Maret 13, 2014

Berwirausaha di Masa Muda.. Kenapa Tidak?...

139-Fiqriansyah

Banyak orang mengaku takut bangkrut jika mereka membuka usaha sendiri dengan cara berwirausaha atau berdagang. Padahal terus menerus memendam rasa takut hanya akan membuat orang tersebut tidak maju. Ingat setiap pilihan pasti mempunyai resiko.
Berikut ada beberapa tips atau cara sukses berwirausaha yang bisa kamu coba.

1. Memilih usaha yang tepat.
Dalam membuka usaha, Anda harus bisa memperkirakan usaha apa yang tepat untuk daerah di sekitar Anda. Caranya, kenali kebutuhan di sekitar Anda lewat banyak bertanya dan nguping, lalu jejaki apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan harga bersaing. Misalnya, jika ada banyak kantor di sekitar tempat usaha Anda yang membutuhkan katering, Anda bisa membuka bisnis katering.

2. Pelayanan ramah.
Jika Anda memutuskan untuk membuka usaha dibidang jasa atau jualan, maka prioritaskan pelayanan yang baik. Apalagi jika usaha kamu ini baru dimulai, menciptakan kesan yang ramah menjadi hal yang penting. Pelayanan yang ramah kepada konsumen akan mendorong konsumen menjadi langganan tetap untuk usaha Anda.
3. Persiapkan modal cadangan.
Setelah Anda mendirikan usaha, sebaiknya sisakan modal untuk menjadi modal cadangan. Biasanya usaha yang baru berdiri tidak banyak dikenal orang sehingga masih sedikit orang yang akan datang ke tempat usaha Anda. Jadi meski usaha Anda sepi, usaha Anda akan tetap bisa berjalan dengan menggunakan modal cadangan itu.
4. Promosi.
Agar usaha Anda cepat maju dan banyak dikenal orang. Sebaiknya promosikan usaha Anda dengan baik. Misalnya, bisa menggunakan selebaran, pasang iklan di koran atau bahkan iklan di televisi.
5. Jangan mudah menyerah.
Menjalankan suatu usaha tidak akan semudah membalik telapak tangan. Musibah atau cobaan tentu akan selalu ada. Karenanya diperlukan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Tetaplah berpikir positif dan yakin bahwa usaha yang Anda jalankan pasti berhasil.
Itulah cara agar sukses dalam wirausaha. Tunggu apalagi, langsung saja praktekan sendiri dan lihat hasilnya.
Diantara banyak entrepreneur yang sukses tersebut ada beberapa orang entrepreneur yang dengan kerja keras dan ide-idenya yang kreatif meraih kesuksesan dan meraih keuntungan yang sangat besar. Berikut tips sukses dari beberapa entrepreneur :
1.     Mark Zuckerberg
tips sukses
Source : Guardianlv.com
Sang pendiri Facebook ini sudah bisa meraih $13.3 miliar di usianya yang baru 28 tahun. Sebenarnya apa yang membuat Facebook sukses? Passion dan keyakinan yang kuat atas apa yang dilakukan membuat Zuckerberg mampu membangun Facebook hingga sebesar sekarang.
2.       Dustin Moskovitz
tips sukses
Source : Wikipedia
Salah satu pendiri Facebook yang kini merintis usahanya sendiri melalui www.asana.com ini juga dikenal sebagai salah satu entrepreneur muda dan tersukses di dunia dengan kekayaan berkisar $3.8 miliar. Bahkan selain mengembangkan www.asana.com, Dustin sendiri memiliki investasi di Path dan ia memiliki peran dalam menggagalkan Google untuk mengakuisisi Path. Moskovitz dikenal memiliki jiwa entrepreneur yang sudah mendarah daging sehingga pembicaraan bisnis dan inovasi sudah menjadi makanannya sehari-hari.
Ini adalah modal penting disaat berkeinginan dan bercita-cita menjadi pemudadengan karir yang sukses. Bila anda memiliki niat setengah-setengah buat apa berbuat sesuatu untuk mewujudkan mimpi menjadi sukses. Maka hasil yang akan anda peroleh sebanding dengan niat anda tadi.
Berani mengambil langkah. Setelah niat anda bulat. Lakukan tindakan pertama saja yang harus dimulai untuk meraih sukses tersebut.Terus lah belajar, dan jangan cepat puas terhadap apa yang anda ketahui atau anda kuasai. Dan jangan pernah putus asa bila mengalami suatu kegagalan dalam berbisnis atau berwirausaha. Ini mungkin penyebab seseorang menjadi turun mentalnya ketika keadaan tidak seperti yang diharapkan. Ubah paradigma bahwa kegagalan itu akhir dari segalanya. Bukan seperti itu. Yang sebenarnya adalah kegagalan menjadikan sebuah api semangat dalam diri anda semakin berkobar-kobar dalam meningkatkan perjuangan selanjutnya. Tantangan dan kegagalan itu adalah bumbu dari perjuangan hidup. Lihat ke belakang bagaimana bangsa Indonesia dulu berjuang merebut kemerdekaan. Lebih berat bukan?... Tidak lupa bahwa tips diatas harus dilakukan secara konsisten dan perlahan dalam menerapkannya dalam hidup anda. Jangan terburu-buru. Pikirkan secara cermat. Ingat satu hal jaga selalu kestabilan dalam kondisi jiwa anda.

Sumber :
http://caracaraberbisnissukses.blogspot.com/2013/08/7-cara-sukses-berwirausaha.html
http://www.imoney.co.id/articles/tips-sukses-berwirausaha-dari-10-entrepreneur-tersukses-di-dunia/

 http://tenlijunaidi.blogspot.com/2012/11/tips-sukses-di-usia-muda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar