Maret 28, 2014

Observasi Bisnis Properti

212-Augry Arif Syamsya


Cluster Minimalis Ramah Lingkungan

Nama Pemilik Usaha: Sulistyowati Ningsih
Nama Usaha : Properti
Tempat Usaha: Jl. Kejaksaan III No. 57 C Kreo, Larangan, Tangerang
Telepon Office: 0813-1453-2258 / 085881888614
Website: www.rumah.com  


Riwayat Usaha: Dimulai dari usaha Ibu Sulistyowati Ningsih (Ibu saya sendiri)  yang dimulai pada tahun 2005 yang dimana ibu saya awalnya menjadi pemborong rumah hingga sekarang menjadi seorang developer cluster yang awal mulanya terletak di JL. Kejaksaan II KAV SUAD Blok E No 25 Kreo, Larangan, Tangerang yang seorang diri menjalani usaha karena desakan ekonomi pada tahun itu, dan hingga sekarang menawarkan sebuah product property bangunan berupa rumah tinggal.

Pada tahun 2007 Ibu Sulityowati Ningsih memberanikan untuk mengambil pinjaman bank yang sebelumnya sudah berhasil menjadi pemborong rumah Bapak Edi Chandra yang bertempat tinggal di dekat rumah saya tinggal pada waktu masih di JL. Kejaksaan II KAV SUAD. Karena atas Kepercayaan bank dan telah disurvei mengenai usahanya, sehingga Ibu Sulistyowati telah memberikan kepercayaan pada bank tersebut sehingga dapat melanjuti kredit pinjaman dan Ibu Sulistyowati dapat terus bergerak dalam usaha property tersebut hingga sekarang pada tahun 2014 ini sudah membangun 42 bangunan rumah tinggal yang dimana bangunan tersebut terletak di 3 tempat yang berbeda : Kejaksaan II, Komplek DKI, dan sekarang Kejaksaan III sekaligus dekat dengan tempat tinggal saya yang sekarang terletak di Jl. Kejaksaan III No. 57 C Kreo, Larangan Tangerang.

Dan hingga saat ini usaha property ini akan terus berlanjut  di Jl. H Kholil Kreo, Larangan, Tangerang.  Yang akan dibangun pada awal Januari 2015.

Filosofi: Setiap usaha perlu keberanian untuk mengambil keputusan pada awal rencana dengan mempertimbangkan keadaan dan resiko yang akan terjadi dikemudian hari, sehingga dapat dengan matang menjalani usaha tersebut dengan baik tanpa menimbulkan kerugian bagi lingkungan sekitar usaha.

Omset Penjualan : dari usaha properti ini setiap bulan tidak dapat diprediksi, perkiraan omset untuk tiap bulan 200 Juta Rupiah hingga > 1 Milyar Rupiah tergantung dari penjualan bangunan pada bulan itu. Dan hingga saat inipun saya ikut terjun membantu Ibu Sulistyowati dalam pemasaran product bangunan Ibu Sulistyowati.

Strategi Bisnis: Beliau menjual product property bangunan rumah tinggal dengan cara Inden yaitu dengan cara pemesanan terlebih dahulu melalui booking vee sebesar 5 Juta Rupiah dan melakukan survei dahulu dan bertemu langsung dengan pemilik property Ibu Sulistyowati Ningsih untuk keseriusan membeli prduct.  Untuk selanjutnya bila benar-benar fix membeli akan dikenakan DP sebesar 40% dari total harga bangunan. Dengan ini pembelian bangunan diberlakukan melalui dua tahapan : 


  1. Melalui Cash Bertahap (dengan membayarkan DP sebesar 40% sebelumnya dan menyelesaikan tahapan pelunasan dengan syarat dan ketentuan berlaku sampai pelunasan bangunan selesai).
  2. Melalui KPR (Kredit Pembelian Rumah dengan mengajukan kredit pada Bank yang akan dipakai dan menikuti Prosedur dan Syarat Ketentuan Bank yang akan diajukan kredit untuk pembelian rumah).


Dan product dipasarkan melalui Internet, Koran, Media Sosial, dan juga dari mulut-kemulut kepada pelanggan sehingga product dapat dikenal luas oleh customer. Sehingga dapat dengan tepat dan tercapainya target pemasaran product kepada customer yang benar-benar ingin membeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar