Maret 20, 2014

Visi Pengusaha Muda

123-Septyandi Khairul V


Kisah sukses pengusaha muda adalah dengan jiwa yang memiliki daya tekad keuletan dan kreatifitas yang tinggi untuk meraih kesuksesan dalam bersaing sehat untuk menciptakan produk, melahirkan pembaruan-pembaruan atau motivasi di bidang tertentu. Dari karakter pengusaha muda itu mempunyai mimpi untuk menjadi pengusaha.

Setelah bersemangat menjadi pengusaha muda, maka bagaimana mencapai mimpi tersebut? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:
  1. Mengubah impian menjadi visi
  2. Menyusun rencana strategis
  3. Menetapkan rencana jangka pendek 
  4. Melaksanakan usaha
Para pelaku usaha dan pengusaha –pengusaha muda pun memilih bisnis yang cara singkat dan simpel seperti bisnis online, makanan cepat saji dan sebagai produsen barang-barang yang sedang laris dipasaran misalnya menjual jersey-jersey team sepakbola, soft case hp blackberry dll.dilihat dari kaca mata bisnis, tentu gaya bisnis seperti itu kurang menantang dan mudah bangkut dan jatuh. Maka dari itu solusi dari bisnis yang tepat dan baik itu untuk jangka-jangka yang telah ditentukan seperti menentukan jangka pendek, menengah, panjang adalah memiliki rancangan dan strategi bisnis yang telah direncanakan sebelumnya, seperti mau seperti apa bisnis yang akan dijalankan sesuai strategi-strategi yang telah ditentukan sebelumnya, disini ada sebuah contoh rancangan dan strategis seorang mahasiswa ketika lulus studi yang telah dijalankannya, mahasiswa tersebut mempunyai impian dengan membuka sebuah usaha jasa yaitu travel dan rumah makan. Ide rancangan tersebut keluar pada saat mahasiswa tersebut sering melakukan back packer dengan menggunakan layanan jasa travel, tidak memliki sebuah restoran atau tempat makan yang nyaman dengan memberikan keleluasan kepada konsumen atau para penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan travel.
Mendirikan usaha tersebut secara bersamaan mungkin ide yang sangat tepat dan brilliant karena diposisi tersebut masing-masing usaha saling menguntungkan dan memberikan umpan balik yang cukup bagus dalam menentukan rancangan dan strategi pada masa yang datang, pendek ataupun menengah. Kemungkinan balik modal pun bisa terjadi sangat cepat. Selanjutnya setelah strategi dan rancangan bisnis ada, seorang mahasiswa pun lekas mencari informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha tersebut seperti lokasi yang tepat untuk mendirikan usaha tersebut dan memiliiki sumber daya yang handal dan bagus pada bidangnya dan bahan-bahan baku yang sangat murah. Usaha transport jasa dan restoran pun tidak mudah untuk dilakukan dalam mendirikan usaha tersebut harus memilki perancangan dan perencanaan yang cukup untuk mengembangkan usaha yang telah dirancang sebelumnya.
Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan beberapa keterampilan softskill yang harus dikuasai, yaitu:
  • Menjaga reputasi
  • Kemampuan membangun jaringan
  • Naluri mengenali peluang usaha
  • Kemampuan persuasi dan negosiasi

    Ada beberapa alasan mengapa usaha disaat muda perlu dikembangkan, yaitu:
  1. Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, terutama mahasiswa untuk berhasil dalam dunia usaha, yaitu: usia mahasiswa yang berkisar antara 18-25 tahun memiliki semangat besar untuk meraih mimpinya. Semangat dari kelebihan energi tersebut dapat disalurkan melalui usaha produktif.
  2. Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari status mahasiswa dan kaum muda. Potensi tersebut adalah waktu mahasiswa dan pengusaha muda yang relatif masih longgar semasa kuliah dan belum menikah dibandingkan dengan setelah lulus dan bekerja. Waktu yang longgar pada masa kuliah dan sebelum menikah dapat dioptimalkan untuk mengembangkan usaha baru yang membutuhkan banyak waktu untuk perkenalan usaha. Ketika telah lulus dan bekerja, waktu yang tersedia semakin terbatas. Setelah lulus, waktu untuk bersosialisasi juga semakin terbatas dibandingkan dengan sewaktu menjadi mahasiswa, dimana akses kepada teman di seluruh universitas dan dengan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya lebih luas.
Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada semua pengusaha muda. Seorang pengusaha yang bekerja keras tanpa mimpi akan menjadi penjudi, seorang pengusaha yang memiliki mimpi san bekerja keras tanpa semangat akan menghasilkan robot pekerja, sedangkan seorang pengusaha yang memiliki mimpi dan semangat tanpa melakukan tindakan apapun hanya akan menjadi pemimpi. Pengusaha yang berhasil adalah seorang pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertindak untuk mencapai tujuan.
  
Terhadap seluruh pekerjaan, perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan cara yang terbaik dalam pemakaian bahan baku, proses, dan penanganan output, serta kepuasan konsumen. Pada dasarnya untuk evaluasi paling tidak ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan, yaitu jumlah, kualitas, harga, dan ketepatan waktu dalam penyaluran produk. Apabila hal tersebut dapat dikelola dengan baik, maka usaha akan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar