Maret 13, 2014

Berwirausaha itu Tidak Sulit

116-Youcha Budi Alfattah

Wirausaha? mendengar kata-kata itu, semua orang pasti ingin melakukannya, namun dibalik itu semua mereka juga berfikir kendala yang akan dihadapi nya kelak jika melakukannya. Namun, sebenarnya berwirausaha itu tidaklah sulit, intinya adalah konsistensi.

Definisi
wirausahawan adalah seseorang yang memiliki gagawansan baru dalam fikirannya dan kemudian di gunakan secara optimal untuk mencapai keuntungan yang maksimum. Seorang wirausahawan memiliki pandangan yang tidak lazim, mereka selalu mencari celah bagaimana caranya untuk memanfaatkan pasar pangsa ekonomi agar menjadi peluang bagi mereka.
Berani mengambil resiko sudah menjadi bagian dari sifat para wirausahawan dalam mencapai tujuannya, dengan segala kemungkinan yang akan terjadi, mereka menghadapi semuanya dengan skill dan kemampuan yang mereka miliki. Para wirausahawan juga memiliki sifat kreatif dan inovatif, hal ini mereka tunjukkan dengan bagaimana mereka bisa menciptakan produk baru yang selalu berkembang di dalam kehidupan bermasyarakat.

Tahap kewirausahaan 

Tahap memulai : Tahap dimana seorang wirausahawan mempersiapkan bisnis/usaha yang akan digeluti nya, apakah di bidang industri, jasa, dsb. Pada tahap ini seorang wirausahawan harus memiliki ketepatan dan kecermatan terhadap bidang/bisnis yang akan di geluti.

Tahap melaksanakan usaha : pada tahap ini, seorang wirausahawan melakukan tugas yang sebenarnya, yaitu mengelola berbagai aspek terhadap bisnis/usaha nya yang meliputi pembiayaan, SDM(sumber daya manusia), keorganisasian, serta Jiwa kepemimpinan yang meliputi bagaimana untuk berani mengambil langkah dengan segala berbagai resiko, kemudian strategi pemasaran.

Tahap mempertahankan usaha : tahap ini, wirausahawan melakukan penindak lanjutan terhadap bisnis nya yang telah berjalan, yaitu dengan melakukan analisis pada setiap aspek yang di hadapi oleh bisnis/usaha nya.

Tahap mengembangkan usaha  : tahap ini merupakan pengembangan dari langkah-langkah sebelumnya, pada tahap ini, usaha sudah melaju dengan positif dan dilakukan perluasan usaha.

tahap-tahap diatas haruslah dilakukan oleh setiap wirausahawan agar usaha/bisnis yang akan dijalankannya menjadi berhasil/sukses. Kemudian diperlukan soft skill juga untuk mendukung bisnis agar semakin berkembang dan maju pesat, diantara nya :

1. Pekerja keras 
seorang wirausahawan haruslah giat dalam menjalankan bisnis nya, dibutuhkan semangat yang tinggi serta kedisiplinan, karena setiap bisnis butuh usaha yang keras.

2. Pantang menyerah 
seorang wirausahawan harus siap menghadapi berbagai macam rintangan dan resiko nya, tidak mudah menyerah dan selalu berusaha untuk menghadapi nya dengan kuat.

3. Innovatif
seorang wirausahawan harus senantiasa berfikir untuk menciptakan innovasi-innovasi baru pada usaha/bisnis yang digeluti, bagaimana cara nya untuk mengambil perhatian konsumen pada produk-produk yang ia ciptakan.

4. Jaringan luas
seorang wirausahawan harus memiliki relasi/rekan bisnis yang banyak, agar usaha/bisnis nya terus berkembang. Memasarkan produk terus menerus melalui berbagai media tentunya akan sangat positif bagi bisnis/usaha nya.

5. Serba bisa
seorang wirausahawan harus juga memiliki sifat serba bisa, dalam artian dia mampuh menghandle segala kegiatan yang meliputi usaha/bisnis nya, hal ini bertujuan agar jika usaha mulai menurun, ia bisa mencari jalan keluar atau solusi untuk memcahkan hal tersebut.

Kemudian seorang wirausahawan juga tidak boleh bersikap gegabah/egois, karena itu akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi perkembangan usaha atau bisnis nya. Beberapa contoh yang tidak boleh dilakukan seorang wirausahawan yaitu :

1. Tidak fokus
Seorang wirausahawan terkadang selalu memikirkan untuk memulai bisnis yang lainnya, hal ini tentu sebenarnya tidak bagus untuk perkembangan usaha nya, karena fokus menjadi terpecah satu dengan yang lainnya. Sebaiknya, seorang wirausahawan mempusatkan fikirannya pada satu bidang tertentu terlebih dahulu.

2. Ambisius
Terkadang seorang wirausahawan memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang cepat dan instant, sehingga sifat-sifat yang tidak baik pun dihalalkan, oleh sebab itu seorang wirausahawan tidak boleh memiliki unsur sifat seperti itu, yang bisa mengakibatkan usaha/bisnis nya akan cepat gagal.

3. Manajemen keungan yang buruk 
Seringkali para wirausahawan tidak bisa membedakan antara uang pribadi dan uang usaha, sehingga menyebabkan buruknya keuangan pada bisnis. Sebaiknya antara uang pribadi dan uang usaha haruslah dipisah.

4. Tidak punya target
Seorang wirausahawan terkadang tidak memiliki tujuan terhadap bisnis yang ia jalankan, mau dibawa kearah mana bisnis yang ia geluti, hal ini sangatlah berakibat fatal bagi bisnis nya.

5. Ragu-ragu
Wirausahawan haruslah percaya diri terhadap bisnis/usaha yang akan ia geluti, namun terkadang ada juga yang ragu-ragu, sehingga menganggu konsentrasi dan pada akhirnya bisnis menjadi tidak berjalan.


Belajar, belajar dan belajar haruslah wirausahawan lakukan, agar bisnis nya bisa terus berkembang dan meluas. Jangan pernah kenal kata lelah dan putus asa, hadapi semua dengan semangat demi sebuah tujuan yang kita idamkan.

referensi :
http://www.kaskus.co.id/thread/52e66c6e128b461d358b4760/share-tahapan-memulai-bisnis--penting/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan
http://bisnis.liputan6.com/read/746406/7-hal-yang-tak-pernah-dilakukan-pengusaha-hebat
http://majalahmesinbisnis.com/14-tahap-sebelum-memulai-bisnis/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar