April 30, 2024

KATSUKU



 Abstrak: wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri di mana segala sumber daya dan upaya yang dibebankan kepada pelaku usaha. Seluruh kegiatan tersebut meliputi mengenali produk baru, menentukan cara produksi, mencari konsumen, memasarkan, serta mengatur permodalannya. Katsuku merupakan bisnis Kuliner rumahan yang sedang saya jalani. Katsuku menjual salah satu bagian dari katsuretsu yaitu Chicken katsu yang didampingin oleh nasi putih hangan dan menggugah selera. Bisnis ini masih kecil dan perlu sekali dikembangkan maka dari itu diperlukan teori-teori maupun aspek-aspek seperti terus berinovasi, kreasi dan lain-lain dalam wirausaha untuk mengembangkan bisnis Kuliner saya ini.


Kata Kunci: Wirausaha, Chicken katsu dan aspek aspek dalam wirausaha

Pendahuluan

Salah satu cara mendapatkan pundi-pundi uang yaitu dengan wirausaha. Wirausaha merupakan suatu kegiatan penjualan beli barang atau jasa yang dilakukan oleh individu maupun sebuah kelompok. Untuk membangun bisnis dari nol diperlukan banyak cara mulai dari menumbuhkan jiwa wirausahawan, karakteristik seorang wirausahawan, kemampuan untuk dapat menggapai peluang dan masih banyak lagi.

Permasalahan

Cara membangun bisnis Kuliner rumahan (Katsuku) membutuhkan tekad, kesabaran dan juga konsistensi terhadap bisnis yang dimiliki tidak bisa langsung laris manis kita harus melakukan banyak cara untuk mengembangkan bisnis buatan sendiri ini. Lalu juga banyaknya kompetitor katsuku ini membuat harus lebih berpikir lebih agar tidak kalah saing.

Pembahasan

Cara membangun bisnis Kuliner rumahan (katsuku) memiliki banyak cara seperti membangun jiwa wirausahawan yang kuat, menanamkan karakteristik seorang wirausahawan, pemasaran bisa online maupun offline. Online bisa melalui media sosial seperti (Instagram, WhatsApp Dst) lalu untuk offline bisa dimulai dengan menawarkan produk pada tetangga sekitar rumah dan mengadakan promo pembelian produk. Juga bisa dengan menambahkan desain yang berwarna-warni pada kemasan agar menambah daya tarik para pelanggan dan rasa harus konsisten dan enak karena itu hal yang penting untuk bisnis Kuliner.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari seluruh tulisan ini yaitu jika ingin membangun bisnis kita harus serius dengan bisnis tersebut tidak boleh bermalas malasan harus terus berkembang agar menjadi besar dan semakin besar. Bisa dengan menumbuhkan jiwa wirausahawan pada siang hari pemilik, karakteristik, pemikiran desain, kreativitas dan inovatif.

Daftar Pustaka

Henrizal, Erick Muhammad (2014) Membangun Jiwa Enterpreneur. Penerbitan Barang La

Tidak ada komentar:

Posting Komentar