Maret 13, 2014

Kiat Sukses Menjadi Wirausahawan

141-Tria Anjarwati

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

            Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan menurut Drucker (1959) adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya peluang. Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya diawali dengan munculnya ide-ide dan pemikiran-pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Sedangkan dalam organisasi perusahaan, proses kreatif dan inovatif dilakukan melalui kegiatan penilitian dan pengembangan untuk meraih pangsa pasar.

BERJIWA WIRAUSAHA
            Para wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi kepada tindakan dan bermotivasi tinggi yang mengambil risiko dalam mengejar tujuannya. Daftar ciri-ciri dan sifat-sifat berikut memberikan sebuah profil dari wirausaha :
Ciri-ciri                                                Watak
Percaya diri                                       Keyakinan, ketidaktergantungan, individualitas optimisme
Berorientasikan tugas dan hasil          Kebutuhan akan prestasi, berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energitic dan inisiatif
Pengambil risiko kepemimpinan       Kemampuan mengambil risiko, suka pada tantangan, bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain, menanggapi saran dan kritik.
Keorisinilan                                Inovatif dan kreatif, fleksibel, punya banyak sumber, serba bisa, mengetahui banyak
Berorientasi ke masa depan                Pandangan ke depan, perseptif

MENGAMBIL RISIKO
            Para wirausaha menyukai mengambil risiko realistik karena mereka ingin berhasil : mereka mendapat kepuasan besar dalam melaksanakan ttugas-tugas yang sukar tetapi realistik dengan menerapkan keterampilan-keterampilan mereka. Jadi, situasi risikokecil dan risiko tinggi dihindari karena sumber kepuasan ini tidak mungkin terdapat pada masing-masing situasi itu. Ringkasnya, wirausaha menyukai tantangan yang sukar namun dapat dicapai.

KREATIVITAS MEMBAWA KEMAJUAN
            Menghadapi persaingan yang semakin kompleks dan persaingan ekonomi global, maka kreativitas meenjadi sangant penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif, dan kelangsungan hidup bisnis. Dunia bisnis memerlukan sumber daya manusia kreatif dan inovatif, dan berjiwa kewirausahaan. Prinsip dasar yang penting adalah dalam wirausaha diperlukan orang-orang kreatif, inovatif, disiplin, memiliki daya cipta, thinking new thing and doing new thing or create the new and different.
            Entrepreneur selalu mimpi ide baru, selalu bertanya mengapa tidak, apa yang terjadi jika begini, selalu awas dalam melihat peluang, buat sesimpel mungkin, coba ini, sesuaikan, dan kerjakan. Entrepreneur adalah orang yang action-oriented. Gantungkan cita-cita setinggi langit, tembak yang paling atas. Entrepreneur tidak segan, tidak malu mengemukakan mimpi besarnya, walaupun kelihatannya lucu, tapi mimpi besar ini memacu motivasi dan visinya. Jangan malu mulai dari yang kecil, sukses tidak muncul dalam satu malam, tapi melalui jalan panjang, pengalaman dari yang kecil membentuk fondasi kuat melalui kerja keras, dan dedikasi sabar. Jangan takut gagal, dan belajar dari kegagalan itu, dia memiliki “inteligent failure” ia punya kecerdasan kegagalan, ia akan balik belajar cepat ini pengalaman sangat berharga, pantang menyerah, tidak mau berhenti, maju terus. Inteligent failure sulit dimiliki oleh seseorang. Kebanyakan orang tidak tahan dengan kegagalan, cepat menyerah, putus asa, trauma ini bukan tipe entrepreneur. Inteligent failure adalah orang yang mau belajar dari kegagalan, dan kegagalan adalah guru yang sangat berharga, belajarlah dari pengalaman dan kegagalan.

DAFTAR PUSTAKA
Drucker, F.Peter.Innovation and Entrepreneurship: Practicer and Principles.Penerjemah:Rusdi Naib.Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 1994
Geoffrey G. Meredith, Robert E.Nelson, Philip A neck: penerjemah: Andre Asparsayogi: penyunting: Djarot Susento.-cet.7-Jakarta: Penerbit PPM, 2002
Dr. Suryana, M.Si. Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Poses Menuju Sukses

Prof. Dr. H.Buchari Alma. Kewirausahaan. Penerbit: ALFABETA. Bandung, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar