Oktober 16, 2023

keterlibatan pelanggan adalah dalam kewirausahaan

 

keterlibatan pelanggan adalah dalam kewirausahaan

 

Nama : Annisa putri

No kode :@AD12-Putri

 

 Pengertian  keterlibatan pelanggan adalah dalam kewirausahaan

 

Keterlibatan pelanggan adalah keterlibatan aktif pelanggan di berbagai bagian bisnis perusahaan, seperti pengembangan produk, pemasaran, dan layanan pelanggan. Ini melibatkan berbicara dengan pelanggan untuk mempelajari tentang kebutuhan, preferensi, dan harapan mereka sehingga produk dan layanan dapat dibuat lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Keterlibatan pelanggan dapat mengambil banyak bentuk, seperti memberikan umpan balik tentang produk dan layanan, berpartisipasi dalam kelompok fokus atau survei, atau bahkan membuat atau merancang produk bersama dengan perusahaan. Dengan menumbuhkan rasa kemitraan dan kepemilikan antara pelanggan dan bisnis, tujuan utama dari keterlibatan pelanggan adalah untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

 

Pentingnya Keterlibatan Pelanggan

 

·       Pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan: Bisnis dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka dengan melibatkan mereka di berbagai bagian operasi mereka. Ini dapat membantu bisnis membuat produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

·       Kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih baik: Pelanggan cenderung senang dengan produk dan layanan yang mereka terima ketika mereka merasa pendapat mereka didengar dan dihargai. Loyalitas dan retensi yang meningkat dapat dihasilkan dari hal ini.

·       Peningkatan inovasi: Keterlibatan pelanggan dapat memacu inovasi dengan memberikan bisnis ide dan wawasan baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Hal ini dapat mengarah pada pengembangan produk dan layanan baru yang lebih memenuhi kebutuhan pelanggan.

·       Reputasi merek yang ditingkatkan: Bisnis yang secara aktif melibatkan pelanggan dalam operasi mereka sering dianggap lebih berpusat pada pelanggan dan inovatif, meningkatkan reputasi mereka dan menarik pelanggan baru.

·       Mengurangi risiko kegagalan produk: Perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan produk dan penarikan kembali yang mahal dengan melibatkan pelanggan dalam pengembangan dan pengujian produk. Dalam jangka panjang, ini dapat menghemat waktu dan uang bisnis.

 

 

 

Jenis Keterlibatan Pelanggan

 

Produksi bersama:
Untuk meningkatkan kualitas produk jadi, produksi bersama memerlukan keterlibatan pelanggan dalam proses manufaktur. Dalam industri seperti layanan makanan, di mana pelanggan dapat memberikan umpan balik yang berwawasan tentang rasa dan kualitas makanan, jenis partisipasi pelanggan ini sering digunakan.

Timbal balik pelanggan:
Kumpulkan umpan balik pelanggan tentang interaksi mereka dengan barang dan jasa untuk penawaran masa depan yang lebih baik. Partisipasi pelanggan semacam ini sering digunakan dalam bisnis seperti ritel, di mana input pelanggan dapat digunakan untuk menyempurnakan tata letak toko, tampilan produk, dan layanan pelanggan.

Crowdsourcing:
Crowdsourcing adalah praktik meminta masukan dan saran dari sejumlah besar orang melalui platform online. Partisipasi pelanggan semacam ini sering digunakan di sektor seperti periklanan dan pemasaran, di mana bisnis dapat menggunakan umpan balik pelanggan untuk mengembangkan kampanye dan promosi yang sukses.

 

Kesimpulan.

 

Customer relationship management (CRM) berfokus pada merawat hubungan pelanggan. Membangun dan mengelola hubungan antara perusahaan atau organisasi dan stakeholder.Penggunaan sistem CRM pusat interaksi tidak hanya memiliki akses ke gudang data pelanggan, tetapi juga kadang-kadang menggunakan sistem untuk pemasaran, penjualan, dan layanan purna jual. Model Ekuitas Pelanggan oleh Blattberg et al yaitu Nilai pelanggan jangka panjang memiliki banyak interpretasi, karena nilai oleh pelanggan di berbagai perannya harus dipertimbangkan. nilai pelanggan seumur hidup atau modal pelanggan, yang dikenal sebagai ekuitas pelanggan, adalah nilai dari pelanggan atau basis pelanggan dalam upaya untuk mencapai tujuan moneter dan nonmoneter perusahaan.

 

 

Daftar Pustaka

(Adminlp2m, 2023)


Adminlp2m. (2023, april). Keterlibatan Pelanggan: Definisi, Pentingnya dan Jenis. Retrieved from https://lp2m.uma.ac.id/: https://lp2m.uma.ac.id/2023/04/26/keterlibatan-pelanggan-definisi-pentingnya-dan-jenis/#:~:text=Definisi%20Keterlibatan%20Pelanggan,%2C%20pemasaran%2C%20dan%20layanan%20pelanggan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar