April 02, 2024

Artikel & Mind Map YourCup

Nama             : Salwa Aulia Safitri
NIM               : 46123010001
Kode Pebisnis: AG13

YOURCUP




ABSTRAK

    “YourCup” merupakan brand FnB yang memproduksi makanan dan minuman ringan namun, tetap memberikan kepuasan dengan beragam kreativitas setiap produknya. Produk “YourCup” menggunakan bahan makanan yang aman dan komitmen untuk menjaga kebersihan, sehingga menghasilkan makanan dan minuman yang higienis. “YourCup” merupakan manifestasi dari pendekatan Design Thinking. dengan menggunakan konsep Design Thinking, “YourCup” fokus untuk terus berinovasi dengan melibatkan pelanggan dalam proses berkembang. Strategi pemasaran “YourCup” menggunakan strategi bentuk makanan dan minuman yang unik sehingga menggugah selera. Dengan terus mengembangkan strategi pemasaran dan kualits produk membuat “YourCup” meningkat secara kreativitas. Kata kunci: YourCup, makanan dan minuman, Design Thinking, unik, kreativitas.

 

PENDAHULUAN

    Food and Beverages adalah bisnis yang bergerak di bidang penyajian makanan dan minuman. Dengan memasuki dunia FnB tentu akan melibatkan proses kreativitas untuk dapat menjalankan tugas-tugas tersebut. Salah satunya adalah bisnis ini dengan nama brand “YourCup” mengutamakan kreativitas dan inovasi produk setiap langkahnya. Dengan menggunakan pendekatan Design Thinking membantu “YourCup” dalam memecahkan masalah serta menghubungkan produk yang diberikan dengan penggunannya. Tak hanya itu, keunikan bentuk dari produk “YourCup” juga akan menggugah selera, namun tidak menghilangkan rasa kepuasan setelah mengonsumsinya. “YourCup” merupakan bukti bahwa makanan atau minuman unik pun mampu memberikan rasa terenaknya serta kepuasan setelah mengonsumsinya.

 

PERMASALAHAN

    Bagaimana “YourCup” mengatasi persaingan bisnis dan menyesuaikan produk dengan peminatan pasar di tengah maraknya perubahan tren?

 

PEMBAHASAN

    “YourCup” merupakan brand yang bergerak di bidang Food and Beverages yang dibuat untuk memberikan solusi kepada orang-orang yang bermasalah terhadap makanan berat dan ingin mengonsumsi makanan ringan dengan masih memberikan sensasi kenyang. Untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana brand ini berkembang dengan pendekatan Design Thinking, maka perlu dipahami 5 tahapan:

·        Empathise.

    Empati dengan orang-orang untuk memahami pengalaman dan motivasi sehingga memperoleh pemahaman pribadi tentang masalah yang terlibat. Sederhananya, Empathise memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Begitupun “YourCup” memahami keinginan orang-orang  dengan melakukan riset mendalam demi mengeluarkan produk terbaik sehingga memuaskan orang-orang.

·      Define.

    Di tahap ini pebisnis harus menganalisis pengamatan untuk menentukan masalah inti yang telah diidentifisikasi. “YourCup” menganalisis hasil dari riset untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana “YourCup” dapat memberikan nilai tambah.

·      Ideate.

    Di tahap ini para pebisnis siap untuk melahirkan ide. Dengan latar belakang yang kuat, pebisnis dapat mulai berpikir di luar kotak untuk mengidentifikasi solusi baru dari pernyataan masalah yang dibuat, dengan begitu akan lebih mudah menemukan cara alternatif untuk melihat masalah.

·       Prototype.

    Pebisnis menguji prototipe produk atau layanan dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik. “YourCup” memulainya dengan meluncurkan produk makanan ringan berbentuk cup yang diisi dengan beragam isian namun akan tetap memberikan kesan kenyang untuk melihat bagaimana proses selanjutnya.

·       Test.

    Setelah mendapat umpan balik yang cukup, maka pebisnis membuat produk dan layanan final. “YourCup” sendiri melanjutkan untuk memasarkan produk dengan rasa dan bentuk yang sama, namun mengganti kemasan menjadi lebih baik dan ramah lingkungan. “YourCup” terus berevolusi untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang konsumen inginkan. Menerima umpan balik secara teratur dari pelanggan akan membantu “YourCup” dalam berevolusi berinovasi menjadi jauh lebih baik lagi.

 

 

KESIMPULAN

 

    “YourCup” tidak hanya sekadar brand Food and Beverages, melainkan sebuah cerminan dari kreativitas serta hubungan yang serat antara pebisnis dengan pelanggan. Pendekatan Design Thinking mampu memberikan “YourCup” beragam ide produk yang tidak hanya sekedar makanan ringan, tetapi juga memberikan sensasi kenyang setelah mengonsumsinya dengan tidak berlebihan. Melalui strategi bentuk makanan dan minuman yang unik, “YourCup” dapat dengan mudah menggugah selera pelanggan.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://dailysocial.id/post/hsbc-asean-growth-fund

https://glints.com/id/lowongan/fnb-adalah/#:~:text=%2Ddi%2Drestoran%2F-,Apa%20Itu%20FnB%3F,restoran%20mewah%2C%20serta%20layanan%20katering.

https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/

Rangkuti, F. (2003). Business Plan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pollack, S. (2012, March 21). What, Exactly, Is Business Development? Retrieved September 22, 2014, from http://www.forbes.com/sites/scottpollack/2012/03/21/what-exactly-is-business-development/

 

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar