November 15, 2023

PANDANGAN HOLISTIK : MEMBANGUN BISNIS UNGGULAN DENGAN MODEL BISNIS YANG EFEKTIF

 

 

MEMBANGUN BISNIS UNGGULAN DENGAN MODEL BISNIS YANG EFEKTIF

Holistik bisa diartikan sebagai cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh.

salah satu cara agar bisa bersaing yaitu dengan cara membuat strategi – strategi baru agar mempunyai bisnis usaha yang menarik, baik , dan tepat pada Perusahaan. Hal yang harus diperhatikan Ketika menerapkan strategi bisnis yaitu dengan memperhatikan teknologi yang sedang berkembang, proses dan pangsa pasar yang tepat. Salah satu metode yang tepat untuk membuat . Salah satu metode yang tepat untuk membuat strategi baru adalah Business Model Canvas (BMC). Metode BMC merupakan alat yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dalam tahap membangun kegiatan bisnis dan model bisnis.

BMC dapat digunakan untuk memperoleh strategi perusahaan secara efektif dan efisien. Metode BMC juga dapat memperluas segmentasi pasar sehingga dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan penjualannya secara online. CV Media mengalami peningkatan penjualan yang drastis dan menjadikan CV Media berkembang secara pesat dengan menggunakan metode BMC karena adanya kerja sama dengan berbagai pihak yang berkompeten mendukung kemajuan usaha. Hasil pemetaan akhir metode BMC menciptakan alternatif strategi baru yang cenderung ke sisi kanan (sisi kreatif), yang berarti bahwa pemilik harus melakukan inovasi dan membuat usaha menjadi lebih kreatif.

Business Model Canvas (BMC), dikembangkan oleh Osterwalder dan Pigneur adalah metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan yang mencari model bisnis yang berskala kecil, menguntungkan, dan berulang. BMC disajikan dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dimengerti oleh pembacanya. 

BMC ini dibagi menjadi sembilan model utama, kemudian dipisahkan lagi menjadi komponen kanan (sisi kreatif) dan kiri (sisi logis) seperti otak manusia.

1. Customer Segment menggambarkan sekelompok orang atau organisasi yang menjadi target yang dijangkau atau yang dilayani

2. Value Proposition merupakan daya tarik bagi pembeli yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga memenuhi kepuasan konsumen

3. Channels adalah cara perusahaan untuk menjangkau konsumen

4. Customer Relationship yaitu suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk membangun suatu hubungan dengan konsumen

5. Revenue Stream merupakan sumber pemasukan bagi perusahan yang didapatkan dari daya tarik yang diciptakan perusahaan untuk konsumen

6. Key Resource adalah sumber daya utama yang dimiliki perusahaan dalam membangun bisnisnya

7. Key Partnership yaitu mitra kerja yang dilakukan oleh perusahaan khususnya supplier

8. Key Activities yaitu aktivitas utama yang terkait dengan produksi di perusahaan

9. Cost Structure yaitu biaya – biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendukung semua aktivitas – aktivitas.


http://jurnal,untirta.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar