Maret 27, 2014

Bisnis Plan Usaha Distro Baju dan Jaket (Madbox Clothing)

317-Yoga Arief Widayanto

       Pada jaman sekarang ini yang sedang buming mendunia adalah media, kenapa media karena sekarang ini perkembangan media itu sendiri sangat lah pesat di seluruh dunia, apa lagi diindonesia. Salah satu media yang sangat populer sekarang dan perkembangannya yang begitu cepat adalah media online yaitu “Internet”. Internet telah merevolusi cara dunia melakukan bisnis baik di tingkat lokal dan global. Dari cara mengumpulkan data untuk merekrut karyawan pada perusahaan, cara bisnis menggunakan Internet sangat banyak, sebagai manfaat dari Internet untuk komunitas bisnis. 


Orang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnisnya. Banyak perusahaan kecil dan besar telah memanfaatkan Internet demi menunjang bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis Online dimana semata-mata menjadikan Internet sebagai bisnis utama. Banyak perusahaan, terutama yang menerapkan perdagangan online, telah mengintegrasikan situs Web mereka dengan sistem back-office seperti database, paket akuntansi dan kontrol stok dan penelusuran pelanggan mereka. 

Hal ini dapat mengurangi biaya administrasi dan meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi yang cepat dan mudah tentang kemajuan order kepada pelanggan. Adanya Internet mendobrak batasan ruang dan waktu. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar Amerika dibandingkan dengan perusahaan di Eropa, atau bahkan dengan perusahaan di Amerika. Perlu diingat, hal yang sebaliknya (perusahaan luar mengakses pasar Indonesia) dapat juga dilakukan dengan mudah.

Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya Internet membuka peluang baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Istilah teleworker atau teleworking mulai muncul. Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa perlu pusing dengan masalah lalulintas. Kesemua hal di atas menunjukkan adanya peluang-peluang baru di dalam bisnis dengan adanya Internet.

Berikut contoh macam-macam bisnis yang dapat dilakukan melalui media Internet :

·         Menjual Produk : Jika anda mempunyai produk bisa dipasarkan melalui website yang telah dibuat, kemudian diiklankan melalui media internet.
·         Menjual Informasi : Jika anda mempunyai informasi yang berharga dan tidak banyak orang tahu, maka informasi tersebut bisa anda jual. Produk bisa dikemas dalam bentuk ebook.
·         Pemasaran Online : Anda bisa menjual produk orang lain melalui website anda. Sebuah perusahaan bisa memasarkan produk atau jasa tanpa menggunakan teknik pemasaran tradisional seperti brosur, surat dan iklan di surat kabar.
·         Menjual Program/software yang bermanfaat : Jika Anda adalah seorang programer komputer yang ahli, maka Anda pun bisa menjual Software buatan Anda tersebut lewat jalur internet. Misalnya, software untuk mengirimkan iklan baris ke ratusan bahkan ribuan situs iklan baris hanya dengan satu kali klik, dsb.
·         Kursus Online : Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang bahasa, anda bisa mengajarkan kursus online lewat website
·         Jika Anda adalah seorang penulis buku, maka Anda bisa menjual hasil karya Anda di Toko Buku Online.
·         Web hosting dan menjual kembali paket web hosting.
·         Menjual nama domain.
·         Membeli, mengembangkan dan menjual website.
·         Membangun komunitas online seperti forum, dating dan situs jejaring sosial.


KONSUMEN

          Sekarang ini bisnis distro dan jaket ini mengikuti jaman sekarang yang semakin berkembang dan tekhnologi, karena mayoritas hasil-hasil baju dan kaos dari distro ini dari kreativitas dan dukungan tekhnologi. Seiring dengan perkembangan pangsa pasar pada distro-distro diindonesia juga sudah lumayan berkembang. Rata-rata untuk konsumen penyuka atau peminat dari baju-baju dan jaket distro ini hampir 75% adalah Pria, dan sisanya adalah Wanita. Tetapi distro ini tidak hanya terfokus kepada satu gender/kelamin saja. Ciri-ciri dari konsumen yang ditargetkan biasanya adalah anak muda, orang-orang yang suka dengan gambar-gambar (Monster, tulisan-tulisan vector, dll), yang menyukai fashion kaos atau jaket. Tetapi tetap dalam jurusan saya “MARKETING COMMUNICATION & ADVERTISING” untuk memilih target konsumen ada konsepnya, yaitu menggunakan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). STP dari distro ini yaitu :

Segmentasi:
·    Geografis    : Untuk awal distro ini wilayah Geografisnya adalah wilayah Jabodetabek.
·        Demografis :
§  Gender: Laki-laki dan Perempuan
§  Usia: 15-25 Tahun
§  SSE: Kelas menengah sampai menengah atas
·        Psikografis  :
§  Gaya Hidup         : Hobby berbelanja baju dan jaket
§  Kepribadian         : Menyukai seni dan gambar

Targeting:
Orang-orang yang menyukai Baju dan Jaket. Yang mencari baju atau jaket yang simple tetapi ada unsur dari gambar yang menarik dan bagus sebagai daya tariknya. Tentunya dengan harga murah tapi kualitas yang bagus.

Positioning:
“Many Design”


MEMULAI BISNIS DISTRO
1.     Memiliki kreatifitas atau ide, Jadi karena untuk membuat baju atau jaket distro ini kenapa kita harus memiliki kreatifitas atau ide karena yang menjadi daya tarik dari baju-baju distro atau jaket distro adalah gambar-gambar yang unik dan bagus.
2.     Memiliki alat yang mendukung untuk mendesign gambar, ini adalah satu hal yang sangat penting dalam membuka usaha distro, karena apabila kita memiliki alat-alat untuk membuat design gambar itu sendiri, ini akan mengurangi modal usaha kita, karena kita tidak harus modar-mandir kewarnet yang ada aplikasi/software design. Ini malah akan membuat kita mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk satu design saja. Media alat atau software/aplikasi yang harus ada yaitu : Komputer, Paint Tablet, koneksi internet, Aplikasi design & web (photoshop, Illustrator dll). Dengan keempat media ini ada sudah bisa membuat gambar-gambar, website untuk usaha anda, iklan untuk usaha anda. Tanpa harus mengeluarkan biaya karena punya sendiri media-media tersebut.
3.     Modal untuk produksi baju, Tentu saja apabila untuk usaha distro yang masih baru memerlukan modal untuk produksi, karena saat produksi lah semua hasil akhirnya. Untuk usaha distro awal kemungkinan besar harus keproduksi baju diluar seperti (sablon dan baju/jaket oblong). Karena untuk mesin sablon saja mungkin harga yang mahal untuk sablon dengan kualitas yang bagus.
4.     Tempat untuk berjualan, yang terakhir ini adalah bagaimana tempat kita memasarkannya, untuk awalan mungkin kita bisa melalui online dulu sepeti (Facebook, Twitter, Instagram, kaskus, blog, dll). Karena ini adalah lahan yang sangat mudah diakses dan tanpa modal untuk memposting/memasarkan atau mengiklankan jualan distro tersebut. Dan juga untuk media online ini sendiri rata-rata anak muda 98% diindonesia menggunakan media online, ini membudahkan distro untuk memasarkannya karena sesuai dengan target utama distro yaitu (anak muda).


MODAL
Untuk spesifikasi harga yang  disurvei :
-   Kaos Oblong :
1 lusin kaos oblong XL katun Combed : Rp 210.000,00
½ lusin kaos oblong XL katun Combed : Rp 105.000,00
1 lusin kaos oblong XXL katun Combed : Rp 425.000,00
½ lusin kaos oblong XXL katun Combed : Rp 212.500,00
-   Jaket Oblong :
Per 3  jaket oblong bahan hoody XXL : Rp 550.000,00
Per 1 jaket oblong bahan hoody XXL : Rp 183.000,00
-   Sablon :
A3 + = 31,8 cm x 48,0 cm : Rp 55.000,00 (1 cetakan)
A3 = 29,7cm x 42,0 cm : Rp 47.000,00 (1 cetakan)


KEUNTUNGAN
Kira-kira dilihat dari harga-harga diatas untuk 1 baju itu akan saya jual sekita Rp95.000-Rp 120.000, untuk per satu baju kira-kira keuntungan yang saya bisa peroleh sekita Rp10.000-Rp20.000. Dan untuk jaket per satu jaket akan saya jual dengan harga Rp 210.000-Rp 250.000, untuk per satu jaket kira-kira keuntungan yang bisa saya peroleh sekitar Rp 20.000-Rp 30.000.
- Apabila diperhitungkan selama 1 bulan untuk baju keuntungan saya Rp 300.000-Rp 600.000 , dan untuk selama 1 tahun diperkirakan Rp 3.650.000-Rp 7.300.000.
- Untuk jaket diperhitungkan selama 1 bulan keuntungan saya adalah Rp 600.000-Rp 900.000 , dan untuk selama 1 tahun diperkirakan kenuntungan saya Rp 7.300.000-Rp 10.950.000.


KENDALA DALAM BISNIS DISTRO DAN JAKET INI
Untuk menjalankan distro ini kendala utamanya adalah pada saat mendesign gambar dan saat cetak/sablon. Karena perbedaan kecerahan layar komputer saja bisa mempengaruhi pergeseran warna dari design tersebut, contoh misalkan, kita membuat design dengan kecerahan 80% kemungkinan warna akan menjadi lebih terang, tetapi saat dipindahkan kelayar dengan kecerahan 50% maka pergeseran warna akan menurun menjadi agak gelap, dan hasil cetak dari kecerahan 80% dan 50% sangat terlihat perbedaan warnanya.


STRATEGI PEMASARAN
1.   Membolehkan pemesan/konsumen membuat design dengan keinginan mereka sendiri.
2.  Bagi konsumen dengan pembelian diatas 3 pcs baju akan mendapatkan dikon-diskon atau free ongkos pengiriman.
3.  Setiap per 5 bulan sekali dalam 2 minggu, distro ini akan mengadakan lomba design dengan tema yang ditentukan distro ini untuk pemenang, hasil designnya akan dicetak menjadi kaos gratis untuk sipemenang dan uang tunai.

KUNCI SUKSES
Kunci sukses yang utama dari distro ini adalah, memberikan pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena distro ini lebih mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan distro ini.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar