Maret 16, 2014

Persiapan Pribadi Pengusaha Sukses

131-Bagaskara Dwitya

Untuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa kesuksesan pada usia muda perlunya ada berbagai komplemen yang ditanamkan dan diterapkan dalam menjalani usaha yang ditekuni.
Dalam membentuk suatu Usaha yang kita lakukan sejak dini, maka ada beberapa hal yang patut kita perhatikan, seperti:


1.       Mengenali diri sendiri, Kita harus tahu bagaimana sifat, karakter, serta minat kita dalam menjalani usaha, mengingat hal ini ada;ah yang paling dasar namun krusial di masa mendatang nanti.
2.       Kekuatan kita terhadap usaha yang kita lancarkan di mana, hal ini tentunya akan menjadi modal berharga dalam menentukan nasib bagi kita di masa medatang nantinya.
3.       Apa yang menjadi minat kita di saat ini, Minat sangat berpengaruh untuk menjalankan usaha yang ditekuninya , dengan menjalankan usaha sesuai dengan minat kita. Maka kita dapat menjadikan diri kita lebih kuat dan lebih tangguh dalam menjalani berbagai kendala yang dihadapi serta menjadikan mental kita lebih kuat nantinya.
4.       Selalu berpikir positif, kita harus selalu berfikir baik mengenai bisnis atau usaha yang kita lancarkan di saat kita mulainya, dengan berpikir positif maka akan men-sugesti-kan alam bawah sadar kita untuk selalu mendapatkan apa yang kita keinginan, yaitu berupa kesuksesan dan keuntungan.
5.       Memiliki mentalitas yang kuat, Ketika kita ingin melakukan suatu usaha maka kita sudah harus melihat dan menatap ke depan, Siapakah pesaing kita? Dan apa yang menjadikan produk kita lebih dari pesaing kita? Dalam berbisnis kita harus siap menerima segala kemungkinan yang ada. Mengingat dalam melakukan bisnis menurut survey 95% di antaranya gagal, dan 5% di antaranya berhasil. Maka pada situasi tersebut mentalitas kita sangat berpengaruh dalam mendapatkan kesuksesan bisnis.
6.       Realistis dalam menjalankan bisnis, Kita harus berfikir masuk akal dalam mempersiapkan segala usaha yang kita lakukan. Hal ini akan menciptakan segala sesuatunya menjadi lebih teroganisir dan akan lebih baik dalam pengembangannya nantinya.

Dalam memulai usaha yang ingin kita jalani, maka kita harus menganalisa SWOT yaitu Kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta ancaman yang akan datang:
a.            Strength (kekuatan) : kekuatan yang dimiliki dalam suatu barang dan jasa yang dihasilkan oleh kita akan mennjadikan nilai lebih ketimbang barang industri lainnya yang memiliki suatu nilai tambah tersendiri.
b.            Weakness (kelemahan): Kita harus memperhatikan di mana letak kelemahan dalam diri kita yang berkaitan dengan produk yang kita hasilkan, dengan demikian maka kita akan berfikir bagaimana cara memperkuatnya.
c.            Opportunity (kesempatan): Kita harus melihat dan menatap seluruh peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan bagi usaha kita ini.
d.            Threat (ancaman): ancaman terhadap usaha-usaha yang berisiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur. Terlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Ancaman banyak terjadi dan begitu mudahnya datang, yang kita perlukan bagaimana caranya merubah ancaman tersebut menjadi suatu tantangan untuk terus memaksimalkan dan menambah nilai dari barang yang kita miliki.


Sumber :
http://ryzkyyyyy.blogspot.com/
http://monicaiza1.blogspot.com/2013/04/persiapan-pribadi-pengusaha-muda.html
http://faulinemulia.blogspot.com/2013/03/persiapan-pribadi-pengusaha-muda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar