk keberlangsungan hidupnya. Mereka yang menjadikan hal tersebut motivasi untuk mereka bangkit, memulai mencari peluang usaha mulai dari nol lagi. Apabila seseorang memiliki jiwa kewirausahaan sesuai dengan indikatornya yaitu: 1) Percaya diri; 2) Optimisme; 3) Memiliki jiwa kepemimpinan; 4) Suka tantangan; 5) Bertanggung jawab; 6) Disiplin; dan 7) Kreatif serta Inovatif, maka akan berpengaruh terhadap Motivasi Berwirausaha. Artinya seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan kuat akan memiliki semangat kuat dalam menjalankan bisnisnya, dibanding mereka yang tidak memiliki jiwa kewirausahaan. Dalam menghadapi setiap tantangan dan masalah, seseorang dengan jiwa kewirausahaan akan dengan teladan menjalankan bisnisnya walaupun pendapatan yang mereka peroleh tidak sebanding dengan ekspetasi yang mereka harapkan. Mereka memiliki motivasi yang kuat dan yakin untuk berhasil dalam menjalankan usahanya.

Reward dalam kewirausahaan

          Reward adalah imbalan balasan jasa yang diberikan oleh Perusahaan kepada tenaga kerja, karena tenaga tersebut telah memberikan sumbangan tenaga dan pikiran demi kemajuan peruhaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

          Seseorang yang mempunyai motivasi dalam membangun usaha bisnis untuk memenuhi kebutuhan terhadap hidupnya, jika ia berani untuk memulai usaha bisnis dari nol, sudah mempunyai pengalaman dalam berbinis, memiliki inovatif dan kreatifitas dalam berbisnis, mempunyai ketekunan dan berkonsisten dalam usaha bisnisnya tersebut maka dijamin akan mendapatkan reward atas usahanya. Reward dalam berwirausaha tidak hanya berupa penghargaan dari atasan ke karyawan, tetapi reward juga bisa didapat dari diri sendiri. reward juga tidak hanya diukur dengan materi, akan tetapi juga dipengaruhi oleh interaksi manusia serta lingkungan organisasi, pada saat tertentu manusia terangsang dengan insentif ekonomi atau materi (material insentives) atau keuntungan-keuntungan ekonomi.

WIRAUSAHA YANG BERHASIL

1.    Memiliki pendidikan formal dan budaya kreasi

2.    Semangat yang menyala-nyala, berani dan bertanggung jawab

3.    Terampil dalam berfikir dan ulet dalam arti analisis harus tepat, sistematis dan metodologis

4.    Berwatak (berkepribadian) dengan kemampuan tinggi sesuai dengan landasan filsafat bangsa Indonesia, yaitu Pancasila

5.    Mampu mengorganisasi diri sendiri, bawahan, dan teman sekerja lainnya

6.    Mampu bergaul dan luwes dalam pergaulan Masyarakat

7.    Mengutamakan keberhasilan yang menguntungkan

8.    Tidak konsumtif, tidak boros dan dapat berhemat

 

Daftar Pustaka

Farhan Saputra, m. r. (2023). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terhadap Motivasi dan minat kewirausahaan (literature riview). jurnal kewirausahaan, 1.

Riadi, M. (2020, april 21). Reward atau Penghargaan (Pengertian, Tujuan, Jenis dan Syarat).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar