Maret 13, 2014

Mengapa Harus Takut Gagal Sebelum Mencoba?!


109-Rissya Puspita A

Pengusaha Muda.. Kenapa tidak??
Apa yang akan kita lakukan ketika ada orang yang berkata seperti itu? Pasti banyak yang akan bertanya pada orang pada kita dengan pertanyaan “Apakah anda yakin?”. Ya banyak yang takut untuk memulai usaha karena takut gagal tapi bukankah dari kegagalan kita belajar bagaimana caranya untuk bangkit? Jadi seharusnya saat ada orang yang berkata seperti itu kita harus termotivasi untuk membuktikan bahwa kita bisa Berani mencoba, itu adalah salah satu kunci untuk melakukan kegiatan berwirausaha. “Kalau mereka bisa mengapa kita tidak?” .
Walaupun kebanyakan orang lebih memilih menjadi pekerja atau bahasa kerennya eksekutif. Dengan alasan yang sangat klasik dan sederhana, “nggak mau repot”, “nggak punya modal”, atau “takut gagal”. Menariknya, orang-orang yang beralasan seperti itu belum pernah mencoba sama sekali terjun ke dunia usaha atau menjadi pengusaha yang mandiri atau mungkin mereka baru mencoba satu atau dua kali dan belum mendapatkan hasil seperti yang diharapkan mereka putus asa dan memilih untuk menghentikan usahanya. Jadi apakah kita tidak mau mencoba untuk menjadi pengusaha muda yang kreatif dan profesional?.
Berwirausahaan adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan proses kerja keras seseorang untuk melakukan suatu kegiatan berbisnis/non bisnis dari mendirikan, mengelola dan mengembangkan perusahaan milik sendiri secara produktif . Setiap orang yang berkeinginan untuk berwirausaha memiliki motivasi, visi kedepan, komitmen terhadap pekerjaan, kemandirian, keberanian mengambil resiko dan jiwa kepemimpinan. Sebenarnya hal itu pun belum cukup karena setiap penusaha dituntut untuk selalu memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi yang baru selain itu sikap mental juga sangat diperlukan untuk menjadi pengusaha muda karena tanpa mental baja, seorang pengusaha pasti akan mudah menyerah dalam perjalanan bisnisnya nanti.
Sikap mental merupakan elemen paling dasar yang perlu dimilik pengusaha muda.Unsur ini yang menentukan apakah seseorang menjadi sosok yang tinggi budi ataukah sebaliknua menjadi orang yang jahat dan culas. Itu sebabnya sikap mental menjadi unsur terpenting dalam dunia kewirausahaan. Selain menghadirkan sifat-sifat baik alamiah seperti kejujuran dan ketulusan, sikap mental mencakup juga segi-segi positif dalam hal motivasi dan proaktivitas. Orang yang bersikap mental baik akan selalu bekerja rajin, dan konsisten. Mereka juga selalu berinisiatif melakukan hal-hal positif  dan selalu mempunyai motivasi kuat serta semangat yang mengebu-gebu dalam mencapai cita-cita.
Untuk menjadi pengusaha muda juga diperlukan jiwa kepemimpinan dan kepeloporan, secara sadar atau tidak seseorang yang berwirausaha telah menempatkan dirinya pada posisi pemimpin. Kedudukan tersebut mengharuskannya untuk selalu mampu mengambil keputusan yang menurut perhitungannya paling baik dan bijaksana.

Memulai dan mengembangkan usaha memang tidak semudah membalikan telapak tangan tapi dengan niat dan tekat untuk menjadi pengusaha muda yang kreatif dan profesional kita pasti akan menuai kesuksesan nantinya.
Ada beberapa alasan mengapa kita harus menjadi pengusaha muda yang kreatif dan profesional, seperti :
·         Dengan menjadi pengusaha muda kita telah bebas menentukan nasib sendiri. Kesuksesan ada ditangan kita masing-masing.
·         Tidak terikat jam kerja, seorang pengusaha bebas menentukan jam kerja untuk bisnis yang mereka rintis.
·         Ide yang menumpuk di kepala bisa langsung disalurkan menjadi bisnis yang amat potensial.
·         Sebagai pengusaha muda yang mandiri, kita akan selalu menjadi “KEPALA” di perusahaan, walau sekecil apapun bisnis kita.
·          Dengan memiliki sebuah usaha, kita tak akan pernah jadi pensiunan
·         Kita bisa menikmati kebebasan finansial, meski tak harus jadi konglomerat.

Tunggu apa lagi, Masih ragukah kita untuk jadi seorang pengusaha di usia muda? Ubah paradigma, dan mulailah jadi pengusaha muda yang kreatif dan profesioanal, SEKARANG!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar