Maret 20, 2014

Kepribadian Pengusaha Muda

109-Rissya Puspita A
        Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Semakin mengenal diri sendiri maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil. Kita sebagai  anak muda harus bermimpi karena semakin ketatnya persaingan kebebasan  menentukan nasibnya sendiri, dan kebebasan berkreasi, potensi mendapatkan penghasilan yang tinggi dan idealisme mengurangi pengangguran.
         Untuk memenangkan persaingan kita sebagai anak muda harus meningkatkan kreatifitas dalam diri kita. Hal ini dikarenakan persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat sementara para anak muda yang biasanya masih pemula dalam berbisnis belum mendapatkan sebuah brand yang baik. Artinya mereka harus melakukan dobrakan pasar yang baik. Kreatifitas merupakan salah satu cara yang relefan dengan dunia para anak muda dimana sisi kreatifitas ini sedang berkembang dengan sangat baik.

Ada beberapa cara untuk membangun kepribadian pengusaha muda, yaitu :
·         Mengenal diri sendiri, baik kelemahan maupun kekuatan.
Mengenali diri sendiri sangat diperlukan karena dengan mengenali diri sendiri kita akan tau titik lemah dari yang kita punya dan menjadikan titik lemah itu menjadi kekuatan dalam persaingan
·         Mempersiapkan perubahan sikap mental.
Cara ini perlu dilakukan karena dunia usaha sangat “kejam” siapa yang kuat dialah yang mampu bertaham. Mempersiapkan perubahan mental berati harus siap untuk
1.         Siap menghadapi ketidakpastian
2.         Siap mengatakan bisa
3.         Siap kerja keras, tekun dan sabar.
4.         Berani mengambil rsiko dan jangang sampai rugi.

Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yaitu dengan segera terjun dan menekuni dunia usaha. Membaca peluang yang berkembang di lingkungan sekitar. Dan menciptakan mimpi dan kemudian merealisasikan. Tidak mudah menyerah dengan hambatan yang terjadi. Serta mampu membuat jaringan komunikasi yang baik dan menjaganya.
Hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai mimpi:
1.      Mengubah impian menjadi visi.
2.       Menyusun rencana strategi.
3.      Menetapkan rencana jangka pendek.
4.      Melaksanakan usaha.


Referensi :
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar