Maret 31, 2024

Manajemen Tim dan Kontrol Kualitas Dalam Keberhasilan Bisnis LaSha Scented Candle

Nama: Vanisha Putri Kania

Kode Pebisnis: AH14






 Manajemen Tim dan Kontrol Kualitas Dalam Keberhasilan Bisnis LaSha Scented Candle



Abstrak: Artikel ini mengamati hambatan yang dihadapi oleh LaSha Scented Candle, sebuah usaha home made yang bergerak dalam produksi lilin aromaterapi, khususnya terkait dengan penerapan manajemen mutu atau Total Quality Management (TQM) dan manajemen tim. Artikel ini mengidentifikasi hambatan dalam kontrol kualitas dan manajemen tim yang mempengaruhi efisiensi operasional dan konsistensi produk. Terjadinya prosedur yang kurang memadai untuk mengidentifikasi variasi dalam setiap produk menjadi masalah utama dalam kontrol mutu. Sementara itu, kurangnya koordinasi dan komunikasi di antara tim serta kurangnya pemahaman mengenai peran dalam tim dan pentingnya kontrol kualitas menjadi fokus utama dalam manajemen tim. Artikel ini memberikan perhatian yang menyeluruh tentang kedua permasalahan tersebut dan menawarkan solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan menyelesaikan permasalahan ini, LaSha Scented Candle akan dapat mempertahankan standar kualitas produk yang tinggi, melambungkan citra brand, dan memenuhi harapan pelanggan secara konsisten.

Kata Kunci: Manajemen Tim, Total Quality Management, Kontrol Kualitas, Usaha Lilin Aromaterapi, LaSha Scented Candle.

 


Pendahuluan

Manajemen tim merupakan kemampuan penting dalam mengatur dan mengoordinasikan sekelompok individu dalam menjalankan tugas. Hal ini melibatkan kerja sama, komunikasi, penetapan tujuan, dan penilaian kerja. Tim manajemen, yang bertanggung jawab atas keputusan strategis dan kesatuan karyawan, memiliki peran penting dalam mengelola organisasi menuju kesuksesan.. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mencapai efisiensi dalam manajemen adalah sistem manajemen mutu, seperti Total Quality Management (TQM), yang menekankan pada pengawasan setiap aspek kegiatan untuk mempertahankan kualitas dan memenuhi standar mutu internasional. Sehubungan dengan hal tersebut, pengelolaan manajemen tim dan implementasi TQM menjadi kunci utama dalam memastikan kualitas produk yang terjaga dan keberlanjutan bisnis. Dalam artikel ini, akan  membahas mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi LaSha Scented Candle dalam hal manajemen tim yang efektif dan kontrol kualitas yang memadai, serta bagaimana cara menghadapi tantangan

 


Isi atau Permasalahan 

Dalam mengelola bisnis lilin aromaterapi seperti LaSha Scented Candle, dua permasalahan utama yang dihadapi adalah manajemen tim yang kurang efektif dan kontrol kualitas yang kurang memadai. Kurangnya komunikasi dan pengelolaan sistem atau prosedur yang memadai untuk mendeteksi perbedaan dalam karakteristik produk merupakan tantangan utama dalam kontrol kualitas. Misalnya, kurangnya pengujian yang menyeluruh dalam proses produksi dapat menyebabkan ketidakmampuan dalam mengidentifikasi potensi cacat atau variasi dalam produk. Sementara itu, dalam manajemen tim, perlu diatasi kurangnya koordinasi dan komunikasi di antara anggota tim serta kurangnya pemahaman anggota tim mengenai peran dan pentingnya kontrol kualitas. Tanpa kerjasama yang baik antar tim, sulit untuk menjalankan prosedur kontrol kualitas yang telah ditetapkan dengan efektif.

 

 

Pembahasan

Dalam artikel ini, fokus utama diberikan pada dua hal penting yang mempengaruhi kualitas produk dan keberlanjutan usaha LaSha Scented Candle, yaitu manajemen tim yang efektif dan kontrol kualitas yang memadai. Manajemen tim yang baik dan penerapan manajemen mutu atau sama halnya dengan Total Quality Management (TQM) memiliki peran inti dalam memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi. Manajemen tim yang efektif memastikan bahwa semua anggota tim dapat berkolaborasi secara harmonis dan produktif dalam mencapai tujuan bersama. Dimulai dengan cara saya harus memastikan bahwa pembagian tugas dan tanggung jawab ke setiap anggota tim harus secara jelas, dengan mengidentifikasi bidang keahlian masing-masing anggota tim dan memberikan tanggung jawab yang sesuai. Hal tersebut berkaitan dengan bahwa saya harus membangun dan menciptakan komunikasi yang baik di dalam usaha ini. Dalam usaha LaSha Scented Candle ini dibagi menjadi beberapa tim, yaitu Tim Produksi, Tim Kreatif, dan Tim Pemasaran. Job description dari ketiga tim tersebut harus dijelaskan secara lugas dan jelas. Dengan demikian, setiap anggota dari masing-masing tim akan merasa memiliki kontribusi yang signifikan dalam mencapai usaha LaSha Scented Candle ini akan memberikan kualitas dan pelayanan yang baik. Selain itu, saya akan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung, seperti memberikan feedback yang baik dan positif ke setiap anggota tim dan memotivasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi usaha ini.

Sementara itu, penerapan Total Quality Management (TQM) memastikan bahwa setiap tahapan produksi dipantau secara cermat untuk memastikan konsistensi kualitas. TQM melibatkan identifikasi proses-produksi yang dianggap penting, pengukuran kinerja, dan penerapan perbaikan berkelanjutan. Dalam penerapan TQM, saya yakin bahwa manajemen tim yang efektif memainkan peran yang penting dalam memastikan bahwa setiap langkah dalam proses produksi dilaksanakan dengan teliti dan efisien. Saya memastikan bahwa setiap anggota tim terlatih dengan baik dan memahami peran masing-masing dalam proses produksi, sehingga mereka lebih mungkin untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan. Selain itu, penerapan TQM membantu saya dalam mendeteksi serta mencegah cacat produk dari tahap awal produksi, yang mana menghasilkan produk akhir yang lebih berkualitas. Hal tersebut dapat saya atur dimulai dengan melakukan analisis terhadap setiap tahapan produksi, dimulai dari pembelian bahan baku hingga produk jadi. Dengan memadukan manajemen tim yang efektif dan penerapan TQM, saya yakin bahwa LaSha Scented Candle dapat menjaga standar kualitas produk yang tinggi. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan citra brand LaSha Scented Candle, tetapi juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan serta memperluas pangsa pasar. Selain itu, penerapan TQM membantu saya dan anggota tim dalam mendeteksi serta mencegah cacat produk dari tahap awal produksi, yang mana menghasilkan produk akhir yang lebih berkualitas.

 

Kesimpulan

Berdasarkan permasalahan dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen tim yang efektif dan penerapan Total Quality Management (TQM) memainkan peran penting dalam menjaga kualitas produk dan keberlanjutan bisnis LaSha Scented Candle. Dengan membangun komunikasi yang baik di antara anggota tim, membagi tugas dengan jelas, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif, LaSha Scented Candle dapat meningkatkan efisiensi operasional dan konsistensi produk. Selain itu, penerapan TQM membantu dalam memantau setiap tahap produksi, mencegah cacat produk, dan meningkatkan kualitas akhir produk. Dengan demikian, LaSha Scented Candle dapat mempertahankan standar kualitas yang tinggi, meningkatkan citra brand, memperluas pangsa pasar, dan memenuhi ekspektasi pelanggan dengan konsistensi yang lebih baik.


MIND MAPPING



 


Daftar Pustaka 


  • M. Dr. Joseph Teguh Santoso, "Strategi Membangun Team Work Bagi Pebisnis Pemula," 10 October 2021. [Online]. Available: https://stekom.ac.id/artikel/strategi-membangun-team-work-bagi-pebisnis-pemula.


  • R. Lestari, "ANALISIS MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus pada Usaha Kang Bagong Catering Semarang) SKRIPSI," 2019. [Online]. Available: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10059/1/FULL%20SKRIPSI.pdf. [Accessed 1 April 2024].


  • A. Nabila, "Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan," Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, Vols. III , No 1, pp. 60-61, 2022.


  • A. Pramudya, "Total Quality Management (TQM): Pengertian, Elemen, Manfaat, dan Implementasi," mekari jurnal, 1 December 2023. [Online]. Available: https://www.jurnal.id/id/blog/total-quality-management/. [Accessed 1 April 2024].


  • A. Trans, "Contoh Tim Manajemen Puncak untuk Kinerja Tim yang Lebih Baik di 2024," AhaSlides, 29 January 2024. [Online]. Available: https://ahaslides.com/id/blog/management-team-example/. [Accessed 1 April 2024].


  • A. A. Hidayat, "Modul Perkuliahan II Kewirausahaan 2 "Pengelolaan Sumber Daya Manusia; Pendekatan Mutu Operasionalisasi Wirausaha; Kepemimpinan dan Manajemen Wirausaha; Perizinan dan Pendirian Badan Usaha"," [Online]. [Accessed 1 April 2024].


  • A. A. Hidayat, "Modul Perkuliahan I Kewirausahaan 2 "Tim Manajemen; Penentuan Lokasi dan Fasilitas Pendukung; Orientasi; Sumber Pemodalan dan Investasi"," [Online]. [Accessed 1 April 2024].






 


 

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar