Oktober 15, 2023

Review video youtube


ananda putri 46122010203 

StartUp dan Strategi Pengembangan Produk

Kata Startup berasal dari serapan Bahasa Inggris yang berarti bisnis yang baru dirintis atau bisnis rintisan. Start up adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Dengan kata lain, Start up artinya perusahaan yang baru masuk atau masih berada pada fase pengembangan atau penelitian untuk terus menemukan pasar untuk mengembangkan produknya.

Tahapan StartUp

Secara umum, tahapan pengembangan Startup mengikuti kurva S sebagaimana yang terteradalamgambardisamping. TahapandalamStartUpterdiridariIde,Pengembangan, Getting user dan Marketing, Rapid Growth, Maturity, Steady Growth atau Decay


 Fase Product Roadmap

Mengutip dari Atlassian, product roadmap adalah sumber yang menjelaskan tentang visi, arah, prioritas, dan perkembangan dari suatu produk dari waktu ke waktu. Product roadmap tersebut adalah 'kunci jitu' bagi seorang Product Manager untuk menjelaskan visi & misi yang dibentuk kepada pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada.

Membangun Product Roadmap

1. Buat visualisasi berdasarkan rencana mendatang secara rinci

2. Jangan hanya fokus pada fitur yang ingin dibuat

3. Membuat rencana cadangan

4. Tidak perlu terlalu jauh membuat prediksi

5. Hasil tiap divisi mungkin saja berbeda atau tidak rata

Pengembangan Produk

Masalah utama dari sebuah startup dalam proses pengembangan produk adalah tidak adanya keterbatasan sumber daya (resources): orang, waktu, dana, peralatan, dan tempat.

Jenis Aktivitas Pengembangan Produk

1. Pengembangan produk berupa inovasi

2. Pengembangan produk berupa operasi

3. Pengembangan produk berupa iterasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar