April 02, 2024

Meningkatkan Orientasi Pengembangan Product Dalam Mempertahankan Kualitas dan Mutu Untuk Bersaing Menghasilkan Management Pemasaran Product Secara Maksimal Wirausaha "Mac n’ Cistato"

 Nama : Syadella Putri Ardana

 NIM   : 41822010037

Matkul : Kewirausahaan II

Kode Pembisnis : AH08

Mind Mapping

ABSTRAK

    Semakin banyaknya pelaku usaha menjalankan bisnis makaroni, maka daya saing semakin ketat dan meningkat. Penting bagi pelaku bisnis untuk berhubungan baik dengan orang lain, memastikan kualitas makaroni yang baik, dan memikirkan cara untuk menjual ke konsumen lebih banyak lagi. Mac n’ Cistato melakukan pengembangan product melalui Orientasi temporal dan Orientasi spasial. Mac n’ Cistato, salah satu brand macaroni yang berusaha mengembangkan produknya dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen dari brand lain. Hal ini, menjadikan tolak ukur pengembangan produk bisnis Mac n’ Cistato. Pelaku bisnis Mac n’ Cistato berusaha agar konsumen percaya pada produk melalui keterbukaan interaksi sosial secara baik. Dalam promosi, Mac n’ Cistato memanfaatkan media sosial sebagai sarana utama yang dipakai dan digunakan.

Kata Kunci : Makaroni, usaha makaroni, Mac n’ Cistato, Orientasi Temporal, Orientasi Spasial

 

PENDAHULUAN 

    Pada saat ini, masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah dengan kualitas tetap di perhatikan. Untuk memenuhi permintaan masyarakat di Indonesia. tentu menciptakan kesesuain selera rasa masyarakat Indonesia, bersifat kreatif dan inovatif, serta memiliki pemikiran sabagai peluang dan daya saing yang tinggi. Sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Salah satu makanan siap saji yang populer adalah Macaroni and Cheese. Disingkat menjadi Mac and Cheese adalah makanan yang berasal dari Italia yang di populerkan Amerika yang juga cocok dengan rasa pengecap lidah orang Indonesia. Hidangan Western ini dikenal dengan proses pembuatan yang sederhana serta dapat dijangkau oleh semua kalangan. Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang usaha bagi saya untuk menjual Mac and Cheese yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Macand cheese ini termasuk makanan appetizer atau pelengkap dalam sebuah hidangan makanan.

        Makaroni merupakan pasta, yang dapat diolah  dengan saus atau menjadi isian hidangan sup. Selain itu macaroni juga bisa dihidangkan dengan bahan lainnya, seperti daging ayam, sayur - sayuran, daging sapi, etc. menjadi suatu hidangan Mac n' cheese. Dengan banyaknya variasi makanan masakan dari makaroni, ada satu makaroni yang disebut Mac and cheese. mac and cheese biasanya ditambahkan dengan daging, keju, atau sosis, dan bahkan terkadang diberikan kentang menjadi suatu hidangan yang dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia (Anita Suryani, 2012) dalam pembuatan bisnis saya dalam kuliner yang bernama "Mac n' Cistato" saya akan melakukan uji coba dan ingin mempelajari bagaimana 2 jenis cairan yaitu susu UHT dan santan yang akan saya gunakan pada mac n' cheese terhadap daya terima konsumen pada aspek rasa, aroma, warna, dan tekstur.

 

PERMASALAHAN 

    Setelah dilihat dari aspek pasar maupun pemasaran secara langsung, bahwa suatu rencana bisnis masih dianggap layak, tahap yang selanjutnya dianalisis yaitu aspek teknik dan teknologi. Dalam aspek ini terdapat dua masalah pokok yang dihadapi sebuah usaha, yaitu masalah penentuan posisi usaha, masalah desain dan masalah operasional.


1. Masalah Penentuan Posisi Tempat Usaha, Dalam hal ini keputusan bagaimana hendaknya posisi tempat usaha direncanakan. Keputusan ini mengenai pemilihan strategi berproduksi dan strategi pemasaran dalam usaha ini. Karena usaha ini bergerak di bidang kuliner makanan ringan, maka strategi produksi yang digunakan  oleh " Mac n’ Cistato" adalah berproduksi ketika ada konsumen yang memesan untuk makaroni cheese. Sehingga konsumen akan mendapatkan masakan yang masih hangat untuk dinikmati.

2.   Masalah Operasional, Operasional adalah sebuah bentuk pengelolaan menyeluruh dan optimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), barang, mesin, peralatan, bahan baku (raw materials), serta faktor produksi lainnya yang dapat dijadikan sebuah barang atau jasa untuk diperjual belikan. Masalah operasional biasanya timbul pada saat proses produksi sudah direncanakan. Meliputi rencana produksi, untuk usaha ini, pembuatan Mac and Cheese sesuai dengan pesanan yang diminta konsumen atau open PO. Pengawasan kualitas produk, dilakukan dengan menggunakan bahan baku yang masih segar dan dengan menjaga kebersihan dalam mengolah bahan baku tersebut dan tempat penyimpanan yang digunakan harus dalam keadaan yang bersih.,hal ini sangat diperlukan untuk kepuasan konsumen.
 

PEMBAHASAN
  • Pasar dan Pemasaran, Produk Pasar & Pemasaran Alasan kami memilih untuk menjual produk mac n’ cistato ini, karena produk yang saya miliki memiliki keunikan tersendiri yaitu dengan adanya paduan santan dan susu UHT didalamnya sehingga memberikan tekstur lembut dan creamy pada saat dimakan sehingga menjadikan kenikmatan tersendiri bagi konsumen . Cara kami memasarkan produk "Cistato" Mac and Cheese ini, kami menawarkan melalui kerabat dekat, mahasiswa serta masyarakat luas melalui mulut ke mulut dan media sosial seperti Instagram. Apabila konsumen saya cocok dengan rasanya kemungkinan besar akan melakukan pembelian kembali ( repeat order). Untuk penjulan secara langsung kami akan melakukan penjualan di tempat ramai seperti di tempat lari pagi, Koperasi, dan lain – lain.
  • Manajemen, Bentuk perencanaan dalam jangka pendek dari bisnis penjualan Mac and Cheese ini adalah meningkatkan skala penjualan yang melejit dengan mengadakan promo dalam rangka munculnya usaha baru berupa produk "Cistato" Mac and Cheese yang saya buat, seperti promo buy 1 get 1 yang nantinya akan menarik perhatian calon konsumen untuk membeli. Setelah perencanaan dalam jangka pendek tercapai, saya melanjutkan ke tahap perencanaan dalam dalam jangka panjang, yaitu kami meningkatkan kreativitas baru agar produk yang saya jual tidak seperti itu saja, dan selalu mengevaluasi dengan terkait dengan apa yang saya telah jalankan. Dengan menjalankan perencanaan jangka panjang tersebut, melalui meningkatkan orientasi. saya berharap bahwa produk kami bisa menambah segmen pasar lebih luas lagi. 

KESIMPULAN

Bisnis makanan "Cistato" Macaroni and Cheese memiliki jangkauan pasar yang luas baik secara online maupun offline. Perencanaan dalam pembukaan bisnis ini sudah direncanakan dengan baik dengan memperhatikan jangka pendek,  dan jangka panjang sehingga, Hal ini juga didukung dengan implementasi, analisis, evaluasi, dan perbaikan yang baik. Dalam management usaha tidak akan menerima resiko dan kerugian yang cukup besar. Dalam produksi, analisis lingkungan yang sudah dijalankan menunjukan bahwa bisnis ini tidak menimbulkan pencemaran pada lingkungan. Sampah produksi dari sisa makanan ini berupa sampah kering dan basah yang langsung kami buang ke tempat pembuangan sampah.


DAFTAR PUSTAKA

Thomas, W. Zimmerer, Norman M Scarborough. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen UsahaKecil. Jakarta: Salemba empat.

Uncles, Mark. 2000. Market Orientation. Australian Journal of Management.Volume 25,Nomor 2, halaman 1-29.

Narver, John C., & Slater, Stanly.F. 1990. The Effect of Market Orietation on ProductInnovation. Journal of Marketing.Halaman 20-35.

Supranoto, Meike. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja

Pemasaran: Studi empiris pada industri pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota Semarang. Tesis, dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro. 

Kotler, P., (2005), Marketing Management Analysis, Planning, Implmentation, and Control, The millenium edition, Englewood Cliffs, NNJ: Prentice Hall, Inc.

Tjiptono, A., (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar