Maret 15, 2014

Ayo Kita Usaha, Jangan Takut Untuk Maju !

129-Amukti Sadat Jati
Usaha yang sukses adalah usaha yang di rintis mulai dari nol, tapi tentu ada cara khusus untuk menjaga usaha tersebut. Agar disaat sukses usaha yang kita rintis bisa tahan dan tidak tergoncang oleh masalah dan rintangan yang mengancam usaha kita. Kita tentu tahu banyak saingan usaha lain yang harus kita lawan demi mempertahankan produk kita di bangsa pasar agar tetap mempunyai tempat tersendiri di hati para konsumen.
Ada beberapa langkah awal yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk merintis usaha mulai dari nol, agar kita lebih mantap menjalani usaha ini. Diantaranya adalah:
Ø Kenali potensi diri kita, kita bisa membuka usaha dari kemampuan yang anda miliki tersebut.
Ø Kenali potensi yang ada di sekitar kita, mungkin disekitar kita ada bahan atau sumber yang bisa membantu untuk melancarkan usaha kita.
Ø Promosikan usaha, untuk mengenalkan produk usaha kita kepada calon pembeli. Kita bisa menyebarkan kartu nama, selebaran atau brosur, pasang iklan di koran, dsb.
Ø Kuasai aspek teknis, ini mempermudah langkah membuka maupun menjalankan usaha. Aspek teknis yang perlu diperhatikan adalah modal, hukum, pengelolaan keuangan, persaingan, dan mentor yang kompeten.

Dalam memulai usaha kecil tentu mempunyai aturan agar kecil kemungkinan mengalami kegagalan, ketimbang gila-gilaan mengejar impian dalam berbisnis tanpa memikirkan hal yang akan terjadi selanjutnya. Maka dari itu kita harus memikirkan beberapa hal, diantaranya:
Ø Jangan menginvestasikan uang sendiri, Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, kita tidak akan bangkrut karena dana start-up tadi, dan kita tidak dikejar utang.
Ø Perbudak diri sendiri, Pada awal usaha, kita pasti tidak akan mampu membayar karyawan walaupun dengan upah murah. Jadi, karyawan kita adalah kita sendiri.
Ø Hargai waktu, Karena waktu merupakan faktor  penting dalam usaha yang kita bangun.
Ø Rekrut karyawan dengan baik, Pada akhirnya kita membutuhkan bantuan untuk menjalani usaha ini, maka lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan ini sepenting saat kita memulai usaha.
Ø Jual kelebihannya, bukan harganya, Saat kita memulai usaha, sudah sewajarnya kita frustasi memasarkannya. Tapi, jika kita bersaing pada harga, kita akan menjual dengan harga pas-pasan bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk kita lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.
Ø Ketahui angka dasar, Mengetahui banyak uang yang kita butuhkan untuk menjalani usaha,  mulai dari sewa toko, listrik, upah karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun kita akan buka. Itulah angka dasar  jumlah minimum pendapatan yang kita butuhkan setiap hari.

Ø Gunakan teknologi terbaru, Seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat usaha kecil dapat bersaing dengan usaha besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

Ø Perlakukan vendor dengan baik, Perlakukan vendor dan suplier sebaik mungkin, seperti kita memperlakukan pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan kita, atau demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Ø Jadilah yang terbaik, Tidak boleh setengah-setengah harus yang terbaik, apapun yang kita buat dan jual, haruslah yang terbaik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar