Maret 18, 2024

PERPADUAN MASAKAN TRADISIONAL DAN INTERNASIONAL

 Nama          : Syifa Khairunissa

NIM             : 43223010116

Mata Kuliah : Kewirausahaan 1


Perpaduan Masakan Tradisional dengan Masakan Internasional



Rendang adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang berasal dari Provinsi terkenal dengan kekayaan rasanya yang masuk di lidah berbagai kalangan, bahkan rendang juga sudah masuk kedalam kuliner internasional dan diakui oleh masyarakat luar Indonesia.

Kekayaan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan tersebut membuat cita rasa yang sangat authentic,dengan bahan utama daging yang di olah dengan berbagai macam rempah-rempah dan bumbu khas suku Minangkabau.

 

ASAL USUL RENDANG

Rendang memiliki posisi istimewa dalam budaya masyarakat minang, rendang juga memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat minang Sumatera Barat yaitu musyawarah dan mufakat,yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat minang.

Secara simbolik dagiang (daging sapi) melambangkan “niniak mamak” (para pemimpin suku adat), karambia (kelapa) melambangkan “cadiak pandai” (kaum intelektual),lado (cabai),melambangkan “alim ilama” yang tegas untuk mengajarkan syariat agama,dan pemasak (bumbu) melambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan adat, seperti berbagai upacara adat Minangkabau,kenduri,atau menyambut tamu kehormatan. 

Sementara itu,makanan khas jepang juga sangat banyak diminati di segala kalangan masyarakat Indonesia. Namun, bagaimana jika kedua masakan tersebut di kawinkan atau di padukan menjadi satu hidangan? Ide untuk menggabungkan makanan jepang dengan makanan padang ini terbesit,dengan alasan tidak ingin membuka rumah makan padang yang biasa,kami memberikan sesuatu yang berbeda.

Makanan yang akan kami sajikan memang terlihat sangat jepang. Namun, jika sudah dilidah kita yang tetap menonjol adalah cita rasa Indonesia ala minang.Rendang tamago bowl contohnya, sebuah hidangan nasi dengan telur goreng yang dihiasi sentuhan rendang dan dibawahnya disisipkan daging rendang yang empuk. Dengan daging yang empuk dan rasa rendang yang pas dan rasa rempah yang kuat akan membuat anda puas.

Lalu ada gulai ramen,sebuah hidangan ramen yang dibalut dengan kuah gulai khas minang. Dengan rasa yang gurih , pedas , dan gulai kental membuat paduan rasa menjadi nikmat. Didalamnya terdapat telur rebus, ayam fillet yang di goreng dengan tepung tempura, sawi hijau,wortel,lobak dan nori. Dan menu-menu lainnya yang pastinya sensasi tersebut tidak akan didapatkan di makanan-makanan lainnya.

 


Lalu bagaimana dengan Teknik pemasarannya?

Kami akan membuat brosur kemudian membagikannya di lokasi-lokasi yang sangat ramai dilalui orang. Kemudian, kami akan memposting video-video atau foto-foto yang bersangkutan dengan restaurant kami ke media social atau web yang kami sediakan untuk menampung informasi,saran,dan kesan mengenai restaurant kami. Dekorasi restaurant akan kami buat bernuansa minang bercampur jepang yang sangat nyaman dan indah.

 Untuk kisaran harga tidak usah khawatir. Di sini ditawarkan dari harga Rp 14.000 hingga Rp 60.000. dengan harga yang cukup terjangkau dan rasa yang terjamin akan memberikan kenikmatan tersendiri dari makanan authentic padang yang disajikan ala jepang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar