Maret 13, 2014

Wirausahawan Muda, Kenapa Tidak ??

122-Randhika Septio P

Wirausahawan adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas. Usia bukan sebuah halangan untuk memulai berwirusaha karna semakin muda semakin cepat kita meraih kesuksesan.

Orang bilang hidup ini pilihan, hidup sesuai pilihan atau hidup dalam pilihan orang lain? Kita tak akan pernah mengerti kalau tidak belajar, Manusia belajar dari waktu dan pengalaman, itupun jika ia mampu mengalahkan egonya .
Jaman sekarang mencari sebuah pekerjaan sangatlah sulit itu di karenakan jumlah lulusan sarjana dan SMA  lebih banyak dari pada lowongan kerja di kantor atau perusahaan. Di karenakan juga banyak lulusan yang kurang memiliki kualitas dan tidak mampu bersaing dengan yang lain juga tidak bisa melihat peluang kedepan nya.

Tidak usah takut jika tidak mendapatkan pekerjaan kita bisa memulai wirausaha mulai dari bermodal kecil dan mendapat untung hanya balik modal saja. Namun seketika jika kita pintar mengolah dan melihat kesempatan kita bisa mendapatkan untuk berkali kali lipat. Dengan berwirausaha kita dapat membuka lapangan buat rekan rekan kita,saudara bahkan untuk orang lain. Agar berkurang tingkat pengangguran di Indonesia.

Banyak sekali sekarang anak muda yang mencoba untuk berwirausaha kenapa kita tidak mencoba berwirausaha? Apa kita hanya menunggu saja atau hanya menjadi seorang karyawan yang hanya duduk di kantor dan menjalankan aktifitas yang itu itu saja?

Untuk menjadi wirausahawan muda yang unggul dan mampu bersaing dengan usaha lain banyak cara yang bisa kita terapkan,antara lain adalah :

1. Harus Selalu Optimis Dan Pantang Menyerah.
Optimis harus selalu kita terapkan saat mulai berbisnis, bagaimana kita mau berhasil jika pemikiran kita selalu pesimis dan takut akan bangkrut di kemudian hari. Jangan mudah menyerah jika kita gagal karna masih banyak peluang lain di luar sana. Banyak contoh orang sukses yang dahulunya sering gagal namun tidak sedikit dari mereka sekarang menjadi orang yang berhasil bahkan banyak menolong orang karna membuka lapangan pekerja baru.

2. Tidak Suka Menunda-nunda Pekerjaan.
Menunda pekerjaan adalah hal yang paling sering kita lakukan sebagai generasi muda,karna terlalu sibuk dengan bekerjaan yang tidak penting seperti mengobrol,menonton tv,bermalas malasan. Seharus nya kita mengerjakan pekerjaan saat itu juga.

3. Cintai Pekerjaan Anda.
Banyak orang yang bilang lakukan pekerjaan yang anda senangi agar bisa mendapat hasil yang memuaskan, di dunia wirausaha kita harus cinta terhadap pekerjaan kita agar menjadi sukses.

4. Senang Menghadapi Tantangan.
Tidak ada di dunia ini melakukan pekerjaan tanpa ada tantangan dan halangan, jangan menjadikan sebuah tantangan/ halangan menjadi sebuah penghambat untuk kita menjadi lebih baik,jadikan sebuah tantangan menjadi menyenangkan karna di balik semua tantangan pasti akan ada hasil.

5. Melihat Potensi Diri.
Untuk menjadi seorang pengusaha kita harus mengetahui potensi yang ada dalam diri kita,agar dapat dikembangkan dan menjadi modal dalam memulai usaha.

6.  Melihat Peluang Kedepan.
Kita harus piawai dalam melihat peluang usaha yang ada di hadapan kita bukan menggunakan mata melainkan menggunakan pikiran.Dan jangan pernah berhenti mencoba,atau takut gagal.Karena peluang tersebut akan menjadi awal kita membuka usaha.

7.  Berjiwa Produktif.
Kita harus memiliki wawasan luas dengan cara banyak membaca untuk mncari referensi dan untuk melatih kita berfikir dan berjiwa produktif

Referensi  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar