Maret 13, 2014

Kunci Sukses Pengusaha Muda


110-Evi Indah Lestari

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa  menjadi pengusaha muda, berarti memerlukan modal yang banyak, dan dengan jumlah yang besar, tetapi dengan banyak nya kisah para pengusaha muda yang sukses hanya dengan modal pas pas an, semua anggapan itu tidak berlaku lagi. Banyak pula yang berpendapat menjadi pengusaha berarti hanya untuk orang yang berusia tua, tetapi saat ini banyak pengusaha pengusaha muda, yang karirnya sama dengan pengusaha diusia tua. Para pengusaha muda ini mampu membuktikan bahwa tak perlu menunggu menjadi tua untuk menjadi sukses , saat ini pun mereka bisa menjadi seorang pengusaha,  diusia muda pun mereka bisa merubah keadaan dan status mereka. Tentunya dengan usaha yang tekun, dan kerja keras, semua yang tidak mungkin akan menjadi mungkin jika kita mau berusaha dengan keras.
Menjadi pengusaha bukan berarti hanya sekedar untuk mencari kekayaan yang melimpah, atau mencari popularitas semata, tetapi untuk memulai bisnis, hal yang paling utama adalah adanya keberanian dan optimisme dalam membangun bisnis tersebut. Dengan semua hal itu pastinya kita bisa membuat hal yang tak mungkin menjadi mungkin.
Dari banyaknya kisah pengusaha muda, para pengusaha ini pada awalnya ingin menjadi pengusaha hanya Karena tidak ingin menjadi karyawan, pasalnya menjadi karyawan atau pegawai kantoran gajinya sudah ditetapkan setiap bulan,meskipun bekerja dengan maksimal bahkan  mimimal sekalipun tetap saja gaji yang diterima pas pas an, berbeda dengan pengusaha jika ia focus dan bekerja keras, sudah pasti ia akan mendapatkan pendapatan yang melimpah.
Dalam menjalankan sebuah usaha, tak jarang adanya pasang surut perjuangan yang  membuat para pengusaha mulai jenuh dan menyerah dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tanamkan passion (kecintaan) dalam diri agar aktivitas yang dijalankan terasa lebih menyenangkan.
Ini adalah kunci bagaimana cara menjadi Pengusaha yang baik  :

  1. Think less , do more (berfikir sedikit ,berbuat banyak),Yang di maksud adalah bahwa menjadi pengusaha atau memulai bisnis adalah jika kita sudah memulai bisnis utamakanlah action/berbuat, karena jika banyak berfikir kita tidak akan bisa sampai sukses.
  2. Pengorbanan, Yang di maksud adalah kita sebagai karyawan/mahasiswa harus berani berkorban. contoh jika kita ingin lancar kita harus meluangkan waktu bermain atau bersantai agar dapat terjalani dengan maksimal. 
  3.  Jangan pernah menyerah, yang di maksud adalah jangan patah semangat walau apapun yang terjadi . jika kita menyerah maka habislah sudah.
  4. Partner, peran partner sangat dibutuhkan dalam menggeluti usaha karena partner adalah sosok yang dapat mencari ide yang tidak dimiliki oleh diri sendiri
  5. Belajar dan belajar, maksudnya adalah jangan pernah malu untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah sukses.
  6. Kolaborasi (kerjasama), maksudnya adalah sebagai pengusaha  disarankan untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan lain
  7. Jujur, merupakan kunci utama kesuksesan, bahwa kejujuran dapat memberikan berkah pada usaha kita dan janganlah kita meniru perlakuan korupsi dan manyuap orang untuk kepentingan diri sendiri maupun orang lain.
  8. Berani mengambil resiko, setiap tindakan yang kita ambil harus berani mengambil resiko apapun itu.
  9. Tidak malas, kalau ingin menjadi pengusaha yang sukses kita harus rajin, buang jauh jauh sifat malas dari diri kita.
  10.  Percaya diri, salah satu sifat ini harus ada di dalam diri kita 
  11.  Usaha tiada batas, dengan usaha yang keras semua hal yang tak mungkin akan  menjadi mungkin.

Dengan kiat kiat diatas kita bisa menjadi pengusaha muda, bukan hanya untuk mencari kekayaan tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar