Maret 13, 2014

Berwirausaha Sejak Muda

123-Septyandi Khairul V

Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti :pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah beranidan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuatsesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuatsesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). 

Banyak sebagian orang atau hampir mayoritas di negri ini lebih tertarik untuk menjadi sebagai pegawai negri sipil (PNS). Meskipun upah yang didapat mungkin tidak terlalu besar, tetapi ada harapan menjadi pejabat yang memiliki fasilitas yang memadai dan mendapat uang pensiunan. Hanya sebagian kecil yang ingin terjun menjadi wirausahawan, mungkin karena penghasilan tidak tetap, resiko nya terlalu besar dan tidak mempunyai biaya. Dari berbagai pengalaman pengusaha sukses ternyata menjadi pengusaha sangat menjanjikan masa depan.

Kenapa harus menjadi pengusaha? Karena pengangguran di Indonesia cukup besar. Jika kita tidak mempunyai kemampuan yang bagus untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan kemungkinan peluang yang kita dapat hanyalah kecil. Pesaing kita sangat banyak, apalagi sarjana dan memiliki kemampuan yang bagus. Dan lebih mengerikan nya lagi, pada tahun 2015 akan di adakan nya perdagangan se Asia atau disebut dengan CAFTA (China ASEAN Free Trade Area). Peluang kita untuk masuk ke sebuah perusahaan sangatlah kecil.
Untuk menjadi wirausahawan yang sukses dibutuhkan kerja keras, tanpa kerja keras semua yang kita lakukan tidak ada artinya. Kerja keras akan mengantarkan kita mencapai 85% keberhasilan sedangkan kepandaian dan faktor-faktor yang lainnya itu hanya sebagai pendukung. Wirausahawan yang sukses harus mampu melihat ke depan, berpikir penuh secara matang, dan mencari pilihan dari berbagai alternative masalah beserta solusinya.
Kewirausahaan memiliki 4 manfaat sosial, yaitu:
  1. Memperkuat pertumbuhan ekonomi : menyediakan pekerjaan barudalam ekonomi. Ekonomi saat ini adalah tanah yang subur bagiwirausahawan misalnya : permintaan pelayanan sektor jasa meledak
  2. Meningkatkan produktivitas : kemampuan untuk menghasilkan lebihbanyak barang dan jasa dengan TK dan input lain yang lebih sedikit.
  3. Menciptakan teknologi, produk dan jasa baru: komputer digital,mesinfotokopi, laser, power steering.
  4. Mengubah dan meremajakan persaingan pasar : pasar internasionalmenyediakan peluang kewirausahaan.
Seorang wirausahawan harus mempunyai kepercayaan diri yang sangat tinggi, keaykinan untuk berani memulai, berani melakukan, dan berani mengambil resiko. Terdapat 5 konsep dasar wirausaha yaitu :
1). Dream : Seorang wirausaha yang sukses memiliki impian dan visi yang jelas, tentang masa depan bisnisnya.
2). Decivisivenoes : Seorang wirausaha yang sukse memiliki kemampuan Untuk mengambil keputusan secara akurat  dan penuh perhitungan
3). Doers : Setelah mengambil keputusan denga matang, maka seorang wirausaha akan segera menindak lannjutinya dengan tindakan yang cepat dan terukur.Bukan “NATO”
4). Detrmination : Seorang wirausaha melaksanakan kegiatannya denga penuh perhatian rasa tanggung jawabnya tinggi dan tidak mudah menyerah meski menghadapi banyak rintangan
5). Dedication : seorang wirausaha memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.

Menurut Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, menjelaskan, ada satu kunci menjadi wirausaha. Ini akan menjadi modal dasar bagi semua wirausaha untuk berbisnis di segala kondisi.
"Kuncinya hanya satu, harus berorientasi pada pasar," kata Presiden RI ketiga itu.
Menurut Habibie, orientasi pasar ini begitu penting karena semua yang berbisnis akan berorientasi pada penjualan. Jika penjualan tidak ada pasarnya, berbisnis pun jadi nihil. Orientasi pasar ini merupakan hal yang wajar dan sesuatu yang normal. Saat berbisnis apa pun, pengusaha diminta untuk tidak meninggalkan orientasi pasar yang akan disasar.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar