April 16, 2024

Mindmap dan Artikel

 Nama : Shofalia Azzahra

NIM : 46123010017



Abstrak:

Gelang merupakan aksesori yang telah menjadi bagian penting dari budaya manusia sejak zaman kuno. Dari gelang-gelang batu zaman prasejarah hingga desain modern yang memadukan logam dan teknologi, gelang telah berkembang menjadi simbol mode dan identitas budaya. Kajian ini menggali sejarah gelang, evolusinya dari fungsi semiotik hingga ekspressi seni dan teknologi masa kini. Dengan mempertimbangkan nilai historis, estetika, dan fungsi praktis, penelitian ini menguraikan peran gelang dalam konteks sosial, budaya, dan ekonomi saat ini.


Pembahasan:

Synestuff merupakan brand local yang bergerak dibidang fashion. Pengembangan usaha synestuff akan dijelaskan menggunakan metode Bussiness Model Canvas (BMC). Berikut hal yang harus diperhatikan:

Kompetensi:

Synestuff mementingkan pemahaman pasar serta pengembangan hubungan dengan pelanggan yang baik. Synestuff memiliki pemahaman pasar yang baik, seperti kita membuat gelang terkini yang nyaman digunakan sehari-hari, pelanggan pun bisa me request sesuai dengan keinginannya. Synestuff juga mementingkan hubungan yang baik dengan pelanggan agar pelanggan nyaman berbelanja. 

Core Value:

Prinsip yang digunakan berfokus pada kepuasan pelanggan. Synestuff memberikan prioritas utama pada kepuasan pelanggan dengan memberikan produk berkualitas tinggi serta layanan jual yang baik.  

Target Pasar:

Target pasar penjualan gelang Synestuff pada remaja dan dewasa muda, penggemar fashion, serta penggunaan aktif media sosial. para penggemar fashion adalah segmen yang menarik karena mereka cenderung aktif dalam mengikuti tren mode dan gaya hidup. Remaja pun segmen penting dalam penjualan gelang karena mereka seringkali menjadi trendsetter dalam mode dan gaya. Mereka mencari gelang yang sesuai dengan gaya mereka, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih berani dan kreatif. Gelang-gelang dengan desain yang unik, warna-warni, atau memiliki makna tertentu bisa sangat diminati oleh remaja.

Marketing:

Strategi pemasaran untuk target pasar ini dapat difokuskan pada promosi melalui media sosial yang populer di kalangan remaja, seperti Instagram atau TikTok serta WA. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri Word of Mouth Marketing sangat membantu dalam pemasaran, karna hasil dari pelanggan yang puas akan menyebarkan kepuasan nya ke orang-orang dan hal itu lah yang memancing pembeli. 

Price:

Harga yang Synestuff pasang merupakan harga yang terjangkau yaitu start from Rp 7.000 sesuai dengan model gelang yang dibuat. Meskipun terjangkau namun tetap menjaga kualitas dan nilai estetika.


Kesimpulan:

Dengan menggunakan metode BMC dapat membantu Synestuff mengenal serta mengetahui strategi pemasaran dengan baik serta menyusun strategi dan inovasi pertumbuhan yang berkelanjutan.


Daftar Pustaka:

Bangkit Rambu Sukarno, Muhamad Ahsan.2021.Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=business+model+canvas+adalah&oq=#d=gs_qabs&t=1713261929517&u=%23p%3Dkuwy-NDq-cAJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar