Desember 07, 2023

Membuka Jendela Bisnis: Mengenal Pasar dan Pelanggan Anda


 Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat, ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan pada umumnya berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal serta berusaha memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi perusahaan pesaing. Perusahaan yang menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. 


Pengembangan pasar merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan. Hal ini melibatkan perusahaan untuk mencari segmen pasar baru untuk produknya. Kegiatan ini merupakan salah satu pilihan untuk mengembangkan perusahaan. Jika wilayah penjualan diperluas dengan pasar baru, maka volume penjualan akan meningkat. Pengembangan pasar tidak melibatkan produk, karena perusahaan hanya menjual produk ke segmen baru. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Keuntungan Melakukan Pengembangan Pasar

Kelebihan strategi pengembangan pasar yaitu mendapat pelanggan baru yang meningkatkan penjualan dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Strategi Pengembangan Pasar

Strategi pengembangan pasar ke pasar baru ini dijalankan dengan cara memperluas area wilayah yang baru, menambah segmen yang baru, merubah dari bukan pemakai menjadi pemakai dan menarik pelanggan dari pesaing. Berikut ada beberapa pedoman terkait strategi pengembangan pasar secara efektif:

  1. Saluran distribusi baru yang lebih handal, murah berkualitas dan tentunya bagus

  2. Ada kelebihan kapasitas produksi

  3. Perusahaan berhasil meraih kesuksesan pada apa yang dilakukan

Strategi pengembangan pasar dapat diterapkan secara kombinasi strategi dengan strategi lain

 (pengembangan produk, diversifikasi, penetrasi pasar dan integrasi) atau dapat diterapkan tanpa kombinasi. Strategi pengembangan pasar memahami biaya investasi, tujuan anggaran pengembangan pasar, peran manajer dan juga parameter keberhasilan.


Cara Melakukan Pengembangan Pasar

 Jika hasil penjualan anda tengah stuck pada angka yang rendah, tentu hal ini membuat pusing kepala. Grafik penjualan yang landai tanpa ada kenaikan signifikan akan membuat mendidih kepala. Belum lagi jika harus mengalami penurunan penjualan entah karena keadaan sosial atau pengaruh stock bahan. Coba pertimbangkan dan lakukan strategi berikut:

  1. Memaksimalkan Teknologi Digital Sebagai Media Iklan dan Pemasaran

Metode ini dilakukan agar perusahaan semakin dekat dengan konsumen serta lebih peka terhadap kebutuhan dan permintaan pasar, mengingat seluruh masyarakat sudah populer dengan kegiatan di dunia maya dalam kesehariannya. Modern ini, seluruh entitas perusahaan terkemuka telah memiliki akun sosial media resmi selain email dan website.Hal tersebut seperti Instagram, Twitter, Facebook bahkan aplikasi pesan WhatsApp. Melalui akun sosial media, konsumen dapat melihat lebih banyak aktivitas perusahaan dan akan mendapat informasi terkini terutama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Menentukan Harga Ideal Berdasarkan Survei dan Pengumpulan Data Harga di Pasaran

Harga terbaik yang dimaksud adalah standar yang paling ideal berdasarkan kondisi ekonomi sekitar, kebutuhan pangsa pasar, harga bahan sebagai modal dan keuntungan yang didapat. Semua harus ter komposisi dengan proporsi yang sesuai agar konsumen puas dan kembali untuk membeli, namun perusahaan tidak merugi. Konsumen biasanya akan melakukan survei atau mencari informasi mengenai harga terbaik dengan kualitas produk atau jasa yang recomended, maka sebagai strategi pengembangan pasar, penting untuk mematok harga yang paling ideal agar para konsumen berdatangan, pun dengan laba yang mengalir.

  1. Memahami Persaingan Pasar

Dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang sangat wajar, karena semua pelaku usaha bergerak untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sebagai pengusaha, Anda harus memahami persaingan pasar yang terjadi, maksudnya adalah para perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Dengan memahami persaingan pasar, maka Anda dapat mengatur strategi atau langkah jitu demi menggerakkan penjualan yang tinggi. Berdasarkan pengamatan persaingan pasar yang terjadi, Anda bisa mengetahui apa yang sedang diburu konsumen dan apa yang paling menarik bagi konsumen. Namun penting untuk diingat bahwa dalam berbisnis semua pihak wajib menjaga persaingan agar tetap sehat. Artinya tidak ada tindakan yang saling merugikan antar sesama, serta tetap kompetitif dan sportif dalam persaingan.

  1. Membuat Inovasi Varian Produk Baru atau Upgrade Layanan

Manusia adalah makhluk yang cenderung bosan dengan sesuatu yang monoton. Masyarakat kerap menuntut inovasi dan kreasi yang menggugah. Meskipun menjaga orisinalitas memang diutamakan, namun membuat inovasi varian baru akan memberi warna yang lebih memikat.

  1. Membuat Nama Bisnis/Lini Produk

Nama adalah hal pertama yang diingat orang tentang perusahaan Anda. Nama merupakan ujung tombak untuk menyampaikan posisi, nada, dan nilai-nilai produk Anda. Nama juga merupakan alat untuk menghasilkan hubungan emosional dengan konsumen. Nama bisnis yang bagus dipilih dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Oleh karenanya itu  buatlah nama yang menarik dan unik.

B. Pelanggan

Pelanggan atau customer adalah individu atau organisasi yang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. pelanggan memiliki peran yang sangat penting karena mereka merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan. Dalam era digital saat ini, pelanggan berperan sebagai komunitas yang dapat memberikan umpan balik dan ulasan produk atau layanan secara publik melalui media sosial dan platform online lainnya.

  1. Mengapa Menjaga Pelanggan Penting Bagi Bisnis?

Menjaga pelanggan merupakan aspek yang sangat penting bagi bisnis karena memiliki dampak langsung pada kesuksesan dan kelangsungan perusahaan kita. Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia yang berulang kali melakukan pembelian, meningkatkan pendapatan perusahaan. Selain itu, pelanggan yang puas juga cenderung merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, berperan sebagai agen pemasaran tanpa biaya tambahan, meningkatkan citra merek dan menarik calon pelanggan baru. Selain mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru, menjaga pelanggan yang ada juga membantu mengurangi risiko perubahan tren pasar atau persaingan yang ketat.

  1. Apa Saja Karakteristik Pelanggan?

Terdapat enam karakteristik pelanggan, yaitu:

  1.  pelanggan baru

 orang yang baru memulai untuk mencoba gunakan produk/layanan bisnis Anda. Pelanggan baru bisa didapatkan berdasarkan rekomendasi pelanggan bisnis ataupun bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru sendiri.

  1.  potensial

orang yang memiliki kemungkinan besar untuk menggunakan produk atau jasa Anda karena mereka memiliki ketertarikan pada bisnis Anda. 

  1.  impulsif

orang yang secara mendadak atau spontan membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda. Dibandingkan karakteristik lainnya, pelanggan impulsif lebih mudah untuk meyakinkan mereka. Karena mereka cenderung cepat membeli produk yang mereka inginkan.

  1.  hemat

pelanggan yang menyukai promosi yang sedang berlangsung. Misalnya, terdapat diskon,cashback, potongan harga, buy 1 get 1, ataupun promo lainnya.

  1.  loyalitas dan pelanggan yang berkembang.

orang yang cenderung menggunakan produk atau jasa hanya pada satu brand secara terus-menerus. Artinya, mereka tidak mudah digoyahkan untuk berpaling pada kompetitor lain. 

  1. Pelanggan Yang Berkembang

Pelanggan yang berkembang hampir sama seperti pelanggan loyalitas. orang yang menggunakan produk atau jasa bisnis Anda secara berkelanjutan dan menawarkannya juga kepada orang lain.

Apa Saja Jenis-Jenis Pelanggan Dalam Bisnis?

  1. Pelanggan Internal

orang yang membeli dan menggunakan produk/jasa bisnis yang masih berada dalam lingkup bisnis saya dan menjual kembali kepada orang lain. Misalnya agen atau instansi/organisasi yang telah melakukan kerja sama untuk menjual kembali produk/jasa saya. Pelanggan internal membutuhkan dukungan, baik secara sistem maupun struktur kerja untuk  mengoptimalkan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin.

  1. Pelanggan Eksternal

seseorang yang membeli dan menggunakan produk/jasa untuk dirinya sendiri. Untuk memberikan kepuasan pelanggan eksternal, bisnis Anda perlu memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Sehingga bisnis Anda yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan.

  1. Pelanggan Antara (Perantara)

seseorang atau sekelompok individu yang tidak menggunakan produk/jasa bisnis seperti pelanggan internal, namun tidak berasal dari lingkup perusahaan.


Bagaimana Cara Mencari Pelanggan?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencari pelanggan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Pemasaran Digital

Pemasaran digital melibatkan penggunaan internet dan platform online untuk mencari dan menjangkau pelanggan potensial. dapat mencakup strategi seperti pemasaran konten, iklan online, optimisasi mesin pencari (SEO), media sosial, dan email marketing. 

  1. Referensi dari Pelanggan yang Sudah Ada

Meminta pelanggan untuk memberikan referensi atau rekomendasi kepada teman dan keluarga mereka adalah cara yang efektif untuk mencari pelanggan baru.

  1. Mengadakan Acara dan Pameran

Menghadiri atau mengadakan acara atau pameran industri adalah kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon pelanggan. Sehingga memungkinkan Anda untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda, memberikan demo, dan menjawab pertanyaan dari calon pelanggan yang berpotensi tertarik.

  1. Penawaran Khusus dan Diskon

Menawarkan promosi khusus, diskon, atau program loyalitas dapat menarik perhatian pelanggan baru. Diskon atau penawaran khusus tertentu dapat menjadi pendorong bagi calon pelanggan untuk mencoba produk atau layanan Anda, dan mungkin mengarah pada konversi menjadi pelanggan tetap.

  1. Segmentasi Pasar

dapat lebih fokus dalam menargetkan pangsa pasar bisnis Anda dengan strategi promosi yang tepat. Sehingga promosi lebih optimal dan pendapatan bisnis lebih meningkat.

Perbedaan Hubungan Pembeli dan Penjual

Hubungan Antara konsumen dan penjual kadang-kadang bersifat tidak pribadi dan berumur pendek, 

hubungan itu seringkali berupa interaksi satu kali yang dilakukan secara singkat. 

 

Daftar Pustaka 

Web atau Blog:

https://www.barantum.com/blog/pelanggan-adalah/

https://kiriminaja.com/blog/memahami-pengembangan-pasar-mulai-dari-contoh-hingga-strateginya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar