November 15, 2023

Pemahaman Mendalam Pasar: Kunci Sukses dalam Memasuki Industri Baru

 NAMA : ANNISA PUTRI

NO KODE : 1D12-PUTRI

 

Apa Itu Analisis Pasar / Analisa Pasar?

Analisis pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta tren dan kondisi pasar yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk atau layanan.

Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena analisis pasar biasanya dilakukan untuk membantu bisnis mengambil keputusan strategis, seperti merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menentukan harga yang tepat, dan menentukan pasar yang paling menjanjikan untuk ekspansi bisnis.

Dalam melakukan analisis pasar, ada beberapa faktor yang biasanya dipertimbangkan, seperti ukuran pasar, persaingan, segmen pasar, perilaku konsumen, dan trend pasar.

Data ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti survei pelanggan, laporan industri, analisis data pasar, dan data dari pesaing bisnis.

 

Pentingnya Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis

Analisa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar.

Kegiatan ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya.

 

Manfaat Analisa Pasar

Secara umum, manfaat dari analisa pasar adalah untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual.

  • Mendapatkan konsumen. Dengan melakukan analisa pasar yang benar, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen karena produk yang Anda jual sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
  • Melihat persaingan. Anda bisa mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan pesaing dari bisnis Anda, sehingga Anda bisa mengalahkan bisinis yang sudah ada.
  • Memanfaatkan peluang. Salah satu cara memanfaatkan peluang bisnis yang ada adalah dengan membedakan dengan produk yang sudah ada di pasaran. Anda bisa mengetahui peluang apa yang masih jarang persaingannya dan prospek kedepannya baik.
  • Mengurangi risiko. Risiko mulai dari kegagalam produk hingga gagal bisnis bisa dihindari.
  • Rencana jangka panjang. Anda akan mengetahui langkah-langkah jangka panjang ke depan untuk menjalankan bisnis sehingga tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah untuk bisa meraih kesuksesan.
  • Menjadi tren bisnis. Analisa pasar yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi bisnis, terutama memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnis Anda sebagai trend setter pebisnis lainnya. Jika Anda sudah menjadi trend setter, penjualan bisnis Anda akan semakin meningkat pesat.

 Menentukan pasar yang relevan

Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pasarnya terlebih dahulu.

Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebagian besar produk yang ada di pasaran memiliki pilihan alternatif lain.

Contohnya saja dalam bidang transportasi umum, Garuda Indonesia dan Citilink adalah maskapai penerbangan yang bisa menjadi subtitusi satu sama lainnya.

Analisa pasar untuk identifikasi target potensial

Jika semuanya sudah Anda lakukan, langkah terakhir adalah melakukan identifikasi konsumen yang potensial guna menciptakan konsumen yang puas dan loyal dengan produk yang Anda miliki.

Seberapa baik dan tepat analisa pasar yang Anda lakukan tanpa diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik, maka hasilnya tidak akan bisa sukses.

 

DAFTAR PUSTAKA

(Mohamadi, 2023)

 

Mohamadi, R. F. (2023, januari). Pentingnya Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis Anda. Retrieved from https://www.jurnal.id/id: https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar