Januari 04, 2024

Menyusun Rencana Bisnis yang Tangguh: Peran Model Bisnis dalam Pengembangan Bisnis

Menyusun Rencana Bisnis yang Tangguh: Peran Model Bisnis dalam Pengembangan Bisnis

 



 

Oleh: Andra Arman Ramadhan

Kode Pembisnis; AD22-Andra

 

Pendahuluan

Menyusun rencana bisnis yang tangguh melibatkan beberapa langkah penting seperti melakukan riset pasar dan kompetitor, membuat deskripsi bisnis, mengetahui SWOT bisnis yang dijalankan, mengembangkan rencana kelangsungan bisnis, Sementara itu, model bisnis memainkan peran kunci dalam pengembangan bisnis dengan menyediakan kerangka kerja untuk merencanakan bagaimana perusahaan akan menghasilkan keuntungan, membantu dalam perencanaan strategis, pengidentifikasian produk dan pasar sasaran, penentuan keuntungan dan nilai yang ditawarkan, dan pengembangan rencana bisnis yang terstruktur dan jelas.

 

Rencana bisnis yang tangguh dapat dikembangkan dengan memahami beberapa langkah yang penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti;

 

1. Melakukan riset pasar dan kompetitor : Mengetahui target pasar dan analisis kompetitor sangat penting untuk menentukan strategi bisnis yang baik. Langkah pertama ini sangat penting agar bisa menentukan target pasar bisnis. Dengan ini, Anda juga bisa memanfaatkan celah pesaing dan memanfaatkan hal ini untuk menampilkan kelebihan bisnis yang dimiliki.

 

2. Membuat deskripsi bisnis : Membuat deskripsi secara detail mengenai bisnis yang akan dijalankan, mulai dari latar belakang, visi-misi, struktur organisasi hingga tujuan dalam bisnis. Buatlah deskripsi dengan semenarik mungkin agar bisa memikat siapa pun yang membaca rencana bisnis anda.

 

3. Mengetahui SWOT bisnis yang Dijalankan : Mengetahui kekuatan, kesalahan, peluang, dan ancaman yang mungkin mempengaruhi bisnis Anda. Strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) adalah analisis yang cukup dalam terkait bisnis anda. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dalam bisnis anda.

 

4. Membuat penganggaran : Membuat rencana pendapatan dan pengeluaran untuk setiap periode bisnis. Penganggaran ini juga merupakan langkah penting dalam membuat rencana bisnis agar Anda dapat mengetahui apa saja dana bisnis yang digunakan.

 

Beberapa peran utama model bisnis dalam pengembangan bisnis meliputi;

 

1. Perencanaan Strategis : Model bisnis membantu dalam perencanaan strategi dengan menggambarkan bagaimana perusahaan akan menghasilkan keuntungan dan bersaing di pasar.

 

2. Pengidentifikasian Produk dan Pasar Sasaran : Melalui model bisnis, perusahaan dapat mengidentifikasi produk atau layanan yang akan ditawarkan serta target pasar yang akan dilayani.

 

3. Penentuan Keuntungan dan Nilai yang Ditawarkan : Model bisnis membantu dalam menentukan bagaimana perusahaan akan memperoleh keuntungan dan nilai apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

 

4. Pengembangan Rencana Bisnis yang Terstruktur dan Jelas : Dengan memahami model bisnis, perusahaan dapat mengembangkan rencana bisnis yang lebih terstruktur dan jelas.

 

Kesimpulan:

Mengembangkan rencana bisnis yang tangguh memerlukan langkah-langkah kunci seperti riset pasar, deskripsi bisnis yang detail, analisis SWOT, dan penganggaran. Sementara itu, model bisnis memainkan peran penting dalam pengembangan bisnis dengan memberikan kerangka kerja untuk perencanaan strategis, identifikasi produk dan pasar sasaran, penentuan keuntungan, serta pengembangan rencana bisnis yang terstruktur. Dengan memahami langkah-langkah tersebut dan memanfaatkan model bisnis, perusahaan dapat merancang strategi yang kokoh untuk mencapai kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

 

 

Daftar Pustaka

Jurnal

https://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/view/22976

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons.

 

Blog/website

https://sekawanstudio.com/blog/mengulas-model-bisnis/

 

Artikel

https://warstek.com/mengenal-rencana-bisnis-dan-model-bisnis/

 

Buku

“Ide dan Peluang Entrepreneur Era Digital” Oleh Dr. H. Hamdan, MM (2023)

"Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan" Oleh Arif Yusuf Hamali. S.s. (2016)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar