Maret 20, 2014

Katakan Siap untuk Kesuksesan

120-Puji Lestari

Sukses adalah dambaan setiap orang, dengan kesuksesan yang kita peroleh maka orang di sekitar kita pastinya akan bangga terhadap kita, terlebih lagi orang tua yang sudah membiayai kita sampai kita di perguruan tinggi ini. Usaha kerja keras orang tua dapat terbayarkan dengan melihat anaknya sukses, apalagi sukses sesuai dengan bidangnya.

Untuk mencapai kesuksesan itu diperlukan adanya keinginan, kesiapan, kedisiplinan dan ke-uletan. Tanpa adanya hal tersebut pencapaian untuk menuju kesuksesan amatlah sulit.
Sukses menjadi pengusaha muda memang keinginan para calon wirausaha muda. Memulai usaha diwaktu muda relatif lebih berhasil dibandingkan memulai usaha dengan usia sudah tua, karena anak muda lebih kreatif dalam ide-ide yang dikeluarkan serta memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam jiwanya.

 Agar sukses menjadi pengusaha muda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu, bila kita sudah mengenal pribadi kita itu seperti apa akan mudah untuk merintis usaha untuk kedepannya.
Cara membangun kepripadian:
  • Mengenal diri sendiri
Mengenal diri sendiri amatlah bermanfaat dalam merintis usaha kita kedepannya, peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil, karena kita telah mengenali pribadi seperti apakah kita?
Mengetahui kekurangan dan menyiasatinya dengan usaha yang lebih bermanfaat jauh lebih berguna dibandingkan dengan diam dan merasa minder dengan kekurangan yang dimiliki.
Mengetahui kelebihan yang kita miliki serta mengembangkannya dengan percaya diri dan bersikap positif
  • Mempersiapkan perubahan sikap mental
Kita harus siap dengan kondisi yang nantinya ada dalam merintis usaha bisnis kita, perubahan sikap mental pasti terjadi, contohnya apabila bisnis kita mengalami masa kejayaan maka kita akan merasa senang, dan puas dengan keberhasilan usaha yang kita rintis, dan apabila bisnis kita mengalami penurunan yang sangat drastis maka kita tidak boleh merasa down atau putus semangat , seharusnya kita bangkit dalam keterpurukan dan memulai usaha lagi dengan berinovasi agar usaha kita mengalami masa kejayaannya.
Contoh dari kejadian tersebut yaitu ketidakpastian kondisi usaha bisnis.
Kita harus siap mengatakan bahwa kita bisa, sebuah kata “bisa” tidak akan bermakna apabila tidak diiringi dengan adanya kerja keras, tekun dalam merintis usaha dan sabar dalam menghadapi cobaan yang ada.
Kita juga harus berani mengambil resiko ketika dihadapkan dengan dua buah pertanyaan yang sulit, analisis yang tepat diperlukan dalam kondisi ini, karena apabila analisis kita salah memperkirakan maka usaha kita akan mengalami kerugian.
Cara mempersiapkan keterampilan pengusaha muda :
  • Menjaga reputasi
Hal yang dimaksud dengan menjaga reputasi adalah menjaga pribadi kita agar tetap baik, dan memberikan kenyamanan bagi konsumen. Disamping menjaga reputasi pribadi yaitu harus menjaga reputasi produk yang kita tawarkan, harus dijaga kualitas produk dari masa ke masa, harus tetap kualitasnya, jangan sampai turun tetapi harus ditingkatkan lagi kualitasnya agar konsumen puas dengan produk yang kita jual.
  • Kemampuan untuk membangun jaringan
Kemampuan ini diperlukan karena tanpa adanya jaringan kita tidak akan bisa mempasarkan produk kita , konsumen juga belum tentu mengetahui kita menjual produk apa.
Tanpa adanya kemampuan untuk membangun jaringan, produk yang kita pasarkan tidak akan laris di pasaran.
  • Naluri mengenali peluang yang ada
Dengan naluri mengenali peluang yang ada maka besar pula peluang bisnis usaha kita untuk maju. Contohnya apabila kita tinggal di daerah yang masih jarang toko perlengkapan alat tulis, sedangkan daerah tersebut banyak anak sekolah, bisnis membuka toko kecil yang menyediakan alat tulis menjadi pilihan yang bagus, nantinya apabila kita sudah berhasil bisa membuka tempat untuk foto kopi. Awali lah bisnis dari yang kecil terlebih dahulu.
  • Kemampuan persuasi dan negosiasi
Kemampuan ini diperlukan agar tidak salah dalam memilih suatu keputusan.

Hal diatas merupakan cara-cara yang harus dilakukan apabila kita ingin sukses di usia muda. Yang terpenting untuk memulai semuanya adalah dengan kata “siap” siap untuk memulai, siap untuk berjuang, siap untuk menghadapi cobaan dan diiringi dengan kerja keras.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar