Maret 13, 2014

Yang Muda Yang Berwirausaha

120-Puji Lestari

Setelah lulus dari jenjang perguruan tinggi , hendak kemana kah karir kita? Pasti dari anda memikirkan hal tersebut. Apakah anda ingin bekerja dengan orang lain atau kah membuka lapangan kerja sendiri ( berwirausaha) dengan mempekerjakan orang lain? Itu semua memang pilihan.

Tetapi di era global ini sekian meningkatnya angka pengangguran di indonesia, mulai dari lulusan SD , SMP , SMA, tidak terkecuali lulusan perguruan tinggi masih banyak yang menganggur.
Lalu dengan realita seperti ini apakah anda hanya berdiam diri menunggu datangnya nasip baik menghampiri? Atau kah anda bangkit berusaha membuka lapangan pekerjaan (berwirausaha)?

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengerti dulu arti dari kewirausahaan itu. Arti kewirausahaan menurut para ahli sangatlah banyak. Berikut salah satunya :

Salim Siagian (1999) mendefinisikan: “Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan/masyarakat; dengan selalu berusaha mencari dan melayani langganan lebih banyak dan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.”

Secara garis besar Wirausahawan adalah seorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian  untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan

Berikut ini adalah sikap yang harus di miliki seorang wirausahawan sukses :

1. Tekun dan Penuh Semangat
Untuk memulai berwirausaha pertama-tama dibutuhkan semangat dan keinginan yang tinggi untuk sukses. Tanpa diawali dengan semangat tidak mungkin anda beranjak dan berkeinginan untuk membuka usaha , tentu saja dijalani dengan tekun.

2. Berani Mengambil Resiko
Resiko pasti ada dalam dunia pengusaha, misalnya rugi, terlilit hutang, kecelakaan dll, semua itu pasti dialami oleh pengusaha-pengusaha sukses. Dibutuhkan mental yang kuat agar tidak stress dalam menghadapi resiko yang mungkin terjadi.

3. Berfikir Positif
Berfikir positif adalah kunci kesuksesan, dengan berfikir positif memacu cara kerja otak kita menjadi lebih baik dan bisa memunculkan ide kreatif untuk peluang bisnis ke depan nya.

4. Menerima kritikan untuk lebih baik
Dalam menjalankan sebuah usaha pasti kita sering mendapatkan kritikan jangan jadikan sebuah kritikan menjadi sebuah halangan, jadikan lah semua kritikan tersebut untuk memotivasi diri kita.

5. Keluar dari zona nyaman anda.
Zona aman sering kali membuat kita terlena dengan kehidupan yang saat ini sedang kita jalani, bagaimana kita bisa maju jika kita tidak berani untuk keluar dari zona aman kita.

6. Kendalikan ego Anda.
Kita harus bisa memilah antara kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis, jangan sampai anda terlalu menghambur-hamburkan hasil pendapatan untuk kepentingan pribadi yang semstinya hasil pendapatan tersebut anda gunakan untuk modal bisnis anda.

Dari sikap tersebut jelas tergambarkan bahwa untuk memulai sesuatu diperlukan adanya keinginan yang kuat dan sikap berani, jangan berfikiran negatif terhadap apa yang nantinya anda alami.

Jalan menuju kesuksesan tidaklah semudah yang kita harapkan, pasti akan banyak rintangan yang menghadang. Janganlah putus asa terhadap setiap kegagalan yang menimpa kita, jangan berhenti disitu saja, berani mencoba dan jangan takut gagal. Karena dibalik kegagalan pasti tersimpan sebongkah keberhasilan yang akan kita petik.

Dan apabila kita telah meraih kesuksesan janganlah merasa puas dan berhenti disitu saja, terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas bisnis kita.

Sumber referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar