Maret 20, 2014

Persiapan Mental Wirausaha Muda

126-Dhimas M

Saat ini, entrepreneur menjadi tren bagi kalangan muda dan di dukung oleh banyak pihak. Selain menjanjikan kemandirian dan kesejahteraan secara finansial, menjadi seorang entrepreneur juga turut berperan dalam kemakmuran bangsa. Menjadi wirausahawan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak tantangan dan resiko didalamnya. Salah satu syarat yang harus dimiliki adalah mental yang teguh serta kemauan yang kuat guna menghadapai permasalahan-permasalahan tersebut.
Namun Sifat mental seperti apakah yang anda butuhkan? Berikut ini penjabarannya.


1)      Sifat mental kecerdasan dan bijaksana
Orang bisa menjadi bijaksana karena belajar dari guru yang bijaksana, yang dimaksud guru bisa manusia bisa juga pengalaman hidup yang pahit menjadi pengarah yang baik. Kebijaksanaan tidak lepas dari sifat terbuka dan mau menerima pendapat orang lain. Para wirausahawan  yang cerdas tidak mudah marah kepada bawahannya atau rekan bisnisnya, dia mampu mengendalikan emosinya. Para wirausahawan  juga bisa memberi ide pada bawahannya agar dilaksanakan, sebaliknya dia juga dapat menerima ide dari bawahannya dan dilaksanakan.Sehingga terjadi komunikasi yang baik untuk kelancaran usahanya.

2)      Sifat mental  berani bekerja dan menerima resiko
Sifat ini tidak kalah penting dengan yang diatas. Sifat ini adalah dasar yang harus dimiliki oleh sifat wirausahawan , karena wirausahawan jika terus memikirkan resiko yang belum pasti terjadi dan tidak melakukan apa – apa karena takut dengan segala macam resiko malah akan membuat usahanya tidak jadi dilakukan atau berhenti.

3)      Sifat mental Kuat
Sifat mental Kuat disini berarti sehat badannya, kuat pendiriannya, tidak gampang emosi dan tergoda oleh nafsu. Jadi wirausahawan harus selalu memperhatikan tentang kesehatan dirinya dan harus rajin berolahraga . Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,sehingga anda dapat memperluas pemikiran dan dapat menunjang usaha anda kedepannya.

Semoga bermanfaat. 

Source :  http://www.gentanusantara.com/persiapan-mental-pelaku-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar