April 01, 2024

Inovasi dalam Usaha Rewls.Oat

 

INOVASI BUAH DAN OAT DALAM BENTUK MINUMAN YANG BAIK UNTUK MEMULAI HIDUP SEHAT

Siti Farihah (46123010071)
AG34
Tugas Kewirausahaan 1
sfarihah956@gmail.com 

Abstrak


Dalam Wirausaha kita harus dapat bersaing dan selalu bisa untuk menaikkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan kreativitas dan inovasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Kreativitas dan Inovasi mendukung kegiatan dan aktivitas melakukan berwirausaha. Meteode penelitan menggunakan Penelitan kualitatif dengan pendekan kajian literature, dimana data yang diambil berdasarkan dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan kreativitas dan inovasi sangat membantu kegiatan kewirausahaan. Dalam memulai bisnis ini Rewls.Oat menggunakan aspek kreatif, dimana banyak yang bilang “ide” itu mahal. Tentunya bukan sembarang ide, melainkan ide yang mempunyai nilai bisnis dan ide tersebut dituangkan dalam sebuah rencana bisnis atau business plan. Banyak orang mempunyai ide-ide cemerlang, gagasan-gagasan yang hebat dan mempunyai nilai bisnis yang tinggi, namun gagasan-gagasan tersebut masih sekedar gagasan atau bahkan impian sesaat karena gagasan-gagasan hebat tersebut tidak pernah dituliskan, dikomunikasikan kepada pihak lain atau diimplementasikan. 

Kata kunci: Inovasi, Minuman, Hidup sehat

Pendahuluan

Dengan berkembangnya globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia hampir kurang menjaga kesehatanya terutama di kalangan remaja, karena banyak remaja yang mengkonsumsi minuman yang tidak sehat seperti soda, minuman yang mengandung banyak gula dan pewarna, Permasalahan di atas menjadi salah satu faktor yang menjadi dukungan untuk membangun sebuah usaha bisnis yang prospektif.

            Permasalahan di atas menjadi salah satu faktor yang menjadi dukungan untuk membangun sebuah usaha bisnis yang prospektif. Usaha bisnis ini berupa penjualan healthy drink dari Rewls.Oat. Dimana Rewls.Oat merupakan usaha home industry berupa healthy drink yang di-upgrade dengan bahan-bahan yang lebih sehat dan bergizi, yang dapat dikonsumsi dari kalangan anak-dewasa. Selain itu, usaha Rewls.Oat juga mampu menanamkan nilai hidup sehat, sehingga mampu menarik perhatian kalangan Anak, remaja serta dewasa, yang dapat memenuhi keinginan pasar.

 Permasalahan

1. Apakah ada Kesamaan antara diplomasi dan public relations? 
2.Pengaruh Rewls.oat terhadap Kesehatan Tubuh

Pembahasan 

 1. Bagaimana preferensi Masyarakat dalam mengonsumsi minuman sehat

                Perilaku konsumen atau consumer behaviour merupakan suatu kajian mengenai unit pembelian (buying units) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi dan pembuangan barang, jasa, pengalaman serta ide-ide (Rohmah & Subari, (2021). Teori mengenai perilaku konsumen memiliki beragam fungsi dan kegunaan dalam kegiatan pemasaran suatu perusahaan khususnya dalam mengamati preferensi konsumen dalam menggunakan sebuah produk barang maupun jasa. Salah satu cara dalam memahami perilaku konsumen yakni dengan menggunakan preferensi konsumen yang mana menggambarkan alasan-alasan mengapa orang lebih suka terhadap suatu barang daripada barang lain (Azmansyah & Arief,  (2017)).

            Preferensi merupakan kecenderungan seseorang dalam melakukan pemilihan terhadap suatu produk yang didasarkan atas keinginan dan selera yang dimiliki individu tersebut (Alfarisi, 2020). Preferensi juga didefinisikan sebagai sebuah pilihan suka atau tidak sukanya seseorang didalam memilih suatu produk (barang atau jasa) yang dikonsumsi (Rohmah & Subari, (2021)). Dalam melakukan pembelian maupun pemakaian (konsumsi) atas suatu jasa maupun produk setiap individu pasti didasari oleh suatu dorongan dalam melakukan hal tersebut sehingga setiap produk memiliki spesifikasi yang beragam sesuai dengan sasaran pasar perusahaan.

            Preferensi masyarakat berarti kecenderungan individu untuk melakukan pemilihan terhadap sebuah produk barang maupun jasa dalam suatu masyarakat. Pembelian yang dilakukan oleh seseorang adalah respon yang diberikan setelah seseorang menerima stimuli (stimulus). Stimulus merupakan setiap bentuk fisik, visual yang dapat mempengaruhi tanggapan individu (Huda, et.al (2018)). Ada dua tipe stimulus yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yakni pemasaran dan lingkungan (sosial dan budaya).

            Stimulus pemasaran adalah setiap komunikasi yang didesain oleh pelaku usaha untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan komponen-komponennya yang terdiri dari isi, kemasan, ciri-ciri fisik adalah stimuli utama. Komunikasi yang didesain untuk mengetahui konsumen adalah stimuli tambahan yang mempresentasikan produk seperti kata-kata, gambar, dan simbol atau melalui stimuli lain yang diasosiasikan dengan produk (harga, tempat penjualan, sales).

            Adanya perubahan dalam cara hidup orang yang lebih menekankan pada kualitas kesehatan, termasuk kesehatan manusia dan lingkungan membawa perubahan pula pada peningkatan pola konsumsi minuman dan minuman sehat. Minuman sehat adalah segala sesuatu yang berbentuk cairan dan mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin dan mineral yang dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh. Selain itu, minuman sehat adalah minuman yang terbuat dari bahan-bahan pertanian alami yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dalam tubuh. Minuman sehat terdiri dari jus, sari buah, dan susu.

            Konsumsi masyarakat terhadap minuman sehat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendasari. Diantaranya dapat dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi masyarakat yang mengonsumsi maupun faktor yang melekat pada produk minuman sehat. Adapun minuman sehat yang menjadi fokus penelitian adalah minuman sehat yang mengandung vitamin serta mineral yang memberikan efek positif terhadap tubuh.

            2. Pengaruh Rewls.oat terhadap Kesehatan Tubuh

            Di era globalisasi seperti ini, sarapan merupakan kegiatan yang seringkali dilupakan atau sengaja diabaikan oleh sebagian orang. Berbagai alasan dilontarkan sebagai penyebab tidak melakukan kegiatan sarapan antara lain kekurangan waktu untuk sarapan, kehilangan selera makan, keinginan untuk memperpanjang waktu tidur atau ketakutan menjadi gemuk dan terkadang sarapan pagi yang dikonsumsi masyarakat tidaklah sehat bahkan tidak mencukupi gizi mereka.

            Banyaknya perusahaan yang berdiri berlomba–lomba memproduksi atau menjual produk makanan atau minuman siap saji yang ditawarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sarapan pagi mereka. Maka makanan dan minuman yang berbahan dasar serealia sebagai jawaban permasalahan mengenai sarapan pagi. Serealia adalah makanan yang terbuat dari hasil ekstruksi oat bran dan corn meal biasanya dikonsumsi pada pagi hari sehingga disebut juga sereal sarapan atau breakfast cereal. Serealia dikonsumsi dengan menambahkan susu sapi, air atau yogurt tetapi terkadang serealia juga dikonsumsi dalam keadaan kering. Serealia merupakan salah satu alternatif sarapan yang mudah, cepat, dan praktis untuk dibuat.

            Pada proses penyiapan sarapan yang memerlukan waktu lama, kurang menguntungkan pada kondisi seperti sekarang ini yang menuntut kepraktisan dan hemat waktu. Saat ini semakin banyak jumlah ibu rumah tangga yang bekerja sehingga memiliki waktu penyiapan sarapan yang sangat terbatas, selain itu kebutuhan gizi tidak dapat diabaikan. Solusinya adalah makanan yang cepat dan praktis dalam penyajian namun tetap memenuhi kebutuhan standar gizi yaitu dengan membuat minuman pengganti makanan.

            Rewl.Oats (Minuman Pengganti Makanan) adalah smoothies oats yang memiliki varian rasa original, strawberry blueberry, matcha, dan banana. Minuman pengganti makanan dapat membantu menurunkan berat badan. Minuman ini mengandung protein dan serat yang dapat membantu merasa kenyang dan menyehatkan pencernaan. Minuman pengganti makanan ini hanya dimaksudkan untuk menggantikan satu kali makan, bukan seluruh asupan makanan.

                Rewls.Oat adalah sebuah merek healthy drink yang memiliki kandungan optimal yang baik dan sehat dan dapat diperoleh tubuh, seperti vitamin, mineral, protein dan serat. Minuman sangat penting bagi kesehatan tubuh. Minum air yang cukup merupakan hal yang penting untuk mempertahankan daya tahan tubuh, sebab cairan tubuh memiliki tugas penting. Rewls.Oat dapat mengukur kekuatan merek dengan kemampuan untuk mempengaruhi pasar, memberikan harga terjangkau, dan pelayanan yang baik demi memberikan kepuasan kepada konsumennya, agar dapat menciptakan dan mempertahankan loyalitas konsumen pada produk yang ditawarkan

            Internet marketing menjadi media bagi Rewls.Oat. Dalam melakukan promosi penjualannya, dengan memanfaatkan InstagramTiktok dan Shopee sebagai media pemasaran. Melalui promosi penjualan, Rewls.Oat dapat menarik pelanggan baru. Yang mana pada sasaran pasar nya yaitu semua kalangan baik dari segi usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, serta agama dan etnis.

            Adapun upaya promosi yang dilakukan Rewls.Oat yaitu pada awal merintis usahanya, Rewls.Oat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Platform media social secara rutin seperti memanfaatkan fitur Iklan, Paid Promote, serta Endorsement di Instagram, Tiktok dan Shopee. Namun, dalam pembelian produknya untuk saat ini Rewls.Oat masih menggunakan system Pre-Order.

Kesimpulan

Dalam Wirausaha kita harus dapat bersaing dan selalu bisa untuk menaikkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan kreativitas dan inovasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan kreativitas dan inovasi sangat membantu kegiatan kewirausahaan. Dengan berkembangnya globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia hampir kurang menjaga kesehatanya sehingga Adanya perubahan dalam cara hidup orang yang lebih menekankan pada kualitas kesehatan, termasuk kesehatan manusia dan lingkungan membawa perubahan pula pada peningkatan pola konsumsi minuman dan minuman sehat. Rewls.Oat adalah sebuah merek healthy drink yang memiliki kandungan optimal yang baik dan sehat dan dapat diperoleh tubuh, seperti vitamin, mineral, protein dan serat. Minuman sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Mind Mapping 

Daftar Pustaka

Alfarisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan (JMBK), Vol. 1 No. 2, 60-75.

Alsa Nailur Rohmah, d. S. (2021). Preferensi Konsumen terhadap Produk Minuman Kopi di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. . AGRISCIENCE Vol 1, No 3 , 548-562.

Arief, A. d. (2017). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sumber Finansial di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Riau. Jurnal Ekonomi Kiat, Vol. 28 No. 2, 81-91.

Nurul Huda, Z. d. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Muslim Memilih Hotel Syariah. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 2, Nomor 4,, 490-511.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar