Februari 01, 2024

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

 Manajemen Sumber Daya Manusia (HR Management)

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu bidang manajemen yang penting dalam perusahaan. Seperti kita ketahui bahwa SDM merupakan otak dalam sebuah bisnis, sebuah bisnis akan terus berkembang dan menjadi besar dipengaruhi oleh kualitas SDM dalam perusahaan. Sebuah perusahaan harus mempunyai strategi manajemen SDM yang baik agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar dan turn over perusahaan rendah. Sehingga perusahaan dapat menjalankan bisnisnya tanpa masalah-masalah SDM.

Manajemen SDM akan mengusahakan bahwa pekerja memiliki kinerja yang tinggi, turn over yang rendah, serta kesejahteraan yang terjamin.

Fungsi manajemen sumber daya manusia:

1.     Perencanaan Sumber Daya Manusia

    Perencanaan ini meliputi berbagai hal misalnya rencana rekrutmen, proses seleksi, serta pengadaan training. Tidak hanya itu, perencanaan sumber daya manusia juga merupakan proses menentukan kompensasi, metode penilaian kinerja, pemberian rewards dan punishment yang sekiranya meningkatkan performa pekerja, dan lain sebagainya.

2.     Perekrutan dan Pemberhentian Pekerja

    Melalui rekrutmen perusahaan dapat memperoleh pekerja dengan performa yang diharapkan mampu sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Selain proses rekrutmen juga proses resign pekerja. Sebelum menyetujui, manajemen sumber daya manusia dapat melakukan evaluasi tentang alasan apa yang mendasari proses pengunduran diri pekerja.

3.     Evaluasi dan Penilaian Pekerja

Penilaian kinerja akan membuat perusahaan mengetahui progress pekerjaan setiap pekerja dan membuat perusahaan semakin mudah untuk menentukan tahapan apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan mereka.

4.     Perencanaan Career Path (Jenjang Karir) Pekerja

Pengembangan dan kenaikan jabatan

5.     Perencanaan dan Pemberian Kompensasi Pekerja

Untuk mengatur dan mengelola perencanaan kompensasi yang menarik sehingga pekerja dapat loyal kepada perusahaan dan tingkat turn over perusahaan menjadi rendah. 

6.     Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development)

Pelatihan berupa seminar, kursus, workshop, dan lainnya kepada pekerja yang menunjang pekerjaan

7.     Memastikan Kesehatan dan Keselamatan Pekerja

8.     Memastikan Efektivitas Hubungan Kerja

Menjaga hubungan baik dengan serikat pekerja sehingga aksi demo tidak terjadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar