September 20, 2023

Pemahaman Pelanggan dalam Kewirausahan

Oleh : Zahra Shifa

 

PEMAHAMAN KEWIRAUSAHAAN

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat,  mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif  dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan. Sedangkan yang dimaksudkan dengan seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis.

Intinya, seorang Wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki jiwa Wirausaha dan mengaplikasikan hakekat Kewirausahaan dalam hidupnya.   Orang-orang yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam hidupnya. Seorang wirausahawan tidak hanya dapat berencana, berkata-kata tetapi juga berbuat, merealisasikan rencana-rencana dalam pikirannya ke dalam suatu tindakan yang berorientasi pada sukses. Maka dibutuhkan kreatifitas, yaitu pola pikir tentang sesuatu yang baru, serta inovasi, yaitu tindakan dalam melakukan sesuatu yang baru

Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit (finding different ways of providing more goods and services with fewer resources)

Walaupun di antara  para ahli ada yang lebih menekankan  kewirausahaan pada  peran pengusaha kecil, namun sifat ini pun sebenarnya dimiliki oleh orang-orang  yang berprofesi di luar wirausahawan. Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan dan tantangan, apapun profesinya.

DEFINISI PELANGGAN

pelanggan didefinisikan sebagai perseorangan atau kelompok yang berusaha untuk memenuhi keperluan primer, sekunder, atau tersier dengan cara menggunakan jasa/ barang yang disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain yang didahului dengan kegiatan transaksi jual-beli. Pelanggan juga identik dengan sahabat karib yang artinya segala yang dia inginkan harus kita penuhi yang pastinya sesuai dengan layanan apa yang kita berikan.

Perlu adanya batasan-batasan yang jelas kepada pelanggan apa saja layanan yang kita berikan dan apa saja tanggung jawab kita teradap persoalan yang dihadapi pelanggan. Yang kesemua itu dapat menjadi tabir dari komplain-komplain yang tidak diakomodasi bahkan komplain yang tidak masuk akal.

PENGERTIAN PELANGGAN

Pelanggan adalah seseorang, kelompok tertentu, instansi, lembaga, atau organisasi yang membeli, menerima, mengkonsumsi, atau menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Tujuan utama dari perusahaan komersial adalah untuk menarik pelanggan dan mendorongnya untuk kembali membeli produk yang sama hingga akhirnya menjadi pelanggan setia. Di sisi lain, pelanggan juga sering dianggap sebagai sosok yang memiliki hubungan dengan penjual.

Jika yang ditawarkan adalah jasa profesional, seperti pengacara, pelanggan yang dimaksud akan disebut sebagai klien. Ketika pelanggan membeli sesuatu, penjual akan fokus pada produk yang ditawarkan agar pelanggan tersebut kembali membeli produknya. Tetapi, dengan klien, tujuan orang yang menawarkan jasa akan fokus pada menjalin hubungan.

Sementara itu, beberapa ahli juga memiliki pengertian tersendiri mengenai istilah pelanggan seperti yang dijelaskan berikut ini

1. Maine

  • Pelanggan adalah orang yang tidak tergantung pada kita, tetapi kita yang tergantung padanya.
  • Pelanggan adalah orang yang membawa kita kepada hal-hal yang menjadi keinginannya.
  • Tidak ada seorang pun yang pernah menang beradu argumentasi dengan pelanggan.
  • Pelanggan adalah orang yang teramat penting yang harus dipuaskan.

2. Nasution dan Gaspersz

Pelanggan adalah semua orang yang menuntut organisasi untuk memenuhi standar kualitas tertentu. Oleh sebab itu, pelanggan mampu memberikan pengaruh pada kinerja organisasi.

3. Bean dan Maine

  • Pelanggan adalah orang yang tidak tergantung pada perusahaan, tetapi sebaliknya.
  • Pelanggan adalah orang yang membawa organisasi untuk mengikuti keinginannya.
  • Pelanggan adalah orang yang teramat penting yang harus dipuaskan

KARAKTERISTIK PELANGGAN

Untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, harus mengetahui dan memahami karakteristik para pelanggan agar bisa menggunakan cara yang tepat saat berhadapan dengan mereka. Berbagai karakteristik pelanggan yang akan di temui sebagai berikut:

·         Pelanggan baru

Seorang pelanggan baru biasanya sering mengajukan banyak pertanyaan mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan. Jangan ragu menjawabnya dengan detail, sebab pelanggan yang tertarik dengan produk tentu bisa menjadi pelanggan potensial di masa mendatang.

·         Pelanggan potensial

Seorang pelanggan potensial akan menunjukkan rasa ketertarikan terhadap produk melalui berbagai pertanyaan. Sekali lagi, jangan ragu untuk menjawab dan menjelaskan produk dengan detail agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia.

·         Pelanggan hemat

Seorang pelanggan hemat pasti akan menyukai berbagai produk yang sedang diskon, cashback, atau promo lainnya. Biasanya, pelanggan hemat hanya akan membeli produk saat promo sedang berlangsung

·         Pelanggan setia

Seorang pelanggan setia biasanya enggan berpindah ke produk lain. Tidak hanya itu, pelanggan setia juga akan merekomendasikan produk yang digunakan ke orang-orang terdekatnya tanpa diminta.

 

Selain karakteristik pelanggan, hal yang tidak kalah penting untuk bisa memahami perilaku pelanggan adalah mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka. Setiap pelanggan tentu memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Mereka tentu dengan senang hati menerima informasi yang dapat menjadi solusi permasalahan yang ada. Mulai dari cara menerapkan gaya hidup lebih sehat, cara mendapatkan penghasilan tambahan, dan lain sebagainya. Saat mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka, kamu bisa mulai mencari produk yang sesuai untuk menyelesaikan masalah mereka.

Selanjutnya, mengetahui penilaian pelanggan juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Kamu bisa mengetahui persepsi pelanggan terhadap produk melalui sebuah survei. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan feedback yang berguna sebagai bahan evaluasi.

PENUTUP

 bahwa seorang wirausahawan adalah individu-individu yang berorientasi kepada tindakan, dan memiliki motivasi tinggi yang beresiko dalam mengejar tujuannya. Menjadi seorang wirausaha berarti memadukan perwatakan pribadi, keuangan dan sumber-sumber daya lainnya di lingkungan sekitarnya. Untuk menjadi seorang wirausahawan (entrepreneur) tangguh dibutuhkan ciri pribadi yang menjadi watak diri yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Untuk memulai suatu bisnis seorang wirausaha perlu melakukan pengkajian-pengkajian mendalam terhadap bisnis yang akan digeluti.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain mendapatkan keuntungan mendapatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Jika pelanggan merasa puas dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan, pelaku usaha atau perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut, mengetahui dan memahami jenis dan karakteristik pelanggan menjadi kunci keberhasilan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

  • Dr. Eddi Suprayitno, SE., MM. (2013). Pemahaman Tentang Kewirausahaaan
  • Marsha N. Safithri. (2022). Pelanggan Adalah : Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya
  • Firman Ilkha (2013). mengenal karakter pelanggan
  • Dorojatun Prihandono (2019). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewiraushaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar