Maret 20, 2014

Sukses di Usia Muda, Kenapa Tidak ?

110 – Evi Indah Lestari
 
Selama ini banyak mitos yang beredar bahwa Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal. Persepsi ini sangat keliru, karena pengusaha yang sukses selalu membangun bisnisnya dengan jatuh bangun dan banyak yang mengalami kegalalan. Merupakan hal yang wajar bila pengusaha mengalami sejumlah kegagalan sebelum meraih kesuksesan. Dan banyak pula mitos bahwa  Pengusaha adalah sama seperti penjudi. Pengusaha tidak dapat dikatakan sama dengan penjudi. Semua hal berkenaan dengan usaha pasti tidak terlepas dari sebuah risiko, dari risiko kecil sampai besar.

Menuju kesuksesan menjadi pengusahawan  kreativitas tak luput didalam hal yang perlu diperhatikan,  pentingnya kreativitas dalam menghadapi perubahan dan tantangan bisnis yang terjadi saat ini menyebabkan pengusaha harus terus-menerus membuka jalan untuk menularkan atau memastikan bahwa karyawannya dapat mengembangkan diri dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Ada beberapa alasan mengapa usaha disaat muda perlu dikembangkan, yaitu :
  1.  Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, terutama mahasiswa untuk berhasil dalam dunia usaha, yaitu : 
  •   Usia mahasiswa yang berkisar antara 18 samoai 25 tahun memiliki semangat  besar untuk meraih mimpinya.
  • Penguasaan teori yang baik dan pengalaman yang telah ada.
  • Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik.
  • Kemampuan fisik yang prima.
  • Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi.
         2. Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari status mahasiswa dan kaum   muda. Potensi tersebut adalah :
  • Waktu mahasiswa dan pengusaha muda yang relatif masih longgar semasa kuliah dan belum menikah dibandingkan dengan seteLah lulus dan bekerja
  •  Banyak peluang usaha yang dapat digali disekitar kampus dan komunitasnya.
  • Simpati masyarakat terhadap kaum muda dan mahasiswa relatif tinggi.  
  • Rasa kesetiakawanan dalam alamamater yang tinggi.
Seorang pengusaha muda juga selalu merealisasikan mimipinya menjadi kenyataan yang memang dia inginkan, seorang usaha muda juga mampu bermimpi dengan selalu berkomitmen dengan keinginanya sehingga ada kerja keras untuk bisa mencapai keberhasilannya.

Selain beberapa hal diatas yang perlu diperhatikan untuk menjadi pengusaha muda, hal ini juga perlu diperhatikan untuk mempersiapkan diri sendiri menjadi pengusaha muda, yaitu :
  1. Kita harus membangun kepribadian usaha muda, yaitu dengan kita mengenal diri kita sndiri , potensi diri kita sendiri, sehingga peluang untuk mengambil tindakan yang salah semakin kecil.
  2. Kita harus mempersiapkan perubahan atau mental kita untuk menjadi pengusaha .
  3. Kita juga harus mempersiapkan keterampilan pengusaha muda yaitu dengan cara kita menggunakan naluri kita untuk bisa mencari peluang - peluang yang bagus untuk kita berwirausaha.
  4. Bisa membangun usaha pada saat muda. 
Dengan beberapa kiat diatas kita bisa sukses menjadi pengusaha muda, kita pun dapat membuktikan hal yang tak mungkin pasti akan menjadi mungkin dengan usaha keras tentunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar