Februari 07, 2024

Strategi Pemasaran PT. Batik Danar Hadi Solo



Strategi Pemasaran PT. Batik Danar Hadi Solo
(Studi kasus PT. Batik Danar Hadi Solo)

Mira Monalisa
@AF-07


Abstrak

PT. Batik Danar Hadi, perusahaan perdagangan batik, mengalami peningkatan permintaan konsumen terhadap batik. Untuk tetap bersaing, perusahaan perlu memahami dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis, mengarahkan sumber daya secara efektif, dan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. PT. Batik Danar Hadi menerapkan strategi pemasaran dengan mengembangkan pasar, menerapkan bauran pemasaran, dan fokus pada promosi. Strategi promosi yang dilakukan meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Melalui strategi ini, perusahaan berusaha untuk memperkenalkan produk-produknya secara kontinyu dan meningkatkan volume penjualannya. 

Kata kunci: strategi pemasaran, PT. Batik Danar Hadi, promosi.


Pendahuluan:

    PT. Batik Danar Hadi adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan yaitu batik. Perkembangan batik dewasa ini sangat meningkat. Hal ini didukung dengan permintaan konsumen yang semakin bertambah. Batik yang semula hanya digunakan sebagai pakaian yang eksklusif oleh keluarga kraton di Jawa, kini telah meluas ke masyarakat umum sebagai bahan sandang. Dengan adanya variasi motif batik yang berasal dari modifikasi modern dan dipadukan dengan motif tradisional telah mempercepat pemasyarakatan batik di kalangan umum. 

    Batik kini telah menjadi komoditi industri yang bersifat masal. Karena semakin banyak perusahaan batik yang tersebar di Indonesia, maka persaingan dalam menjalankan usaha tidak dapat dihindari lagi. Agar perusahaan ini tetap dapat bertahan maka harus cermat dalam mengamati perusahaan pesaing dan keadaan pasar serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam pengembangan usahanya. Salah satu keberhasilan perusahaan ini adalah kemampuan perusahaan dalam melaksanakan dan mengelola strategi promosi sehingga volume penjualan produk mereka mengalami peningkatan.

    Strategi promosi merupakan salah satu aspek penting dalam strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh seorang pengusaha, sehingga tinggi rendahnya hasil penjualan ditentukan oleh baik buruknya strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan organisasinya. Hal ini telah menjadi faktor kunci bagi suksesnya sebuah usaha di tengah persaingan yang makin ketat. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dan ketrampilan agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang. Perusahaan harus mampu mengelola strategi pemasaran dalam upaya peningkatan target penjualan. Keberhasilan suatu perusahaan dalam menjual produk-produknya secara kontinyu dengan volume penjualan yang tinggi, tidak terlepas dari strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Strategi promosi yang efektif dan efisien dapat mempercepat pengenalan produk-produk yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga mereka tertarik dan kemudian menbelinya.

    Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana PT. Batik Danar Hadi Solo dalam melakukan strategi promosi dalam upaya peningkatan penjualan produk-produknya secara kontinyu.

Permasalahan:

    Bagaimana PT. Batik Danar Hadi yang berlokasi di Surakarta, dalam melakukan strategi pemasaran sebagai alat utama untuk memperkenalkan produk-produk yang dihasilkannya serta dapat mencapai target penjualan yang diharapkan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan.

Pembahasan:

    Memahami strategi pemasaran memiliki peran yang penting dan beragam bagi sebuah perusahaan. Para pelaku bisnis memahami bahwa, beberapa alasan mengapa penting untuk mamahami strategi pemasaran (Fawzi dkk, 2022). Strategi pemasaran membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka. Dengan memahami strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat mengarahkan sumber daya dan upaya mereka secara efektif untuk meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, meningkatkan kesadaran merek, atau mencapai tujuan bisnis lainnya. Dengan strategi pemasaran juga dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Hal ini dapat dicapai melalui pemahaman yang mendalam tentang pasar, pelanggan dan tren industry, perusahaan dapat melakukan analisis yang lebih baik, mengidentifikasi peluang dan ancaman, dan merancang strategi yang lebih efektif. 

    Dalam mencapai tujuan perusahaan, PT. Batik Danar Hadi menerapkan strategi pemasaran yaitu dengan mengembangkan pasar secara keseluruhan dengan memperluas pasar yang sudah ada. Selain itu, agar mencapai sasaran pasar tersebut perusahaan ini juga menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) perusahaan dengan menciptakan dan menjadi kesesuaian bauran pemasaran yaitu perpaduan antar produk, harga, distribusi dan promosi. Seperti mempertahankan kualitas mutu produk, penetapan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen, saluran distribusi yang memadai serta meningkatkan kegiatan promosi.

    Promosi adalah strategi yang digunakan untuk membujuk pelanggan agar membeli suatu produk dengan cara memperkenalkan produk tersebut, membuat mereka senang dalam prosesnya, dan memengaruhi keputusan pembelian mereka. Menurut Kotler dan amstrong, promosi adalah tindakan di mana organisasi berusaha untuk menerangi dan mengingatkan klien baik secara langsung maupun secara tidak langsung tentang merek dan barang yang dijualnya. Promosi juga merupakan semua jenis kegiatan pemasaran yang di tunjukan untuk mendorong permintaan konsumen atas produk yang ditawarkan produsen atau penjual dengan tujuan sebagai bentuk untuk memodifikasi tingkah laku konsumen membujuk serta memotivasi konsumen agar berminat membeli produk yang ditawarkan promosi juga sebagai bentuk untuk selalu mengingatkan kepada pembeli agar tidak beralih menggunakan produk lain.

    Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Batik Danar Hadi di Surakarta adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Periklanan terdiri dari spanduk, iklan majalah atau koran, radio/televise, brosur atau leaflet. Personal selling terdiri dari barang-barang cetak, in-exterior dan display, email. Promosi penjualan terdiri peragaan busana, pameran dagang, pembagian kupon, diskon atau potongan harga. Publisitas terdiri dari promosi sponsorship dan sosial serta internet (website). Strategi promosi yang utama dilakukan oleh PT. Batik Danar Hadi yaitu peragaan busana karena calon pembeli atau konsumen dapat melihat dan menilai secara langsung.

Kesimpulan:

    Dalam dunia yang terus berkembang, manajemen pemasaran PT Batik Danar Hadi Solo terus menunjukkan dedikasinya untuk mempertahankan keindahan dan keaslian batik Indonesia sambil tetap relevan dengan tuntutan zaman. Dengan kombinasi keunikan produk, branding yang kuat, inovasi, strategi pemasaran, strategi promosi dan keterlibatan dalam pemberdayaan masyarakat, perusahaan ini tidak hanya menjadi pelopor dalam industri batik, tetapi juga menjadi duta kebudayaan Indonesia yang elegan dan modern.


Daftar Pustaka

  • Atep Afia Hidayat, Ir.MP, 2024, Business Strategy: Manajemen Pemasaran, Universitas Mercu Buana, Jakarta.
  • Danang Sunyoto, 2015, Strategi Pemasaran, Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta
  • Dr. I Made Darsana, S.E., M.M. dkk, 2023, Strategi Pemasaran, Penerbit Intelektual Manifes Media, Bali
  • Dwi Rahmini, 2009, Strategi Promosi PT. Batik Danar Hadi Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
  • Etta Mamang Sangadji Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Andi Offset, Yogyakarta.
  • Machmud Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran. Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
  • Mukarromah Dian Mayasari, 2009, Strategi Pemasaran Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar