April 28, 2024

INOVASI TOPPING YANG MENARIK DALAM SAMYANG ROLL UNTUK MENARIK PELANGGAN

Rimbi Pebriana Sari (46123010085)
AG38


Abstrak
Samyang adalah produsen makanan asal Korea Selatan yang telah menjadi populer berkat mie instannya yang pedas. Produk-produk mereka, seperti samyang hot chicken ramen, telah menjadi fenomena kuliner di seluruh dunia. Kini, samyang telah menghadirkan inovasi terbaru mereka dalam bentuk samyang roll. Samyang roll adalah makanan gulungan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dipanggang hingga matang. Namun, apa yang mebuatnya begitu istimewa adalah bumbu pedas khas samyang yang menggoda. Bumbu pedas ini mengandung cabai dan rempah-rempah khas Korea yang memberikan rasa pedas yang nikmat. Gulungan ini hadir dalam berbagai varian rasa, termasuk rasa pedas utama yang menjadi ciri khas samyang. Namun, ada juga varian rasa lainnya, seperti rasa keju, rasa nori. Hal ini memungkinkan para pecinta makanan untuk memilih sesuai dengan preferensi mereka.
Kata kunci: samyang roll, mie samyang, wirausaha.

Pendahuluan
Mie merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi yang menjadi favorit masyarakat, maka dari itu agar lebih memudahkan masyarakat untuk dapat mengkonsumsi mie banyak perusahaan yang memproduksi mie instan salah satunya mie samyang. Sehingga mie samyang ini dapat diolah menjadi makanan cemilan yaitu berupa samyang roll. Awal dari penjualan samyang roll ini berasal dari sosial media tiktok yang membuat tutorial pembuatan. Dari banyaknya yang membuat tutorial pembuatan samyang roll munculah ide untuk berbisnis dengan produk makanan tersebut. Samyang sendiri memiliki rasa yang pedas sehingga banyak konsumen yang minat akan makanan ini terutama pada perempuan remaja hingga dewasa.   

Permasalahan
Untuk memperkenalkan Samroll, alternatif yang lebih ringan dan menarik bagi konsumen di pasar makanan ringan, perlu diterapkan strategi pemasaran yang cerdas dan tepat sasaran. Salah satu cara efektif untuk melakukan hal ini adalah melalui kampanye pemasaran yang menekankan manfaat produk, seperti ringan dan menarik. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan media sosial, konten yang menarik, dan kemitraan dengan influencer kuliner untuk memperluas jangkauan.
Dalam konteks persaingan pasar, inisiatif pengembangan produk seperti Samroll mempunyai potensi besar untuk meningkatkan citra merek dan daya saing perusahaan. Dengan memperkenalkan produk yang unik dan berbeda, perusahaan dapat memposisikan diri sebagai pelopor inovatif dalam industri makanan ringan.

Pembahasan
Samroll diambil dari kata samyang roll. Samyang roll merupakan cemilan yang memiliki beragam keunikan. Terutama pada bahan utamanya yaitu mie instan yang digulung dengan rice paper dengan tambahan topping. Maka dari itu, orang orang akan tertarik pada cemilan ini yang mana jarang dijumpainya yang memiliki keunikan dan rasa khas tersendiri. Keunikan itulah yang menjadikan daya asing untuk menyaingi produk. Adapun keunikan dari cemilian ini yaitu:
1. harga produk yang sangat terjangkau, cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin makan cemilan.
2. mempunyai rasa yang unik, lezat dengan rasa pedas gurih membuat konsumen ketagihan untuk membeli samyang roll.
3. pengemasan yang unik dengan ciri khas tersendiri.
4. menerima pesanan, dengan open pre order.
Sebagai masyarakat yang belum pernah memakan cemilan samyang roll langsung, bahkan masyarakt yang menyukai samyang roll akan tertarik dan memiliki rasa penasaran yang tinggi yang mencoba produk mie instan menjadi samyang roll yaitu mie yang digulung dengan rice papper. Selain jarang yang memproduksi samyang roll, samyang roll ini juga memiliki harga yang terjangkau dan cukup ekonomis yang akan menarik minat konsumen. Daya beli masyarakat pun yang tinggi akan membuat usaha samyang roll menjadi peluang menguasi pasaran.

Kesimpulan
Bisnis di bidang makanan sangatlah menjanjikan, karena pada dasarnya makanan adalah kebutuhan primer bagi manusia. Persaingan bisnis di bidang makanan yang semakin meluas menuntut para pelaku usaha ini untuk lebih mengembangkan usaha mereka. Hal tersebut membutuhkan banyak strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat mengenalkan dan memasarkan produknya kepada konsumen.

Daftar Pustaka
https://id.scribd.com/document/651095942/BAB-I
https://kreasikarya.id/samyang-roll-makan-mie-dengan-sensasi-yang-berbeda/
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/787/jbptunikompp-gdl-ajengayupu-39338-7-unikom_a-i.pdf
http://repository.unika.ac.id/26678/2/16.D1.0148-Priscilla%20Patricia-BAB%20I_a.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar