Maret 16, 2014

Dasar Memulai Kewiraushaan

103-Azis Rangkuti

Sebelum kita memahami konsep kewirausahaan, pertama apa sih yang dimaksud dengan kewirausahaan. Kewirausahaan adlalah sifat,sikap,perilaku seseorang dalam melakukan usaha guna memenuki kebutuhan hdupny menurut aturan dan norma-norma yg berlaku. Kewirausahaan melakukan usaha dengan membuka lapangan kerja untuk menekan tingkat pengangguran, sehingga meningkatkan taraf hidup dan menciptakan kesejahteraan masyarakat. 


Frank Knight (1921) : Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan

Sejalan dengan pendapat di atas, Salim Siagian (1999) mendefinisikan: ” Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan/masyarakat; dengan selalu berusaha mencari dan melayani langganan lebih banyak dan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.”

Selain itu, seorang wirausahawan menjalankan peranan manajerial dalam kegiatannya, tetapi manajemen rutin pada operasi yang sedang berjalan tidak digolongkan sebagai kewirausahaan. Seorang individu mungkin menunjukkan fungsi kewirausahaan ketika membentuk sebuah organisasi, tetapi selanjutnya menjalankan fungsi manajerial tanpa menjalankan fungsi kewirausahaannya. Jadi kewirausahaan bisa bersifat sementara atau kondisional.

Ciri dan Sikap Kewirausahawan :
1. Percaya Diri

Percaya diri merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai, melakukan, dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.
2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil
Artinya, seorang wirausahawan harus fokus pada tujuan dan hasil. Apa pun pekerjaan yang dilakukan harus jelas pula hasil yang akan didapatkan.
3. Berani Mengambil Risiko
Setiap pekerjaan pasti ada risikonya, begitu pun dengan sebuah usaha. Maka dari itu, risiko merupakan salah satu hal yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha, karena tidak mungkin ada usaha yang berhasil tanpa sebuah risiko.
4. Kepemimpinan
Sikap kepemimpinan harus dimiliki oleh setiap wirausahawan, baik untuk memimpin dirinya sendiri maupun untuk memimpin bawahannya dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan bersama.
5. Keorisinilan
keorisinilan dan keunikan dari suatu barang atau jasa merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang diterapkan, mereka harus bertindak dengan cara-cara yang baru. Intinya bahwa kewirausahawan harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
6. Berorientasi pada Masa Depan
Wirausahawan akan terus berupaya untuk berkarya dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada saat ini.

Berdasarkan ciri-ciri wirausahawan diatas dapat diidentifikasikan sikap atau perilaku seorang wirausahawan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :
1. Disiplin
2. Komitmen tinggi
3. Jujur
4. Kreatif dan inovatif
5. Mandiri
6. Realistis


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar