Februari 11, 2024

PERAN TEKNOLOGI TERHADAP KEMUDAHAN WIRAUSAHA DI ERA DIGITA

 

PERAN TEKNOLOGI TERHADAP KEMUDAHAN WIRAUSAHA DI ERA DIGITAL



Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis atau usaha di era digital. Termasuk di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan dapat terus berkembang dengan kondisi pasar yang luas. Adanya potensi yang ada menyebabkan banyak orang yang ingin memulai usaha. Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis tidak hanya bersaing dengan pengusaha lokal tetapi juga international yang tentu saja mereka memiliki sumber daya serta teknologi yang lebih canggih. Penggunaan teknologi yang canggih maka dapat meningkatkan efisiensi dalam bisnis, seperti proses produksi akan lebih cepat, sumber daya dapat optimal, memberikan pelayanan kepada pelanggan lebih cepat, serta memberikan kualitas produk yang baik. Sehingga dengan adanya teknologi maka pengusaha dapat mencapai tujuan bisnisnya.

 

Pendahuluan

Wirausaha merupakan seorang individu yang mendirikan, mengelola dan mengembangkan bisnisnya dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah dan mendapatkan keuntungan dengan segala risiko yang ada. Sedangkan wirausaha digital yaitu fenomena yang muncul ketika terjadi perkembangan teknologi, dimana penjualan produk atau jasa dilakukan melalui jejaring elektronik dengan teknologi internet (Guthrie, 2014). Secara sederhana bahwa usaha yang berjalan tradisional kemudian didigitalisasikan baik dari segi komunikasi maupun distribusi. Dengan perkembangan teknologi tentu saja seorang wirausaha dituntut untuk dapat menciptakan produk yang inovatif, distribusi yang tepat dan cepat, tempat kerja yang memiliki akses internet, serta dapat mencapai peluang pangsa pasar yang luas. Oleh karena itu pengusaha harus dapat terus memperbaharui serta meningkatkan teknologi yang dimiliki agar dapat terus bertahan dan bersaing di pasar.

Pembahasan

Kewirausahaan memiliki peran yang penting dalam kondisi perekonomian negara agar menjadi lebih baik. Masyarakat yang memiliki sebuah usaha dapat membuka peluang kerja bagi orang lain. Seperti yang dibahas pada modul menurut Suprapto bahwa kewirausahaan memiliki empat manfaat sosial,  antara lain dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, dapat menciptakan teknologi, inovasi jasa dan produk, serta meremajakan pasar.

Perkembangan Bisnis Digital berjalan sangat cepat, oleh karena itu pengusaha juga harus bisa mengikutinya agar tetap dapat berkembang. Potensi untuk mengembangkan usaha meningkat, dengan digitalisasi usaha dari usaha offline menjadi online yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan teknologi khususnya internet maka dapat memudahkan siapapun untuk memulai berwirausaha dengan menawarkan barang atau jasanya langsung kepada customer.

Menurut Suprapto, terdapat beberapa peranan teknologi dalam kewirausahaan, antara lain:

  1. Munculnya beberapa profesi baru yang belum ada sebelumnya, seperti Host Live Streaming, Content Creator, Marketplace Specialist, dll
  2. Munculnya beberapa perusahaan yang berbasis digital, seperti Gojek, Grab, Shopee
  3. Hadirnya Artificial Intelligence (AI) yang dianggap kecerdasan yang dibuat oleh manusia
  4. Banyaknya peluang usaha baru bagi individu yang ingin memulai wirausaha
  5.  Hadirnya internet dapat menjangkau pasar yang lebih luas
  6. Permintaan tenaga kerja IT mengalami peningkatan
  7. Standar baru untuk para pekerja dimana harus paham mengenai teknologi

Hingga tahun 2023, dengan perkembangan teknologi sukses memanfaatkannya di era digital hingga menjadi perusahaan unicorn, seperti GoTo, Bukalapak, Kopi Kenangan, J&T, Dana, dll (Nurul, 2023). Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan contoh mendapatkan keberhasilannya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital ini.

 

Kesimpulan dan Saran

Era modern ini wirausaha tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Penggunaan teknologi sangat mempengaruhi bagaimana kesuksesan dalam wirausaha. Penggunaan teknologi yang tepat dapat mengembangkan sebuah bisnis hingga mencapai kesuksesannya. Sehingga bisnis akan dapat terus bersaing dan dapat bertahan di era digital yang tentu saja kedepannya akan semakin berkembang.

Saran untuk para wirausaha harus melek teknologi, segera beralih dari bisnis konvensional atau tradisional menjadi bisnis yang berbasis teknologi agar dapat terus berkembang dan bertahan di pasar.

Daftar Pustaka

Guthrie, C. (2014), “The digital factory: a hands-on learning projectdigital entrepreneurship”, Journal of Entrepreneurship Education, Vol. 17 No. 1, pp. 115-133.

Nurul Aini. (2023), Pengembangan Kewirausahaan Digital di Indonesia, Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 14 No.2, 2023 – 243.

Suprapto. Entrepreneurship and Future of Tech, Modul Pembelajaran Kuliah, Biro Bahan Ajar E-learning dan MKCU Universitas Mercu Buana.

Zulkifli. Kesuksesan Wirausaha di Era Digital dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan (Study Literature), Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 01, No. 02, Februari, pp. 81-96.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar